CorelDraw atau Adobe Illustrator? Mana Software Desain Grafis yang Lebih Baik?

CorelDraw vs Adobe Illustrator - CorelDraw atau Adobe Illustrator tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
CorelDraw atau Adobe Illustrator? Mana Software Desain Grafis yang Lebih Baik?

CorelDraw vs Adobe Illustrator - Di Indonesia dua software desain grafis corelDraw dan Adobe Illustrator terbilang paling banyak digunakan oleh desainer dalam membuat project. Kedua software ini adalah sama-sama sofware pengolah vektor yang sangat powerful.

Lalu Mana yang lebih baik antara Corel Draw dan Adobe Illustrator? Pertanyaan ini kerap terlintas bagi mereka yang sedang atau baru memulai menggeluti dunia desain grafis. CorelDraw atau Adobe Illustrator tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik itu fitur yang ada di dalamnya dan performa software ketika dijalankan.

Pada artikel mengenai desain grafis ini, saya akan coba membahas kekurangan dan kelebihan kedua software tersebut. Software desain grafis mana yang paling pas buatmu, mana yang lebih baik antara corelDraw dan Adobe Illustrator.

Table of Contents

Mengenal Software Desain Grafis CorelDraw

CorelDraw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu aplikasi ini banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Software Desain Grafis CorelDraw

Bagi pengguna yang baru menggunakan software desain berbasis grafik vector, Coreldraw cukup memudahkan kita dengan tampilan kerja yang user friendly.

Nah, untum lebih jelasnya seperti apa kelebihan dan kekurangan Software Desain Grafis CorelDraw, berikut pembahasannya :

Kelebihan Software CorelDraw

  1. Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah.
  2. Penggunaan CorelDraw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
  3. User Interface yang bersahabat, sehingga bagi pemula akan sangat mudah untuk dipelajari.
  4. CorelDraw sangat baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar.
  5. CorelDraw lebih ringan daripada Adobe Illustrator, Jadi bagi yang memiliki PC Low-End lebih baik menggunakan CorelDraw. Tapi mungkin sebaiknya menggunakan corelDraw X4 atau X6.
  6. Keyboard shortcut yang sederhana, kebanyakan kombinasi shortcut nya bisa diraih dengan satu tangan saja mudah dihafal dan diaplikasikan.
  7. Menu dan tools yang sering digunakan sudah ada di layar utama, jadi bisa langsung di pilih tanpa membuka pilihan-pilihan menu lainnya.
  8. Fitur Sheet yang memudahkan pengguna untuk membuat banyak desain dalam satu dokumen.
  9. Pengaturan layout yang mumpuni dan cepat dalam pengerjaannya.
  10. CorelDraw lebih mumpuni untuk multi-page document
  11. Corel bisa membaca file Ai. bisa langsung di drag kedalam lembar kerja untuk mengimport data yang ada di Ai.

Kekurangan Software CorelDraw

  1. Fitur yang dimiliki tidak selengkap Adobe Illustrator.
  2. Untuk loading file besar kurang bisa di handle jadi bisa membuat software lambat.
  3. Bila dalam pengerjaan file besar terkadang suka force close ketika editing dan saving file.
  4. Output fitur Export yang buruk, warna yang dihasilkan kerap jauh berbeda dengan warna saat proses desain, terlebih warna BIRU yang sulit dikejar.
  5. Kurang bersahabat dengan software keluarga Adobe, salah satunya pengolah gambar seperti Adobe Photoshop
  6. Kebanyakan template dan vektor gratis yang bisa di download di internet, menggunakan adobe illustrator.
  7. Bila ingin mengimport pekerjaan adobe illustrator kedalam corel, tetapi file didalamnya terlalu rumit. Hal ini seringkali mengakibatkan eror, dan kita harus membukanya dulu di Ai. lalu menghapus bagian2 yang tidak digunakan lalu di import ke corelDraw

Mengenal Software Desain Grafis Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah sebuah program perangkat lunak menggambar diciptakan oleh Adobe Systems yang menggunakan vektor.

Software Desain Grafis Adobe Illustrator

Karena Adobe Illustrator mengolah gambar berjenis vektor, maka Adobe Illustrator secara tidak langsung mempunyai kegunaan untuk memproduksi hasil karya yang khusus, yaitu gambar dengan tipe vektor.

Interface Adobe Illustrator yang hampir mirip dengan Adobe Photoshop, memudahkan pengguna yang sebelumnya sudah pernah memakai perangkat lunak manipulasi foto tersebut mengenali worksheet di Adobe Illustrator. Namun begitu palet-palet, tools yang ada di AI ini cukup membingungkan bagi user yang baru pertama kali menggunakan produk Adobe. Karena terlalu kompleks / rumit bila dibandingkan corelDraw.

Baca Juga: 6 Software Desain Grafis Terbaik

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan Adobe Illustrator?

Kelebihan Software Desain Grafis Adobe Illustrator

  1. Standar global untuk software desain grafis.
  2. Fitur-fitur mumpuni yang memudahkan desainer dalam bekerja.
  3. Mudah diintegrasikan dengan software Adobe yang lain.
  4. Untuk pengerjaan sangat powerful dan ringan ketika proses pengerjaan.
  5. Fitur lengkap, seperti palet layar di Adobe Photoshop yang sering digunakan desainer grafis untuk mengkoordinasi layar.
  6. Memiliki beberapa efek yang ada di photoshop.
  7. Dapat membuka file-file besar, tanpa ada gejala lag.
  8. Kualitas warnanya sangat baik, warna output di monitor dengan print outnya hampir mendekati sama.
  9. Warna tampilan interface yang menarik, apalagi Adobe Illustrator CS6 keluar dengan tampilan baru warna hitam yang menambah kesan elegan.
  10. User Interface yang hampir sama dengan Adobe Photoshop, jika kamu familiar dengan Adobe Photoshop maka kamu tidak akan kesulitan menggunakan Adobe Illustrator..
  11. Sangat fleksibel untuk digunakan bersama dengan Photoshop, After Effect, Lightoom, Adobe Bridge dan produk Adobe lainnya.
  12. Banyaknya template dan vektor gratis yang bisa di download di internet, menggunakan adobe ilustrator

Kekurangan Adobe Illustrator

  1. Shortcut yang ribet sehingga sulit untuk dipelajari pemula.
  2. Pengerjaan lebih ribet dan sedikit memakan waktu.
  3. Di Indonesia masih banyak tempat produksi alias percetakan yang belum support dengan software ini.
  4. Perbandingan kecepatan editing, lebih cepat dengan CorelDraw.
  5. Ai tidak bisa membuka file cdr. tetapi Corel bisa membuka file AI, dia hanya bisa membuka vector yg berbentuk pdf, EPS saja.
  6. Tidak bisa membuka file yg memiliki halaman banyak ( multiple pages), hanya menampilkan sesuai halaman yg diminta saja.
  7. Menu dan tools yang sering digunakan sebagian tersimpan di menu lainnya, jadi bisa langsung di pilih tanpa membuka pilihan-pilihan menu lainnya.

Penutup

Nah itu tadi kelebihan dan kekurangan dari kedua software pengolah vektor CorelDraw dan AI. Jadi mana yan terbaik?

Semua itu tergantung kamu yang menggunakannya. Saran saya, bagi kamu yang baru belajar lebih baik menggunakan CorelDraw, namun jika kamu sudah mulai mengerti seluk-beluk desain vektor maka kamu boleh mencoba Adobe Illustrator.

Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan