Cara Membatasi Kuota Internet Tethering

- September 28, 2019
Cara-membatasi-kuota-internet-tethering-hotspot

Punya temen yang selalu minta Tethering kalau lagi nongkrong? Pasti ada nya, terkadang suka ngeselin juga karena punya temen gak modal kuota internet. Tapi demi solidaritas pasti kita akan tetap menyalakan Hotspotnya.

Tethering sendiri adalah sebuah cara untuk berbagi koneksi internet antara smartphone atau perangkat mobile dengan koneksi 3G/4G dengan perangkat lain. Fungsi Tethering atau Portable Hostpot juga sama dengan router yang sering kita jumpai, dimana selain berbagi koneksi internet juga bisa dilakukan pembatasan klien, blokir jaringan ataupun mengubah kata sandi Wi-Fi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi

Karena tidak semua orang menggunakan paket internet unlimited, biasanya setelah tethering sudah selesai, kuota kita akan terkuras banyak terlebih jika penggunaan tidak terkontrol. Lalu bagaimana cara agar kuota tidak cepat habis saat Tethering?

Cara Membatasi Kuota Data Internet pada saat Tethering


Nah, pada postingan yang akan saya bahas kali ini yaitu cara  menghemat kuota internet saat dipakai untuk hostpot. Cara yaitu dengan membatasi Kuota yang akan di bagikan kepada perangkat lain melalaui opsi Tethering & Portabel Hotspot, penasaran? Baca tutorialnya dibawah.

Cara-membatasi-kuota-internet-tethering-hotspot

  1. Masuk terlebih dahulu ke Menu "Setting" Smartphone
  2. Kemudian masuk pada opsi "Hotspot Portabel".S
  3. pilih menu "Batas data satukali", dan nyalakan Opsi "batas satu kali" sampai berwarna biru.
  4. Pada menu "ukuran" kamu pilih sesuai keinginan, ada pilihan 50 MB, 100 MB, sampai dengan 200 MB, atau kamu bisa menentukan sendiri dengan memilih Custom.
  5. Selesai. Kamu bisa menyalakan Hostpot dengan tenang.

Baca Juga: Tips Memilih Powerbank yang Bagus dan Awet

Nah disini point 4 penting dimana opsi ini akan membatasi ukuran kuota yang akan kita bagikan ( Tethering ). Jadi jika perangkat lain yang terhubung ke Hotspot sudah melebihi data kuota yang kita bagikan, secara otomatis perangkat tersebut tidak akan lagi terhubung ke internet.

Tentu saja dengan tutorial cara membatasi kuota data tethering ini penggunaan kuota internet kita jadi terkontrol. Jangan sampai karena teman keasikan streaming YouTube sampe lupa kalau internetnya hasil minta.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak jika ada pertanyaan mengenai tutorial yang saya bagikan disini. Selamat berkaya, jangan lupa share.

*Catatan
Tutorial diatas untuk Smartphone Xiaomi, adapun untuk cara menghemat penggunaan data tethering pada smartphone lain bisa melakukan cara sebagai berikut.

Tips mengamankan jaringan WiFi Hotspot


Adapun anda pengguna smartphone yang tidak ingin kebobolan kuota data internet karena sering berbagi koneksi via hotspot, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan seperti:

  1. Buatlah kata sandi hotspot yang tidak mudah ditebak dan ganti password secara berkala atau sesering mungkin.
  2. Bilamana hotspot tidak sedang digunakan maka matikan saja, karena selain boros daya baterai juga bisa rawan dibobol oleh pengguna lain.
  3. Lakukan pembatasan klien hotspot seperti yang sudah admin bagikan padda tips diatas

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

 

Start typing and press Enter to search