Cara Membatasi Kuota Internet Tethering

Bagaiamana Cara Membatasi Kuota Internet Tethering? biar temen gak sembarangan pake kuota kita saat ikut hotspot.
Cara Membatasi Kuota Internet Tethering

Cara Membatasi Kuota Internet Tethering - Punya temen yang selalu minta Tethering kalau lagi nongkrong? Pasti ada nya, terkadang suka ngeselin juga karena punya temen gak modal kuota internet. Tapi demi solidaritas pasti kita akan tetap menyalakan Hotspotnya.

Tethering sendiri adalah sebuah cara untuk berbagi koneksi internet antara smartphone atau perangkat mobile dengan koneksi 3G/4G dengan perangkat lain. Fungsi Tethering atau Portable Hostpot juga sama dengan router yang sering kita jumpai, dimana selain berbagi koneksi internet juga bisa dilakukan pembatasan klien, blokir jaringan ataupun mengubah kata sandi Wi-Fi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi

Karena tidak semua orang menggunakan paket internet unlimited, biasanya setelah tethering sudah selesai, kuota kita akan terkuras banyak terlebih jika penggunaan tidak terkontrol. Lalu bagaimana cara agar kuota tidak cepat habis saat Tethering?

Table of Contents

Cara Membatasi Kuota Data Internet pada saat Tethering

Nah, pada postingan yang akan saya bahas kali ini yaitu cara  menghemat kuota internet saat dipakai untuk hostpot. Cara yaitu dengan membatasi Kuota yang akan di bagikan kepada perangkat lain melalaui opsi Tethering & Portabel Hotspot, penasaran? Baca tutorialnya dibawah.

Membatasi Kuota Data Internet pada saat Tethering
  1. Masuk terlebih dahulu ke Menu "Setting" Smartphone
  2. Kemudian masuk pada opsi "Hotspot Portabel".S
  3. pilih menu "Batas data satukali", dan nyalakan Opsi "batas satu kali" sampai berwarna biru.
  4. Pada menu "ukuran" kamu pilih sesuai keinginan, ada pilihan 50 MB, 100 MB, sampai dengan 200 MB, atau kamu bisa menentukan sendiri dengan memilih Custom.
  5. Selesai. Kamu bisa menyalakan Hostpot dengan tenang.
Baca Juga: Tips Memilih Powerbank yang Bagus dan Awet

Nah disini point 4 penting dimana opsi ini akan membatasi ukuran kuota yang akan kita bagikan (Tethering). Jadi jika perangkat lain yang terhubung ke Hotspot sudah melebihi data kuota yang kita bagikan, secara otomatis perangkat tersebut tidak akan lagi terhubung ke internet.

Tentu saja dengan tutorial cara membatasi kuota data tethering ini penggunaan kuota internet kita jadi terkontrol. Jangan sampai karena teman keasikan streaming YouTube sampe lupa kalau internetnya hasil minta.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak jika ada pertanyaan mengenai tutorial yang saya bagikan disini. Selamat berkaya, jangan lupa share.

Tutorial diatas untuk Smartphone Xiaomi, adapun untuk cara menghemat penggunaan data tethering pada smartphone lain bisa melakukan cara sebagai berikut.

Tips mengamankan jaringan WiFi Hotspot

Adapun anda pengguna smartphone yang tidak ingin kebobolan kuota data internet karena sering berbagi koneksi via hotspot, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan seperti:
  1. Buatlah kata sandi hotspot yang tidak mudah ditebak dan ganti password secara berkala atau sesering mungkin.
  2. Bilamana hotspot tidak sedang digunakan maka matikan saja, karena selain boros daya baterai juga bisa rawan dibobol oleh pengguna lain.
  3. Lakukan pembatasan klien hotspot seperti yang sudah admin bagikan padda tips diatas

Penutup

Nah itu tadi Cara Membatasi Kuota Internet Tethering. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan