5 Tingkatan Dunia Hacker Dalam Keahliannya

- Oktober 21, 2019
5-tingkatan-level-hacker-di-dunia

Tingkatan Hacker dan Pengertiannya
Peretas atau dalam bahasa inggris disebut sebagai hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

Mungkin dari kita banyak mendengar orang berfikiran negatif dengan kata "Hacker". Ya, banyak orang yang mengira bahwa pelaku kriminal di dunia IT seperti pembobolan suatu sisitem, perusakan komputer, Carding dan lainnya itu dilakukan oleh Hacker, padahal orang yang melakukan kejahatan dunia IT lebih pantas di sebut dengan istilah "Cracker".

Baca Juga: Perbedaan Hacker dan Cracker

Berbicara mengenai Hacker, apakah kamu tahu bahwa Dunia bawah tanah para hacker memberi jenjang atau tingkatan bagi para anggotanya. Kepangkatan diberikan berdasarkan kepiawaian seseorang dalam teknik hacking. Lalu ada berapa tingkatan Hacker dan apa saja Tingkatan yang diberikan kepada Hacker dalam urusan Penetrasi peretasan?

5 Tingkatan Duni Hacker Dalam Keahliannya

1. Elite

Dikenal juga sebagai 3l33t, 3l337, 31337, leet, 1337 atau kombinasi dari itu, merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan, Ini adalah level tertinggi dari seorang hacker. Kebanyakan dari mereka yang berada di posisi Elite ini berprofesi sebagai IT Sistem Administrator dan sistem analisis. Menjaga keamanan sistem jaringan komputer, memainte sistem jaringan, memahami sistem operasi dari sisi luar dalam, dapat melakukan konfigurasi jaringan secara global. Tentu, dengan kepiawaian mereka yang seperti itu sudah dipastikan mereka sangat terampil dan efisien. Mereka seperti siluman yang dapat memasuki sistem tanpa terdeteksi, tapi meski begitu mereka tidak akan merusak data-data yang ada di dalamnya, karena selalu mengikuti peraturan yang ada.

Baca Juga: Cara Membuat Phising Instagram Update 2019

2. Semi elite

Ciri-ciri dari tingkatan Hacker ini biasanya lebih muda daripada Elite. Mereka mempunyai kemampuan dan pengetahuan luas tentang komputer. Mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya (vulnerability)). Dilengkapi dengan sejumlah kecil program yang cukup untuk mengubah program eksploit. Banyak serangan yang dipublikasi dilakukan oleh hacker tingkat ini.

Baca Juga: 7 Jenis Kejahatan Dunia Komputer dan Internet

3. Developed Kiddie

Tingkatan Developed Kiddie ini biasanya aktif mempelajari dunia hacking dan mempraktikkan. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil. Umumnya mereka yang di tingkatan ini masih menggunakan GUI (Graphic User Interface) dan baru belajar hal dasar dari UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi dan selalu memproklamasikan kemenangan nya kepada hacker lain.

Baca Juga: 15 Sistem Operasi Yang Banyak Digunakan Hacker

4. Script Kiddie

Seperti Developed Kiddie, pada level ini mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI (Graphic User Interface) . Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti dan menyusahkan pengguna internet.

Baca Juga: Kumpulan Tools Hacking Lengkap Banyak digunakan Hacker

5. Lamer

Lamer adalah level hacker tingkat dasar. Pada level ini, hacker menggunakan perangkat lunak trojan, nuke, dan DoS. Mereka adalah orang tanpa pengalaman dan pengetahuan (terutama pengetahuan tentang pemrograman) yang ingin menjadi hacker (wanna-be hacker). Penggunaan komputer mereka hanyalah untuk main game, IRC, tukar-menukar perangkat lunak bajakan dan mencuri kartu kredit. Biasanya menyombongkan diri melalui IRC channel. Karena banyak kekurangan untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai tingkat developed kiddie atau script kiddie saja. Mereka biasanya mempelajari teknik hacking dengan membaca atau mendengar tentang hacker, menonton film.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

 

Start typing and press Enter to search