9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya
Bahasa pemrograman atau sering di sebut sebagai bahasa komputer adalah instruksi standar yang digunakan untuk memerintahkan sebuah mesin komputer agar berjalan sesusi fungsi.

Fungsi lain dari bahasa pemrograman yaitu memerintah  komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi.

Ada banyak sekali bahasa Pemrograman di belahan dunia ini, Perkembangannya mengikuti tingginya inovasi yang dilakukan dalam dunia teknologi. Seperti pembuatan Game, Antivirus, Web, dan lain sebagainya. 

9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

1. HTML

9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

Ada yang sering dengar bahasa HTML? Ya, HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, dimana ini bahasa programan paling dasar yang di manfaatkan untuk membuat situs website.

Dimana HTML tersusun dari berbagai short code yang nantinya dijadikan sebuah text untuk disimpan dalam file html tersebut.

File inilah yang akan dibuka pada alat browser sehingga bisa membaca file untuk menerjemahkan kode HTML. Jenis editor sederhana untuk membuat kode html adalah Notepad++, atom atau Sublime.


2. PHP

9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

Pemberi Harapan Palsu?, kalau bucin tingkat dewa pasti berfikir demikian. Tapi bukan itu artinya, dalam bahasa pemrograman PHP adalah Hypertext Prepocesso, dimana PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari "Personal Home Page".

Selain HTML di point ke satu, PHP juga merupakan bahasa Programan komputer paling populer untuk pengembangan atau membangun website. Pasalnya dengan menggunakan Bahasa Programan PHP kamu bisa mempercantik sebuah website, membuat fitur menarik seperti membuat form login, membuat survey, dan masih banyak lagi.

Biasanya sebuah website yang dibangun menggunakan bahasa PHP di ujung alamat situs tersebut memiliki eksitensi .php atau sebagai contoh www(dot)inputekno(dot)com/permainan.php

PHP juga banyak diaplikasikan untuk pembuatan program-program aplikasi, contoh aplikasi yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Wordpress, Joomla, dan lain-lain.

3. JavaScript

9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

JavaScript adalah bahasa programan tingkat tinggi dan dinamis. Pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape di bawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript. 

Bahasa Programan ini sangat bermanfaat untuk pembuatan web baru. Berguna baik untuk melihat animasi, tombol klik dan pop up pada website. JavaScript merupakan salah satu teknologi inti World Wide Web selain HTML dan CSS. 

Secara tidak langsung JavaScript sangat berguna untuk membuat tampilan website semakin interaktif dan dinamis. Penggunaan javascript ini harus bersamaan dengan Node JS dan sever side language sebagai kode pemrograman.

4. CSS

9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

CSS atau kepanjangan dari Cascading Style Sheets. Bahasa CSS bertujuan untuk menyederhanakan tampilan sebuah website, seperti mengontrol aspek desain dari website itu sendiri, mulai dari tulisan, font, warna, jarak dan sebagainya. 

Sederhananya, tampilan sebuah website akan menjadi menarik dan responsif, SEO Friendly untuk berbagai device berkat bantuan CSS tersebut.

5. Java

9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

Java merupakan bahasa pemrgraman yang memiliki slogan terkenal, yakni write once, run everywhere. Penggunakan bahasa pemrograman java biasa digunakan untuk big data developer, back -end developer, sistem engineers, architect, dan Android Developer.

Diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada pertengahan tahun 1990, dan menjadi bahasa pemrograman yang banyak ditemukan pada aplikasi-aplikasi saat ini di berbagai sistem, mulai dari komputer dan smartphone.

Yang unik dari penamaan bahada programan Java adalah sang pencipta terinspirasi dari kompi buatan indonesia (Java Coffee), yang katanya banyak dikonsumsi oleh pencipta bahasa ini. Maka tidak heran jika lambang dari bahasa ini berupa kopi yang sedang diseduh.

6. Python

9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

Python adalah bahasa pemrograman untuk memproses sebuah angka, text, gambar dan jenis data lainnya pada komputer. 

Python adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

Berkat adanya bahasa pemrograman ini, kamu dapat melakukan berbagai hal seperti membangun RSS Reader, Programming CGI aplikasi web, reading dan writing MySQL dan sebagainya.

7. Rubby

9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

Rubby adalah bahasa pemrograman paling disukai oleh programmer karena dirancang secara friendly oleh developer. 

Bahasa Program Rubby termasuk kedalam bahasa high level yang berguna untuk mendapatkan banyak hal hanya dengan baris kode bersih dan mudah dibaca.

Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

8. C++

9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

Bahasa C++ adalah bahasa programan komputer yang dibuat sejak tahun 1985. Dimana C++ banyak digunakan oleh sistem seperti Microsoft, Paypal dan Oracle.

Hanya dengan bahasa program C++ sebuah aplikasi desktop dapat dijalankan secara insentive task. Namun dalam penggunaannya bahasa C++ terbilang cukup rumit ketimbang bahasa doi, eh maksudnya bahasa programming lain.

9. Virtual Basic

9 Jenis Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

Microsoft Virtual Basic sering disingkat VB adalah bahasa pemrograman yang diluncurkan oleh Microsoft, dimana bahasa pemrograman ini menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual dalam pembuatan aplikasi berbasi sistem window.

Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputergrafik dengan cepat. Kamu dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic. 

Penutup
Nah itu tadi beberapa bahasa pemrograman yang ada saat ini, jika kamu memiliki referensi lain mengenai bahasa programan lain bisa tambahkan dikomentar. Semoga bermanfaat.

Baca juga