Mengenal Perbedaan Mode Sleep dan Hibernate Windows

Mengenal Perbedaan Mode Sleep dan Hibernate Windows

Mengenal Perbedaan Mode Sleep dan Hibernate Windows
Pada dasarnya setiap sistem operasi windows memiliki 4 (empat) mode yaitu Sleep, Hibernate, Shut down dan restart. Kamu juga mungkin sudah sering menggunakan ke empat mode tersebut.

Ya, karena pada umumnya ketika komputer sudah selesai digunakan pasti kamu akan memilih mematikan komputer atau laptop dengan cara shut down atau melakukan restart untuk mengatasi performa menurut (lemot). 

Ada dua opsi lainnya yaitu Sleep dan Hibernate. Kedua mode ini memiliki fungsi yang sama, dimana bertugas membuat komputer atau laptop "tertidur" tanpa menutup aplikasi yang sedang berjalan. Tentu opsi ini sangat berguna jika kamu akan meninggalkan pekerjaan yang berjalan dalam waktu yang singkat. 

Meski mode sleep dan Hibernate memiliki fungsi yang sama, tapi ada perbedaan dari mode tersebut yang harus kamu ketahui. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan  mode sleep dan hibernate windows. Penasaran? 

Perbedaan Mode Sleep dan Hibernate Windows

Mode Sleep

Mengenal Perbedaan Mode Sleep dan Hibernate Windows

Sesuai dengan namanya (sleep), ketika kamu memilih mode sleep maka komputer atau laptop akan tertindur. Fungsi ini akan menghemat daya ketika perangkat sedang tidak digunakan, dimana semua aktifitas sebelumnya akan disimpan kedalam RAM.


Mode sleep baik digunakan jika kamu akan meninggalkan komputer atau laptop untuk jangka waktu yang singkat. Ini sama seperti mode "standbay". Selain itu kelebihan dari mode ini juga adalah kamu dapat dengan cepat melanjutkan aktifitas yang tertunda dengan cepat karena proses booting berlangsung beberapa detik saja.

Mode Hibernate

Mengenal Perbedaan Mode Sleep dan Hibernate Windows

Mode ini hampir sama sebetulnya dengan mode sleep, hanya saja perbedaanya terletak dari cara kerjanya. Mode sleep menyimpan aktifitas di RAM, sedangkan mode hibernate melakukan penyimpanan aktifitas sebelumnya kedalam hard disk. Ini karena, semua komponen komputer atau laptop akan dimatikan sepenuhnya, dan tidak ada suplay daya yang masuk ke RAM.


Kelebihan dari mode ini adalah meminimalisir terjadinya kehilangan data saat komputer atau laptol tidak lagi menerima suplay daya. Itu karena semua aktifitas tersimpan kedalam hard disk. Tetapi untuk melanjutkan aktifitas sebelumnya mode ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama ketika saat di hidupkan kembali. 

Mode Hibernate bisa kamu gunakan apabila komputer atau laptop tidak akan digunakan dalam waktu yang lama bahkan tidak terbatas.

Penutup
Nah, itu tadi perbedaan Mode Sleep dan Hibernate, semoga dengan adanya artikel ini kamu jadi memiliki pemahaman mengenai kedua mode tersebut dan waktu yang tepat untuk menggunakan atara kedua mode tersebut.

Baca juga