SSD vs HHD Mana Yang Lebih Baik? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Ssd-vs-hdd-unggul-mana

SSD vs HHD Mana Yang Lebih Baik? Ini Penjelasan Lengkapnya!
Secara umum media penyimpanan komputer ada dua jenis, yaitu SSD dan HDD. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tempat penyimpanan data, ataupun sistem operasi. Meskipun memiliki fungsi yang sama, ternyata terdapat perbedaan diantara keduanya, mulai dari performa, fungsi, dan cara kerja dari kedua jenis hardisk penyimpanan tersebut.

Lalu apakah kamu tahu perbedaan diantara keduanya? Dan sebenarnya diantara penyimpanan SSD dan HDD mana yang lebih baik? Nah, pada artikel kali ini saya akan coba memberi penjelasan secara lengkap, baik SSD ataupun HDD.

1. Perbedaan Penyimpanan SSD dan HDD

Hard Drive Disk (HDD)

Hard Disk Driver atau (HDD) telah dikembangkan dari tahun 1960 sampai saat ini yang memiliki kemampuan canggih yang dapat menyimpan ratusan data besar sekaligus.

Hard Disk Driver atau disingkat HDD adalah sebuah perangkat keras untuk tempat penyimpanan data ataupun sistem pada komputer. Sebuah HDD menggunakan piringan besi (seperti CD), yang dapat berputar maka sebuah data akan tersimpan dan dibaca. Semakin kecil piringan, maka semakin bagus kemampuan penyimpanannya. Piringan bisa saja memiliki ukuran yang sama dengan yang lainnya tetapi memiliki kapasitas yang berbeda.

HDD biasa digunakan sebagai media penyimpanan perangkat seperti desktop atau komputer, laptop, dan server provider.

Solid State Drive (SSD)

Solid State Drive (SSD) hampir sama dengan HDD. Jika HDD menyimpan semua datanya pada lapisan-lapisan magnetik piringan besi untum melakukan baca tulis. SDD bedanya file yang tersimpan di media tersebut terhubung satu sama lain di sebuah chip-chip memori flash.

SSD juga biasanya menempel di motherboard karena ukurannya yang ramping sehingga banyak digunakan pada laptop, tablet, smartphone, dan kamera.

Baca Juga: Pengertian Hard Disk dan Jenisnya

2. Komponen dan Proses Kerja

Hard Driver Disk (HDD)

HDD terdiri dari komponen piringan, motor, dan lengan yang terhubung ke piringan. Proses data dilakukan dengan cara mekanik, yaitu dimana piringan diputar oleh motor dan ujung lengan yang terhubung ke komponen elektrik yang mengelola baca dan tulis data, menempel ke piringan untuk melakukan pemprosesan data itu sendiri.

Solid State Driver (SSD)

Berbeda dengan HDD. Komponen dan proses data pada SSD tidak dilakukan dengan cara mekanisme, pada SSD hanya terdapat komponen elektronik, yang prosesnya dilakukan secara elekrik dan nantinya proses baca dan tulis file akan tersimpan di media tersebut yang terhubung satu sama lain di sebuah chip-chip memori flash. Sama seperti proses penyimpanan media flashdisk.

Hard Disk Driver ini juga terdapat Noise yang tinggi karena memang proses perputaran piringan pada saat melakukan baca dan tulis data.

3. Kapasitas dan Kecepatan

Hard Disk Driver (HDD)

HDD memiliki keunggulan dalam segi kapasitas yang besar. Hingga saat ini, ada HDD yang mampu menyimpan hingga 12 TB (Tera Byte) yaitu HDD keluaran Seagate seri IronWolf NAS. Luar biasa bukan?

Meski HDD memiliki keunggulan dalam segi kapasitas tapi tidak untuk proses baca dan tulis, karena HDD jauh lebih lambat, tergantung spesifikasi.

Solid State Disk (SSD)

Bicara soal kapasitas, HDD adalah yang paling unggul jika di bandingkan SSD yang hanya memiliki kapasitas sedikit. Kalaupun ada dengan kapasitas besar, mungkin akan sangat mahal harganya.

Meski kalah dari segi kapasitas, SSD jauh lebih unggul dari segi kecepatan proses data dan tulis, itu karena proses kerjanya secara elektronik. Singkatnya, jika menggunakan SSD maka komputer akan bekerja dengan cepat dan baik dibandingkan dengan HDD.

4. Durabilitas dan Fragmentasi

Hard Disk Driver (HDD)

Fragmentasi disk adalah sebuah masalah yang berkaitan dengan pembuatan dan penghapusan disk yang terus menerus. Sepanjang usia normal dari sebuah disk, banyak file yang dibuat dan dihapus, dan karena itu terciptalah ruang-ruang atau celah-celah pada daerah disk yang digunakan. Sebuah disk yang memiliki lubang-lubang atau ruang-ruang semacam itu dikatakan telah Defragmentasi.

Efek dari fragmentasi ialah turunnya kinerja dari HDD itu sendiri. Dalam keadaan ini, untuk memulihkan kinerja dari HDD, biasanya kita melakukan defrag untuk memulihkannya.

Dalam hal ketahanan HDD memiliki piringan yang berputar, sehingga jika HDD terbentur atau jatuh maka kemungkinan rusaknya cukup tinggi, karena bisa saja merusak bagian rotor pemutaran piringan. HDD tentu saja memiliki kemungkinan memiliki masalah seperti di atas, semua tergantung cara penggunaannya.

Baca Juga: Cara Merawat Hard Disk Secara Fisik

Solid State Disk (SSD)

Untuk masalah ketahanan SSD lebih baik,  karena SSD hanya memiliki chip yang kokoh, dan tidak memiliki pergerakan mekanik di dalamnya.

Meski begitu SSD tetap bisa rusak jika terbentur atau tak sengaja jatuh, namun tingkat presentase kerusakannya lebih kecil dibanding dengan HDD. Sedangkan pada SSD kita tidak perlu pusing memikirkan persoalan tenang fragmentasi karena data tersimpan pada chip flash.

5. Harga dan Ukuran Fisik

Hard Disk Drive (HDD)

HDD dijual dengan harga yang murah dibandingkan dengan SSD, untuk kapasitas 1TB harganya ada yang tidak lebih dari 1jt. Tergantung dari tipe dan spesifikasi hdd.

Untuk ukuran fisik, HDD jauh lebih besar ketimbang SSD yang memiliki ukuran fisik kecil. Namun pada umumnya pengembangan HDD bisa lebih kecil, biasanya ukuran tersebut tergantung pengembangan media penyimpanan pada perangkat tertentu seperti laptop atau tablet, Namun ukurannya tak lebih kecil dari 1.8-inch karena HDD memiliki piringan yang berputar sehingga jika lebih kecil dari itu maka kapasitasnya akan berkurang.

Solid Disk Drive (SSD)

SSD dijual dengan harga yang sangat mahal per GB-nya. Mahalnya harga SSD bisa mencapai 9 kali lipat bila dibandingkan dengan HDD.

Dan untuk ukuran fisik SSD lebih kecil di bandingkan dengan HDD. Mungkin saja SSD juga bisa lebih kecil lagi sesuai dengan perkembanganya.

Kesimpulan

Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Jika ditanya mana yang lebih baik? Jawabannya adalah tergantung seperti apa kebutuhan kita. Jika menginginkan proses data yang cepat seperti editing makan SSD adalah pilihan yang tepat untuk media penyimpanan. Jika membutuhkan kapasitas yang besar untuk menyimpan file maka HDD bisa menjadi pilihan karena harganya yang murah.

Terimakasih telah membaca artikel mengenai SSD vs HDD, dan jangan lupa berkunjung di artikel lain. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share.

Baca juga