Begini Cara Sederhana Membuat QR Code

Tutorial Sederhana Cara Membuat QR Code dengan mudah tanpa aplikasi di HP atau Laptop Kamu.
Begini Cara simpel Membuat QR Code dengan Mudah

Tutorial Cara Membuat QR Code Mudah dan Simpel - QR Code atau Quick Response Code adalah bentuk evolusi barcode dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan QR Code memiliki kemampuan menyimpan data yang lebih besar dari pada barcode sehingga mampu mengkodekan informasi yang lebih banyak.

QR Code dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994.

Di-era digital sekarang ini, QR Code sering di gunakan untuk menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya.

Cara membuat QR Code Sendiri dengan Mudah

Sebagai contoh QR Code yang sering kita temui yaitu di beberapa aplikasi messenger seperti Whatsapp untuk melakukan login ke whatsapp web, menambahkan teman di aplikasi LINE, WeChat, atau bahkan di media promosi atau cetak seperti ID Card.

Lalu bagaimana cara membuat QR Code? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan coba membagikan tutorial cara membuat QR Code, tentunya dengan cara sederhana dan mudah. Akan sangat berguna buat kamu yang memiliki website, blog, teks, URL, atau informasi lain yang ingin kamu bagikan dengan menggunakan QR Code.

Turorial ini bisa diterapkan baik menggunakan Smartphone dan Komputer/Laptop.

Langkah Cara Membuat QR Code

1. Kunjungi website QR Code Generator di https://www.qr-code-generator.com/

2. Pilih type QR Code yang akan dibuat pada bagian tahap ini, sebagai contoh saya memilih URL dimana nanti hasil QR Code ini akan menyimpan data URL yang otomatis mengarah ke url yang di input tersebut.
Langkah Cara Membuat QR Code Langkah Cara Membuat QR Code
3. Lalu Isi URL/Link pada bagian "Enter your website". Disini saya menggunakan alamat situs blog ini.
(Isian kolom akan berbeda-beda sesuai dengan type QR Code yang kamu pilih)

4. Selanjutnya Klik "Generate QR Code" dimana kamu akan disuguhkan tampilan 3 (tiga) pengaturan, yaitu Frame, Shape & Color, dan logo. Atur sesuai yang Anda inginkan.

Langkah Cara Membuat QR Code

FITUR PENJELASAN
Frame ini adalah tampilan frame QR Code nantinya, sesuaikan saja sesuai keinginan
Shope and Color Tampilan kotak QR Code, silakan sesuaikan saja sesuai keinginan
Logo ini adalah untuk menambahkan logo di tengah QR Code, kamu bisa menambahkan logo ataupun tidak. Sesuaikan saja.

5. Jika semua pengaturan sudah dilakukan, selanjutnya kamu tinggal Klik "Download" untuk menyimpan QR Code berformat JPG, atau Klik "Vektor" untuk menyimpan hasilnya berformat Svg/Eps.

Langkah Cara Membuat QR Code

Sampai disini QR Code sudah tersimpan di galeri dan bisa kamu bagikan ke teman-teman atau terapkan ke media lain sebagai fitur tambahan, entah untuk media cetak atau promosi di media sosial.

Tapi jika kamu penasaran apakah QR Code berfungsi atau tidaknya, kamu bisa uji sendiri coba terlebih dahulu melalui Smartphone. Caranya bisa kamu baca di artikel sebelumnya disini Mengenal dan Cara Menggunakan QR Code

Semoga artikel ini membantu, dan jika bermanfaat jangan lupa share. Terimakasih.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan