Mengenal Perbedaan QR Code dan Barcode

Mengenal Perbedaan QR Code dan Barcode

Mengenal Perbedaan QR Code dan Barcode
Di-era digital saat ini dimana perkembangan teknologi komunikasi berkembang sangat cepat dan membuat semua hal khusus nya dalam menyampaikan informasi menjadi lebih praktis.

Salah satunya teknologi QR Code dan Barcode, dimana secara umum fungsi dari kedua teknologi tersebut menyimpan informasi untuk memudahkan pencarian. Misal saja untuk scan transaksi pembayaran, pencarian informasi di internet bahkan digunakan pada hal-hal umum lainnya dan banyak lagi.

Meski kedua fungsi tekenologi QR Code dan Barcode sama, yaitu memproses data dan informasi tapi ternyata terdapat perbedaan signifikan dari kedua teknologi tersebut. Lalu apa saja perbedaan QR Code dan Barcode?

Agar mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan keduanya, pada kesempatan ini saya akan mengulas kedua teknologi tersebut, baik pengertian, fungsi, dan perbedaan QR Code dan Barcode.

Mengenal QR Code dan Barcode

Mengenal Teknologi QR Barcode

QR Code InpuTekno

Kamu pernah membuka Whatsapp web? Nah cara login di whatsapp web adalah dengan melakukan scanning QR Code. Tapi apa sih QR code?

Teknologi QR Code pertama kali diperkenalkan tahun 1994 di jepang oleh perusahaan Denso Wave. Quick Response code (QR) atau kode QR merupakan kode batang 2 dimensi yang dapat menyampaikan data dengan sangat cepat. QR Code juga mengandung data matrik, dimana data informasi, pola waktu dan nomor versi dapat menyimpan data dan informasi secara horizontal dan vertikal.

QR Code berbentuk segi empat, memiliki kotak kecil hitam di ketiga ujungnya dan sangat mudah di baca dengan QR Code Reader/ Scanner kamera Smartphone dimana scan QR Code tersebut nantinya akan diubah secara otomatis dan diarahkan menuju data yang tersimpan di dalamnya.

QR Code juga mampu membaca dan menyimpan informasi dengan cepat. Sampai saat ini, QR Code sudah banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari transaksi uang digital, produk digital, pencarian data informasi, kartu nama, penambahan vCard, URL, dan banyak hal lain.

Cara scan qr code di smartphone

Sebagai contoh, kamu bisa melakukan scan  QR Code URL diatas, dimana nantinya hasil data dari scanning tersebut akan diarahkan ke data URL tujuan.

Mengenal Teknologi Barcode

Mengenal Pengertian Barcode

Pasti kamu sering melihat garis-garis hitam dengan kombinasi angka pada kemasan produk? Nah, itu adalah yang disebut dengan Barcode. Lalu apa sih Barcode?

Penggunaan awal barcode adalah memang untuk mempermudah pengecekan barang di swalayan dengan cara otomatis. Sistem Barcode dapat menyimpan data berbasis teks, seperti jenis, warna dan ukuran. Tidak heran jika barcode banyak digunakan pada produk-produk yang sering kita beli.

Kode batang atau Barcode adalah teknologi yang hadir sebelum QR Code, jadi secara garis besar barcode memiliki pengertian dan fungsi yang sama dengan QR Code.

Barcode biasanya berbentuk batang-batang lurus yang tidak memiliki lebar sama, memanfaatkan data optik yang hanya bisa dibaca oleh mesin pemindai atau scanner khusus yang sudah terkoneksi dengan sistem komputer.

Cara kerjanya barcode adalah dengan membaca data yang tersimpan dengan membaca garis dan spasi garis pararel yang disebut simbologi linear satu dimensi (1D) atau kode batang itu sendiri.

Kesimpulan Perbedaan QR Code dan Barcode

Pada dasarnya kedua fitur teknologi ini memiliki fungsi yang hampir sama. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing baik itu fungsi ataupun cara kerja kedua teknologi ini, dimana secara fungsi QR Code mampu menyimpan data dengan kapasitas besar sedangkan barcode data yang lebih kecil, jika dilihat dari fungsi QR code bisa dibaca dengan mudah melalui Smartphone sedangkan barcode hanya bisa dibaca melalui sistem komputer.

Terlepas dari itu semua, kedua teknologi ini sudah mampu membawa kemudahan di bidangnya untuk mempermudah kita dalam melakukan banyak hal.

Anda mungkin menyukai postingan ini