Apa Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada Sistem Operasi Windows?

Perbedaan 32bit dengan 64bit

Apa Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada Sistem Operasi Windows?
Kamu sudah mengenal apa itu 32-bit dan 64-bit pada sistem operasi? Jika sudah maka abaikan saja artikel ini, tapi jika dirasa belum mari baca lebih lanjut, karena pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai sistem operasi 32-bit dan 64-bit pada windows.

Windows sampai saat ini menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan, baik digunakan untuk keperluan office ataupun keperluan sehari-hari oleh berbagai kalangan. Tidak heran jika sistem operasi windows menjadi sistem operasi dengan pengguna aktif terbanyak saat ini.


Pada dasarnya, sistem operasi windows yang kita gunakan memiliki 2 (dua) basis sistem, yaitu 32-bit dan 64-bit. Kedua basis sistem tersebut memiliki perbedaan baik kelebihan atau kekurangannya. Lalu apa pentingnya mengetahui hal tersebut? Mungkin buat kita yang hanya sekedar pengguna sering mengabaikan hal ini.

Padahal ini sangatlah penting, dimana semua akan berdampak pada kinerja perangkat itu sendiri, baik pada PC atau Laptop yang kita gunakan. Kok bisa? Tentu bisa, karena dimana terdapat sebuah pilihan, disitu pasti ada sebuah perbedaan.

Lalu apa aja sebetulnya perbedaan 32-bit dengan 64-bit pada sistem operasi windows? Baiklah, kita akan masuk kepada pembahasan inti.

Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada Sistem Operasi Windows

1. Kapasitas Jumlah RAM (Random Access Memory)

Jumlah kapasitas RAM terbaca

Hal yang mendasar adalah terletak pada jumlah kapasitas RAM yang bisa digunakan. Pada sistem operasi windows 32-bit hanya bisa mendukung penggunaan RAM 4 GB saja sebagai batas maksimal, dan akan berjalan secara optimal dengan RAM kapasitas 1 dan 2 GB.

Jika sistem dengan 32-bit digunakan untuk keperluan Game moderen, editing dan aplikasi lain yang memerlukan spesifikasi diatas 4 GB RAM, maka mustahil akan berjalan dengan optimal atau bisa jadi tidak berjalan sama sekali. Artinya, komputer atau laptop dengan sistem windows 32-bit hanya bisa melakukan pekerjaan biasa saja.

Sedangkan sistem windows 64-bit tidak ada batas maksimal penggunaan RAM, bahkan bisa mendukung lebih dari 192 GB. Jika memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi, maka sistem windows 64-bit sangat cocok digunakan dan optimal jika digunakan untuk keperluan editing, game dan aplikasi berat lainnya.

Jika kapasitas RAM yang terpasang pada sistem 32-bit lebih dari 4 GB, maka tidak akan berpengaruh terhadap peningkatan performa komputer atau laptop, kenapa? Ya seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Maka solusinya adalah melakukan meningkatan sistem operasi ke 64-bit agar penambahan kapasitas RAM terbaca.

2. Performa 32-bit dan 64-bit

Performa 32bit vs 64bit

Kinerja dari sistem operasi 32-bit dan 64-bit sebenarnya ditentukan juga oleh processor itu sendiri. Dimana jika sistem operasi 32-bit dengan processor 32-bit makan akan tetap mempunyai kemampuan dibawah 64-bit.

Dengan kata lain, kombinasi windows dan processer ini hanya mampu melakukan pekerjaan ringan seperti browsing dan melakukan office bisa.

Sedangkan sistem operasi windows dengan basis 64-bit akan berjalan sangat optimal untuk melakukan pekerjaan yang berat, seperti editing dan game.

3. Kompatibilitas software 

Kompatibilitas software 32bit vs 64bit

Berbicara tentang kompabilitas software yang dapat digunakan 32-bit dan 64-bit tentunya memiliki perbedaan yang bisa dibilang jauh. Sistem operasi windows yang memiliki basis 32-bit tidak bisa menjalankan atau menggunakan software 64-bit.

Sedangkan, Sistem operasi windows yang berbasis 64-bit dirancang untuk dapat menjalan atau menggunakan software 32-bit dan 64-bit, 64-bit lebih leluasa untuk kompatibilitas software karena dapat menjalankan software berat.

Perbedaan lain adalah folder Program Files. Dimana pada Windows versi 32-bit, aplikasi akan menginstal ke folder Program Files saja. Sedangkan sistem 64-bit memiliki folder Program Files (x86) tambahan untuk perangkat lunak 32-bit. Ini karena menulis perangkat lunak untuk arsitektur 32-bit sangat berbeda dengan menulisnya untuk sistem 64-bit.

4. Kemampuan Memproses Data

Kemampuan kinerja 32bit vs 64bit

Perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor 32 dan 64 bit tentu akan sangat berpengaruh pada peforma komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu kali putaran dan Kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0.

Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 232 data sekaligus. Sedangkan sistem operasi 64 bit adalah komputer yang dapat memproses 264 data sekaligus.

Kesimpulan Perbedaan OS Windows 32-bit dan 64-bit

64bit vs 32bit

Kelebihan 32-bit 
  • Lebih kompatibel dengan hardware hardware lawas cocok untuk digunakan oleh laptop atau komputer lawas.
  • Dapat bekerja optimal walau  hanya dengan RAM 1GB hingga 2GB
Kekurangan 32-bit
  • Tidak bisa membaca RAM yang lebih dari 4GB
  • Tidak dapat menjalankan aplikasi aplikasi berat 

Kelebihan 64-bit
  • Cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan berat atau gaming
  • Dapat menjalankan software 32 bit dan 64-bit
  • Lebih cepat membaca data dan lebih efisien
  • Mampu menampung kapasitas RAM hingga 192GB
Kekurangan 64-bit
  • Tidak cocok untuk digunakan oleh laptop atau komputer Lawas
Sekian artikel mengenai perbedaan sistem operasi windows 32-bit dan 64-bit, smoga bermanfaat. Untuk artikel lain mengenai sistem operasi bisa baca di "Sisitem Operasi". 

Anda mungkin menyukai postingan ini