Perbedaan ZIP dan RAR yang Harus Kamu Pahami

Secara fungsi zip dan rar memiliki fungsi yang sama namun memiliki perbedaan. Lalu yang apa perbedaan ZIP dan RAR?
Perbedaan Zip dan RAR yang Jarang Diketahui Orang

Perbedaan ZIP dan RAR! Jangan Sampe Salah Pilih! - Apakah kamu sudah tahu apa itu file kompres? Buat kamu yang sering melakukan download file atau kirim file pasti sudah tidak asing dengan istilah ZIP dan RAR. Kedua nya merupakan jenis kompresi file, dimana mempunyai fungsi menyatukan beberapa file menjadi satu dan dengan ukuran yang lebih kecil.

Manfaat dari melakukan kompresi file menggunakan zip atau rar adalah untuk menyatukan beberapa file menjadi satu paket dengan fungsi memperkecil size ukuran dari keseluruhan file.

Tentu saja ini berguna mempermudah melakukan perpindahan file, entah secara offline, online seperti mengirimkan lampiran email, atau jika kamu sering mendownload file di internet pastinya selalu menemukan file dengan tipe zip atau rar.

Perbedaan ZIP dan RAR! Jangan Sampe Salah Pilih!

Secara fungsi zip dan rar memiliki fungsi yang sama namun memiliki perbedaan. Lalu yang apa perbedaan ZIP dan RAR?

1. Melakukan Ekstrak

Perbedaan ZIP dan RAR yang Harus Kamu Pahami

Untuk melakukan ekstak file yang sudah di kompres menggunakan zip dan rar diperlukan sebuah program ekstrasi tertentu. Dimana program ini akan mengeluarkan file ke dalam folder yang sudah disiapkan.

Disini letak perbedaannya, file yang di kompres menjadi ZIP lebih mudah di bongkar (ekstrak) tanpa perlu bantuan program lain, ini karena sudah banyak perangkat sistem seperti windows, smartphone sudah dilengkapi dengan kemampuan ekstrasi file zip.

Berbeda dengan RAR, dimana kamu memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk membongkar file kompresi jenis ini, karena memang software ekstraksi RAR hanya di dukung di beberapa platform saja. Jadi kamu harus menginstal aplikasi pihak ketiga, umumnya file RAR dapat diakses menggunakan aplikasi WinRAR.

2. Kecepatan Kompresi Data

Perbedaan ZIP dan RAR yang Harus Kamu Pahami

Ada perbedaan lain selain kemudahan ekstrasi, yaitu kecepatan kompresi data. Pada saat proses kompresi berlangsung ternyata ZIP lebih unggul ketimbang RAR, itu karena ZIP memang di desain agar dapat melakukan kompresi data dengan cepat bukan pada hasil akhir.

Yang menarik, meski ZIP melakukan komptesi dengan cepat, bukan berarti hasil akhir dari kompresi zip menyebabkan kerukasan data, justru ZIP tetap menjaga kualitas data dengan baik dan utuh, ZIP bisa kamu andalkan jika membutuhkan kompresi file data dengan cepat dan mudah.

3. Batasan Kompresi

Perbedaan ZIP dan RAR yang Harus Kamu Pahami

Zip dan RAR keduanya memiliki batasan kompresi masing-masing, dalam hal ini RAR lebih unggul ketimbang ZIP. Karena batasan kompresi RAR lebih besar mencapai 8.589.934.591 GB. Dengan limit kompresi sebesar itu sudah jelas RAR bisa diandalkan untuk melakukan kompresi file besar. Sedangkan ZIP hanya mempunyai batas kompresi mencapai 2 GB saja.

Selain itu, hasil akhir kompresi RAR mampu mengkompres sekitar 70% dari ukuran aslinya, tidak heran jika pada saat melakukan kompresi data RAR memerlukan waktu yang cukup lama. Sedangkan hasil akhir kompresi ZIP hanya mampu menekan kompresi mencapai 60%.

4. Keamanan Data ZIP & RAR

Perbedaan ZIP dan RAR yang Harus Kamu Pahami

Keamanan data menjadi salah satu hal yang tentu sudah pasti diperhatikan oleh semua orang, terlebih jika semua terkait data. Dalam proses kompresi data ZIP dan RAR faktor keamanan juga diperhatikan ini terlihat keduanya dibekali fitur sandi, hanya saja caranya proteksinya yang berbeda.

RAR mampu memproteksi file dengan password langsung, ini karena terdapat opsi proteksi langsung di dalamnya. Berbeda dengan ZIP meski bisa melakukan proteksi data, tapi perlu aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

Penutup

Itulah beberapa perbedaan file ZIP dan RAR. Dalam penggunaan secara umum tidak ada perbedaan yang terlihat, karena keduanya memiliki fungsi sama sebagai kompresi file data, tapi jika di lihat dan di amati secara jelas ZIP dan RAR memiliki perbedaan yang mencolok.

Semua tergantung kebutuhan masing-masing dalam menggunakan kompresi file, entah ZIP atau RAR yang jelas semua memiliki manfaat yang sama meski berbeda.

Jika kamu memiliki file besar seperti video film atau mentahan aplikasi besar melakukan kompresi menggunakan RAR lebih diuntungkan, karena memiliki kelebihan melakukan kompresi file besar. Tapi jika hanya sepaket data yang ukurannya tidak seberapa untuk dikirim melalui email, chat bisa melakukan kompresi data dengan ZIP agar lebih praktis dan mudah.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan