Cara Membuat Link Unduh Langsung dari Dropbox

Lalu bagaimana membuat direct link download langsung di Dropbox? Nah berikut Cara Membuat Link Unduh Langsung dari Dropbox dengan mudah dan cepat.
Cara Membuat Link Unduh Langsung dari Dropbox

Cara Membuat Link Unduh Langsung dari Dropbox - Dropbox merupakan layanan penyimpanan berbasis cloud yang dibuat oleh perusahaan Dropbox, Inc. Sama seperti layanan cloud storage lainnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan Dropbox mulai dari menyimpan file dokumen, foto, video dan hal lainnya.

Sayangnya Dropbox hanya menyediakan kapasitas 2GB secara gratis saat pertama mendaftar, tapi kamu masih bisa menambahkan kapasitas dengan berbagai misi yang disedikan oleh dropbox.

Meski memiliki storage yang sedikit, tapi Dropbox bisa diandalkan untuk menghost file untuk keperluan konten dengan membuat link file download secara langsung. Lalu bagaimana caranya?

Cara Membuat Link Unduh Langsung dari Dropbox

Di google drive untuk membuat direct link download secara langsung dengan mengubah format link nya, seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya.

Lalu bagaimana membuat direct link download langsung di Dropbox? Triknya adalah sama seperti trik google drive tadi, tapi di droobox sangat jauh lebih mudah. Berikut caranya :

1. Membuat Akun Dropbox dan Upload File

Daftar Dropbox Free

Agar bisa mengikuti tutorial ini, kamu harus membuat akun Dropbox dan mengunggah apa yang akan kamu bagikan dengan menggunakan direct link download Dropbox secara langsung.

Untuk cara daftar akun dropbox cukup pergi ke halaman website dropbox > lalu Klik daftar > dan isi form pendaftaran. Lalu sbagai contoh tutorial ini, saya sudah menggugah 2 file ke dropbox.
 
Layanan Cloud Dropbox

2. Membuat Direct Link Download Langsung Dropbox

Untuk membuat direct link download dropbox caranya yaitu mendapatkan link publik terlebih dahulu, dengan cara Klik file > Klik icon titik tiga > Klik "Bagikan".
 
Bagikan File di Dropbox

Maka akan muncul jendela notif seperti berikut gambar berikut, lalu Klik Opsi "Buat Tautan".

Berbagi file di Dropbox

Kemudian Klik "Salin Tautan", secara default tautan dropbox yang di salin tadi akan nampak seperti tautan berikut :


// Contoh tautan Dropbox yang di sharing
https://www.dropbox.com/s/md1azxcbqo62mww/reverse_33e920d2_1600323159638.mp4?dl=0

Agar tautan bisa melakukan direct download secara otomatis, yang dilakukan adalah mengubah akhir parameter link yang saya tandai diatas menjadi "?dl=1", maka link tautan akan nampak seperti ini :


// Custom Tautan Direct download Dropbox
https://www.dropbox.com/s/md1azxcbqo62mww/reverse_33e920d2_1600323159638.mp4?dl=1

Selesai, itu tadi cara membuat tautan link download secara langsung di Dropbox, jika kamu coba membuka link yang sudah diubah tadi maka file akan secara otomatis diunduh. Dengan begitu orang lain akan lebih mudah mendapatkan file yang kamu bagikan.

Penutup

Bukan hanya itu, kamu juga bisa menghost file audio dan video tersebut kedalaman halaman web, seperti tampilan berikut ini


Untuk Video juga sama, kamu hanya perlu mengupload video ke Dropbox kemudian menampilkan nya di halaman website seperti contoh dibawah.


Pemutaran audio dan video diatas saya host dari file dropbox menggunakan media Plyr, jika kamu tertarik membuat media player untuk halaman web seperti ini, bisa kunjungi artikel saya mengenai cara membuat pemutar audio dan video HTML5 Plyr.

Nah itu tadi tutorial membuat link tautan Dropbox yang bisa diunduh secara langsung, Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu, dan jika bermanfaat jangan lupa share. Terimakasih
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan