Cara Membuat Link Unduh Langsung dari OneDrive

Bagaimana membuat link tautan file OneDrive bisa di unduh secara otomatis? Berikut tutorial membuat direct download link onedrive dengan mudah.
Cara Membuat Link Unduh Langsung dari OneDrive

Cara Membuat Link Unduh Langsung dari OneDrive - OneDrive merupakan layanan penyimpanan berbasis cloud yang dimiliki oleh Microsoft, yang sebelumnya bernama SkyDrive. Banyak perubahan yang dilakukan perusahaan untuk layanannya yang satu ini setelah berubah nama menjadi OneDrive.

OneDrive memeberikan ruang penyimpanan 7GB secara gratis untuk penggunanya, dengan kapasitas lumayan itu cukup untuk menyimpan dokumen, foto dan video. Bahkan yang menarik adalah video yang diupload ke OneDrive bisa disematkan kedalam halaman blog atau website.

Selain itu OneDrive juga terintegrasi dengan layanan Office-nya dimana bisa mengolah data secara online dan yang menarik adalah bisa mengolah data secara bersamaan dengan pengguna lain secara real-time, tentu saja fitur ini sangat membantu jika digunakan untuk pengelolaan bisnis.

Cara Membuat Direct Link Unduh Langsung OneDrive

Dipostingan ini saya tidak akan membahas terlalu jauh mengenai Layanan yang satu ini, karena yang akan saya bahas hanyalah mengenai trik bagaimana membuat link tautan file OneDrive bisa di unduh secara otomatis.

Tips ini tentu akan sangat berguna buat para Blogger ataupun YouTuber untuk berbagai file, apalagi jika pembahasan isi konten berkaitan dengan tutorial atau hal lain, dimana biasanya jika tidak mengarahkan pengunjung mencarinya file-file pendukung secara mandiri, pengelola akan menyediakan tautan unduh secara langsung. Dengan begitu akan mempermudah vistor atau pengunjung mendapatkan file pendukung tersebut.

Membuat Direct Link Unduh Langsung OneDrive

Cara Membuat Link Unduh Langsung dari OneDrive

Turorial ini sama seperti postingan sebelumnya mengenai Google Drive dan Dropbox, dimana tautan yang disapat dari file yang di shared dari layanan tersebut bisa di unduh secara langsung. Lalu seperti apa caranya?

1. Membuat Folder Publik OneDrive

Langkah pertama yaitu membuat folder publik untuk menyimpan file yang akan dishare secara publik, dimana langkah ini sebetulnya bisa dilewat, tapi jika kamu ingin mengelompokkan file dengan folder agar telihat rapih cara ini bisa dilakukan.

Caranya yaitu masuk ke Akun OneDrive > Klik menu "Baru" > dan Klik "Folder", lalu beri nama folder sesuai keinginan kamu.

Sekarang buat folder menjadi publik dengan cara Klik kanan di folder > Lalu Klik Opsi "Bagikan" > Kemudian klik "Salin tautan", disini kamu tidak perlu menyalin tautan tersebut.

Cara Membuat Link Unduh Langsung dari OneDrive

Buat kamu yang mengikuti tutorial ini menggunakan perangkat smartphone intinya caranya sama saja, yaitu membuat folder agar menjadi publik. Jika sudah, maka akan nampak icon dimana siapapun dapat melihat isi folder tersebut.

2. Membuat Direct Link Tautan Unduh OneDrive

Selanjutnya yaitu membuat tautan unduh secara langsung, dengan cara upload file yang akan kamu bagikan, sebagai contoh saya memiliki 2 file audio dan video disini.

Kemudian Klik file yang ingin kamu buat direct link unduh nya dengan cara Klik kanan File > Sematkan.

Cara Membuat Link Unduh Langsung dari OneDrive

Setelah itu salin kode yang diberikan oleh OneDrive, Maka hasil kode yang di dapat akan seperti berikut, dimana kode tersebut akan kita ubah nantinya agar bisa membuat tautan direct download OneDrive.

Cara Membuat Link Unduh Langsung dari OneDrive
// Embed Iframe OneDrive
<iframe src="https://onedrive.live.com/embed?cid=0DEF86A7DA3781FC&resid=DEF86A7DA3781FC%21213&authkey=AJ67i-e1V-uLfm0" width="98" height="120" frameborder="0" scrolling="no"></iframe>
Kode yang saya tandai diatas adalah link tautan file, jadi pisahkan link tautan yang ada di dalam kode HTML tersebut. maka akan nampak seperti berikut
// Ganti dan Hapus kode yang ditandai
https://onedrive.live.com/embed?cid=0DEF86A7DA3781FC&resid=DEF86A7DA3781FC%21213&authkey=AJ67i-e1V-uLfm0
Lihat link yang saya tandai diatas, ubah kata "embed" menjadi "download", dan hilangkan parameter cid beserta nilainya, maka akan nampak seperti berikut

// Custom Direct Link Download OneDrive
https://onedrive.live.com/download?resid=DEF86A7DA3781FC%21213&authkey=AJ67i-e1V-uLfm0
Menghapus parameter cid dan nilainya hanyalah bersifat opsional, agar link tautan terlihat pendek, dan merubah kata "embed" menjadi "download" diperlukan agar link tautan bisa melakukan unduh secara langsung saat diklik.

Penutup

Nah itu tadi cara membuat direct file download dari OneDrive, kamu bisa mengikuti tutorial ini untuk keperluan konten atau hal lain yang memerlukan file unduhan secara langsung.

Dan tidak hanya itu, cara ini juga bisa digunakan untuk menghost file audio untuk ditampilkan di halaman website seperti berikut menggunakan Media Pemutar Plyrs.


Atau file dengan format video mp4 untuk ditampilkan di halaman website, dengan begitu kamu bisa lebih menghemat kapasitas hosting dan memanfaatkan penyimpanan cloud seperti OneDrive ini.


Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan