-->

Cara Mengunci File PDF Agar tidak Bisa di Edit dan Copy

Cara Mengunci File PDF Agar tidak Bisa di Edit dan Copy

Pdf atau Portabel Document File merupakan format dokumen yang fleksibel dimana banyak dijumpai di internet, dengan segala ke efisienan dan keefektifan file berformat pdf, tidak heran menjadi salah satu format dokumen yang banyak digunakan.

Membuat file dokumen berformat pdf sangat mudah, misalkan kamu membuat dokumen menggunakan Microsoft office, untuk menyimpan dokumen tersebut menjadi pdf hanya tinggal melakukan Save As > Pilih format Pdf. Maka secara otomatis dokumen yang kamu buat menggunakan office akan menjadi pdf.

Mungkin kamu juga sering menggunakan format dokumen pdf untuk berbagai keperluan, entah untuk membuat surat undangan secara digital, skripsi, penawaran produk, proposal, e-books dan lain sebagainya. Tapi Biasanya dokumen apapun akan dengan mudah di copy paste, tak terkecuali dokumen dengan format pdf sekalipun, meski memang pdf tidak bisa di edit tapi teks yang ada masih dapat si copy.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan proteksi pada dokumen pdf yang dibuat, dengan begitu dokumen akan tetap aman dan terjaga dari orang-orang jahil yang tidak bertanggung jawab. Lalu bagaimana melindungi dokumen pdf tersebut?

Cata Mengunci (Proteksi) Dokumen File PDF

Ada banyak cara untuk mengunci file pdf, entah secara offline ataupun online. Salah satu cara offline untuk memproteksi dokumen berformat pdf yaitu dengan menggunakan aplikasi Nitro Pro.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan proteksi pdf dengan cara memberikan password dan settingan tertentu agar dokumen pdf kamu tidak bisa di copy, tidak hanya itu kamu juga bisa memproteksi pdf agar tidak dapat diubah bahkan di print. Nah untuk cara melakukannya berikut.

Proteksi File PDF Menggunakan Nitro Pro

Sebelum ke tutorial langkah pertama yang perlu dipersiapkan yaitu Aplikasi Nitro Pro itu sendiri. Kamu bisa download secara gratis di situs resminya atau mencarinya di internet untuk versi Pro nya. Jika sudah instal seperti biasa di PC/Laptop. Selanjutnya yaitu ke tahap turorial :

1. Buka dokumen pdf kamu menggunakan Aplikasi Nitro Pro, maka tampilan nya akan nampak seperti gambar berikut
 
Cara Mengunci File PDF Agar tidak Bisa di Edit dan Copy

2. Pada tampilan ini, langkah berikutnya mengatur proteksi pdf dengan cara masuk ke menu Protect > Lalu Klik Password Security.

Cara Mengunci File PDF Agar tidak Bisa di Edit dan Copy

3. Maka akan nampak kotak dialog konfigurasi, dimana untuk mengunci file pdf yaitu centang kotak "Require a Password to change security settings and access specific function" pada Permission.

Selanjutnya masukan password yang kamu inginkan pada kolom password dan ulangi confirm password. Untuk pengaturan Printing Allowed dan Changes Allowed Pilih saja None. Lebih jelasnya bisa lihat tabel dibawah.

Cara Mengunci File PDF Agar tidak Bisa di Edit dan Copy


Settings Keterangan
Required a password to open the document Centang dan isi password agar PDF meminta password saat membuka dokumen PDF, dan sebaliknya.
Kamu bisa memilih opsi ini jika ingin mengunci pdf pada saat di buka
Required a password to change security settings and access specific Centang dan isi password agar PDF meminta password pada saat pengaturan ijin file dokumen diubah, dan sebaliknya
Printing Allowed Pilih Not Allowed jika ingin dokumen PDF tidak bisa di-print, dan sebaliknya
Changing Allowed Pilih Not Allowed jika ingin dokumen PDF tidak bisa diubah, dan sebaliknya
Enable copying of text, images, and other content Hilangkan centang agar isi dokumen PDF baik teks ataupun gambar tidak bisa di-copy, dan sebaliknya
Enable text access for screen reader devices for the visually impaired Centang untuk mengaktifkan akses teks untuk perangkat pembaca layar untuk tuna netra, dan sebaliknya.

4. Jika kamu sudah selesai, kemudian klik Oke > Setelah itu jangan lupa simpan dokumen dengan cara klik "save".

Cara Mengunci File PDF Agar tidak Bisa di Edit dan Copy

Sekarang coba kamu tutup dokumen pdf tersebut dan setelah itu buka kembali untuk mengetahui apakah proteksi berhasil atau tidak dengan cara lakukan copy atau apapun di dalam dokumen pdf tersebut. File pdf yang diproteksi akan terdapat notifikasi.

Penutup

Nah itu tadi cara melindungi file dokumen pdf dengan cara di proteksi menggunakan aplikasi Nitro Pro, dengan begitu dokumen kamu akan tetap aman dari orang-orang jahil, apalagi jika memang dokumen pdf yang kamu buat sangat penting. Semoga bermanfaat dan jika ada hal yang kurang dimengerti silakan berdiskusi di kolom komentar.

Anda mungkin menyukai postingan ini