-->

Mudah! Ini Cara Proteksi File Word Agar Tidak Bisa di Edit dan Copy

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa di Edit dan Copy

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan yang namanya aplikasi office milik microsoft, yaitu Microsoft Word. Aplikasi office ini memang kerap digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari membuat dokumen seperti surat, undangan, penawaran, makalah, dan banyak lagi fungsi lain seperti mengerjakan tugas membuat skripsi, dll.

Terkadang dalam membuat sebuah dokumen ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah keamanan data dokumen itu sendiri, terlebih jika dokumen tersebut memang bersifat rahasia seperti tugas, dokumen prusahaan atau hal lain yang memang sifatnya pribadi.

Nah, di microsoft word kamu bisa membuat dokumen tanpa perlu khawatir data word kamu di copy, atau di buka sembarangan oleh orang lain dengan cara melakukan proteksi dokumen. Lalu seperti apa cara memproteksi dokumen yang dibuat di word?

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa di Edit dan Copy

Pada postingan kali ini saya akan coba membahas bagaimana membuat dokumen word agar aman dari orang-orang jahil seperti melakukan copy, atau bahkan merubahnya tanpa pengetahuan kamu sebagai pembuat dokumen tersebut. 

Pembahasan disini akan dibagai dua cara, yaitu melakukan proteksi agar dokumen kamu tidak bisa di copy dan di edit, yang kedua yaitu melakukan proteksi agar dokumen word kamu tidak bisa di buka oleh orang lain, penasaran? berikut tutorialnya :

1. Membuat Dokumen Word Tidak Bisa di Copy dan Edit

Langkah pertama yaitu membuat atau membuka file dokumen yang sudah kamu buat di microsoft word, sebagai contoh disini saya mempunyai file word dengan isi dokumen tutor dimana dokumen tersebut akan saya proteksi agar tidak bisa copy dan di edit oleh siapapun.

Ini penting karena file ini nantinya akan saya share sebagai bahan artikel di situs ini. Berikut langkahnya

Membuat Dokumen Word Tidak Bisa di Copy

Pada jendela dokumen microsoft word kamu masuk ke menu tab Review kemudian Klik Restrict Editing pada kolom Protek.

Membuat Dokumen Word Tidak Bisa di Copy

Setelah itu akan muncul kotak dialog Restrict Editing, disini kamu hanya perlu memberi tanda centang pada kolom nomor dua dan Pilih Filling in Forms. Lalu selanjutnya yaitu klik "Yes, Start Enforcing Protection".
 
Membuat Dokumen Word Tidak Bisa di Copy

Kemudian akan muncul kotak dialog Protection, kamu hanya perlu memasukan password yang ingin kamu gunakan, lalu jika sudah klik "Oke".
 
Membuat Dokumen Word Tidak Bisa di Copy

Sampai disini cara melakukan proteksi dokumen word sudah selesai, kamu hanya perlu melakukan save dokumen tersebut dan lihat hasilnya atau coba kamu blok teks yang ada di dokumen kamu, maka secara otomatis teks yang ada di dokumen tersebut tidak akan bisa di copy atau di edit.

Lalu bagaiamana membuka proteksi tersebut? caranya hanya tinggal klik "stop protection" jika kamu ingin melakukan perubahan di dokumen tersebut.

Cara proteksi word agar tidak bisa di copy

Cara ini tentu saja sangat efektif jika kamu hendak ingin membagikan dokumen tersebut secara publik entah untuk tempat atau hal lain. Jadi dengan begitu keutuhan dokumen kamu akan tetap terjaga dan aman. 

2. Mengunci Dokumen Word Agar Tidak Bisa di Buka

Jika di tutorial ke satu tadi melakukan proteksi untuk membatasi perubahan dokumen word kamu, maka tutorial berikut ini adalah memproteksi agar file word kamu sama sekali tidak bisa dibuka terkecuali hanya untuk orang-orang tertentu yang memang sudah kamu beri akses untuk membukanya, lalu seperti apa caranya? berikut tutorialnya.

Disini saya masih menggunakan file word dokumen tadi, agar file ini tidak bisa dibuka oleh siapapun kamu hanya perlu melakukan setting di menu proteksi dengan cara Klik tab "File" kemudian Klik menu "info".
 
Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa di Edit dan Copy

Disini akan ada tiga menu mulai dari Permission, Prepare for Sharing dan Version. Kamu hanya tinggal klik menu "Permission" kemudian Klik "Encrypt With Password".
 
Cara proteksi word agar tidak bisa di buka

Maka akan muncul kotak dialog untuk memasukan password, kamu hanya perlu memasukan password yang kamu inginkan Jika sudah Klik "Oke" dan ulangi lagi Password yang kamu masukan tadi pada kota dialog "Reenter Password" kemudian Klik "Oke". kemudian save dokument kamu.
 
Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa di Edit dan Copy

Sampai disini langkah untuk memproteksi file word dokumen kamu sudah berhasil, untuk melihat hasilnya coba kamu tutup terlebih dahulu dokumen kamu kemudian coba buka ulang dokumen tersebut, maka akan menampilan dialog password. Jadi kamu perlu memasukan password yang sudah kamu masukan tadi untuk membuka dokumen tersebut. Dengan begitu tentu saja file word dokumen kamu akan aman.
 
Cara proteksi word agar tidak bisa di buka

Penutup

Nah itu tadi cara melakukan proteksi dokumen word kamu agar aman dari orang-orang jahil yang memang tidak bertanggung jawab. semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang memang membutuhkan. Jika ada langkah yang kurang dipahami bisa bertanya di kolom komentar.

Anda mungkin menyukai postingan ini