Cara Update MIUI 12 Redmi Note 8 Indonesia Secara Manual

Notifikasi Update MIUI 12 redmi note 8 indonesia hilang? Begini cara update ke miui 12 secara manual melalui HP langsung dengan aman di redmi note 8.
Update MIUI 12 Redmi Note 8 Indonesia Secara Manual

Beberapa hari kebelakang, redmi note 8 Indonesia mendapatkan notifikasi perubahan MIUI 12 secara OTA melalui menu menu perubahan, update ini mendapat banyak tanggapan user Xiaomi khususnya user redmi note 8 di Indonesia. Mulai dari yang bahagia karena sudah mendapatkan update ROM MIUI teranyar MIUI 12, tapi ada juga yang sedikit kecewa karena update tiba-tiba menghilang sendiri pada menu update.

Hal ini dikarenakan user menunda pengunduhan update MIUI 12 di perangkat Xiaomi redmi note 8 nya, Kasus ini sama seperti rekan saya tadi malam, karena nunggu bisa ngakses wifi untuk update, ternyata update nya hilang sendiri.

Lalu bagaimana cara update ROM ke MIUI 12 yang hilang tersebut? Ada banyak cara untuk bisa tetap memperbaharui rom MIUI 11 ke MIUI 12, yaitu melakukannya secara manual. Bisa? Tentu saja bisa, karena memang fitur update rom di Xiaomi bisa dilakukan secara manual selain via OTA secara otomatis.

Caranya yaitu dengan menggunduh paket ROM MIUI 12 yang kemudian di pasang secara manual melalui fitur update. Nah, untuk tahapannya kali ini saya akan membahas bagaimana update MIUI 12 secara manual di redmi note 8 Indonesia. Tapi sebelum ke tutorial, ada hal yang perlu dipersiapkan yaitu file MIUI 12 untuk redmi note 8 Indonesia.

Cara Update MIUI 12 di Redmi Note 8 Indonesia Secara Manual

1. Langkah pertama sebelum masuk ke tutorial yaitu mengunduh pake file rom MIUI 12 khusus redmi note 8 Indonesia melalui tombol dibawah.

Redmi Note 8 Indonesia Stable V12.0.1.0

Setelah file rom sudah diunduh dengan baik, sekarang buat folder di penyimpanan internal dengan nama "downloaded_rom" kemudian salin/cut file rom MIUI 12 yang tadi sudah di unduh ke dalam folder tersebut.

Langkah ke dua yaitu melakukan update dengan cara masuk ke menu setelan > Tentang Ponsel > Perbaruan sistem.

Update MIUI 12 Redmi Note 8 Indonesia Secara Manual Update MIUI 12 Redmi Note 8 Indonesia Secara Manual Update MIUI 12 Redmi Note 8 Indonesia Secara Manual

Setelah berada di menu perbaruan sistem, selanjutnya Klik Icon titik tiga di pojok atas kanan > lalu Klik menu "Pilih Paket perbaharuan" > Setelah itu arahkan ke dalam folder "downloaded_rom" dan Pilih file rom MIUI 12 yang ada di dalamnya > Kemudian Klik "OKE".

Informasi Jika tidak ada menu "Pilih paket perbaharuan" kamu harus mengetuk beberapa kali logo MIUI 11 (yang ada di tampilan perbaharuan sistem) sampai muncul notifikasi update manual aktif.

Lanjut biasa nya setelah klik OKE makan ada proses validasi dan deskripsi file, jadi tunggu saja dan jika sudah selesai akan ada notif perbaharuan ke MIUI 12, Klik saja "Mulai ulang dan Reboot" untuk menginstalkan perubahan ke perangkat redmi note 8 kamu.

Proses ini sama dengan proses update ROM seperti biasa melalui OTA, jadi jangan khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kecuali kamu mematikan paksa hp pada saat proses update sedang berlangsung meskipun pada saat melakukan booting akan sedikit lama karena memang seperti itu jika perangkat selesai melakukan update. Jika sudah selesai perangkat akan nyala dengan sendiri.

Penutup

Nah itu tadi cara update rom miui 12 secara manual untuk redmi note 8 Indonesia, semoga dengan adanya artikel ini kamu bisa dengan mudah memperbaharui rom ke versi 12. Sebetulnya kamu bisa menunggu notifikasi perbaharuan dilain waktu, tapi karena sering tidak ada kepastian kapan update dirilis kembali, ada baiknya kamu coba cara manual ini.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan