Cara Transfer File dari HP Xiaomi Ke Laptop Tanpa Kabel Data

Lupa bawa kabel data xiaomi? Tenang begini cara memindahkan data di hp xiaomi ke laptop atau komputer tanpa kabel data.
Cara Transfer File dari HP Xiaomi Ke Laptop Tanpa Kabel Data

Pada umumnya untuk melakukan perpindahan data berupa file dari perangkat HP Xiaomi ke perangkat komputer atau laptop memerlukan alat penghubung berupa kabel data. Tapi apa kamu pernah berfikir bagaimana memindahkan file tersebut tanpa menggunakan kabel data? Nah, artikel ini akan memabahas bagaimana cara memindahkan file dari HP Xiaomi ke laptop tanpa kabel data.

Bagaimana caranya? Cara memindahkan file data kamu di HP Xiaomi tanpa kabel yaitu dengan memanfaatkan fitur FTP yang ada pada file manager, jadi kamu tidak perlu khawatir jika satu waktu ingin memindahkan file tapi lupa membawa Kabel data. Lalu apa itu FTP? Sebelum saya masuk ke tahap tutorial, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu FTP.

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, dimana FTP biasa digunakan untuk melakukan perpindahan file di dunia Internet. FTP banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti hosting, website dan sebagainya. Salah satu contoh lain adalah untuk melakukan perpindahan data dari perangkat satu ke perangkat lain. Seperti yang ada pada fitur bawaan HP Xiaomi, dimana fitur FTP yang ada di file manager bisa dimanfaatkan untuk melakukan pertukaran data atau perpindahan data.

Cara Memindahkan File di Xiaomi dengan Fitur FTP

Setelah kamu mengetahui istilah FTP, sekarang saya akan masuk ke tahap tutorial melakukan perpindahan file di Xiaomi ke laptop ataupun komputer tanpa menggunakan Kabel dengan cara memanfaatkan FTP yang disediakan secara cuma-cuma oleh Xiaomi. Berikut tutorialnya

Langkah #1 : Pada perangkat HP Xiaomi buka aplikasi bawaan File Manager

Langkah #2 : Jika sudah masuk kedalam aplikasi, Buka menu aplikasi tersebut dengan Klik tombol "Garis Tiga" dipojok kiri atas.

Langkah #3 : Kemudian kamu akan melihat sederet menu aplikasi tersebut, yang perlu dilakukan adalah klik menu "FTP" yang ada seperti gambar berikut
Cara Transfer File dari HP Xiaomi Ke Laptop Tanpa Kabel
Langkah #4 : Kemudian kamu akan melihat opsi kontrol untuk mengaktifkan FTP, nah Klik "Mulai" untuk mengaktifkan FTP File Manager Xiaomi

Langkah #5 : Setelah Klik mulai, kamu akan melihat popup opsi dimana kamu harus memilih jenis koneksi, Ada 2 jenis koneksi Portabel dan dilindungi sandi. Pilih sesuai kebutuhan, tapi saya sarankan pilih yang "Dilindungi sandi" jika jaringan wifi kamu publik (umum).

Kemudian akan di suruh membuat username dan password, isi saja sesuai keinginan kamu. Kemudian Klik "OK".
Cara Transfer File dari HP Xiaomi Ke Laptop Tanpa Kabel
Langkah #6 : Selanjutnya akan muncul opsi memilih tempat penyimpanan, kamu bisa memilih sesuai dengan tempat kamu menyimpan file, misalkan file data yang ingin kamu pindahkan ada di data SD Card, nah kamu pilih penyimpanan "SD Card" begitupun sebaliknya.
Cara Transfer File dari HP Xiaomi Ke Laptop Tanpa Kabel
Langkah #7 : Jika sudah memilih penyimpanan, kamu akan mendapatkan tampilan berupa alamat IP Address, dimana alamat tersebut mengonfirmasikan keberadaan file (penyimpnanan data) kamu. Alamat ini yang nantinya kamu akses di Komputer ataupun laptop untuk membuka data HP Xiaomi di perangkat lain tanpa perlu kabel data.

Langkah #8 : Lanjut, buka Komputer atau laptop kamu kemudian Buka Windows Eksploler, lalu ketikan alamat IP Address yang tadi muncul di point 7 di address bar Windows Eksploler.

Jika kamu sudah memasukan alamat ip address ftp dengan benar, maka semua data yang ada di SD Card sudah bisa kamu akses melalui komputer atau laptop, dengan begitu kamu bisa mencari dan melakukan perpindahan data di hp Xiaomi tanpa perlu kabel data.

Penutup

Nah itu tadi cara memindahkan data di HP Xiaomi tanpa kabel data, bagaimana mudah bukan? Selain di Windows eksploler kamu juga bisa mengakses file di browser, caranya sama saja hanya memasukan alamat IP Address di bar browser.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu, dan jangan lupa ikuti channel YouTube kita dan lamanan Google News untuk mendapatkan update informasi menarik lainnya. Kamu juga bisa ikuti kami di Telegram untuk memudahkan mendapatkan update terbaru melalui link berikut : Official InpuTekno Telegram.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan