Cara Akses Data File Manager Xiaomi Menggunakan Fitur FTP

Dengan fitur FTP yang ada dalam File Manager tentunya bisa mengakses dokumen berupa foto, video, berkas dokumen digital dan masih banyak lagi.
Cara Akses Data File Manager Xiaomi Menggunakan Fitur FTP

Xiaomi merupakan brand HP terbesar saat ini, bahkan berada di posisi ke 3 menurut data pasar Smartphone Global (IDC) dalam segi penjualan secara global di Kualtar ke 3 di tahun ini. Perangkat HP yang menggunakan ROM buatan sendiri yaitu MIUI ini memang menjadi brand yang digemari oleh banyak orang karena kualitas HP yang mumpuni dengan harga terjangkau. Nah, berbicara mengenai HP Xiaomi, kali ini saya akan coba membahas sebuah trik ataupun tips yang berkaitan dengan fitur yang ada di HP Xiaomi, yaitu mengenai fitur FTP yang ada pada File Manager.

Apa itu FTP? FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, fitur ini biasanya digunakan untuk melakukan perpindahan file di dunia internet, jadi jika kamu seorang profesi IT mungkin sudah tidak asing dengan istilah FTP tersebut karena memang fitur ini identik dengan sebuah internet, website dan hosting. Selain itu, FTP juga banyak digunakan dalam berbagai hal, salah satunya yaitu sebagai media pertukaran data dari perangkat satu keperangkat lain.

Seperti fitur FTP yang ada pada perangkat Xiaomi di fitur File manager. Dengan fitur FTP yang ada dalam File Manager tentunya bisa mengakses dokumen berupa foto, video, berkas dokumen digital dan masih banyak lagi yang ada pada file manager hp Xiaomi kamu menggunakan perangkat desktop ataupun hp Xiaomi lain. Jadi kamu bisa dengan mudah berbagai berbagai file dengan cara sharing penyimpanan entah itu SD card ataupun penyimpanan internal dengan orang lain.

Cara Sharing Penyimpanan Xiaomi menggunakan FTP

Agar bisa menggunakan fitur FTP ini salah satu syarat yang harus dilakukan yaitu hp Xiaomi kamu harus terhubung menggunakan jaringan yang sama dengan perangkat lain atau perangkat yang nantinya akan mengakses file manager kamu. Nah agar tidak pusing, berikut tutorial nya :

#1. Menghubungkan Perangkat Xiaomi ke WiFi

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menghubungkan perangkat hp Xiaomi kamu dengan jaringan WiFi/ Hotspot perangkat yang akan kamu gunakan untuk mengakses nya nanti.

Salah satu contohnya saya akan mengakses file manager hp Xiaomi saya di perangkat hp lain, jadi yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan hotspot diperangkat hp lain dan sambungkan perangkat hp Xiaomi kamu ke jaringan hotspot tersebut.

Jika kamu menggunakan WiFi, kamu hanya tinggal hubungkan hp Xiaomi tersebut ke jaringan WiFi dan lakukan langkah yang sama pada perangkat HP atau desktop kamu yang nantinya akan digunakan untuk mengakses data dari perangkat hp Xiaomi kamu.

#2. Cara Mengaktifkan Fitur FTP Xiaomi

Sebelum mengikuti tutorial ini kamu sudah harus memastikan hp Xiaomi kamu benar-benar sudah terhubung dalam satu jaringan perangkat lain.

Cara Akses Data File Manager Xiaomi Menggunakan Fitur FTP

  • Langkah pertama yaitu buka file manager bawaan HP Xiaomi di perangkat kamu.
  • Jika sudah masuk ke antarmuka file manager, kemudian kamu klik garis tiga disebelah kiri atas lalu pilih menu FTP.
  • Selanjutnya, Klik "Start" untuk memulai Sharing data. 
Cara Akses Data File Manager Xiaomi Menggunakan Fitur FTP
  • Akan ada pilihan Tipe jaringan, Jika kamu memilih Portabel secara otomatis data tidak diproteksi, Tapi jika kamu memilih lindungi dengan sandi maka kamu diharuskan memasuki username dan password. Username isi dengan "redmi" dan Password buat sesuai keinginan kamu
  • Kemudian Pilih Tempat penyimpanan yang ingin kamu sharing menggunakan fitur FTP ini, misalkan SD Card atau Penyimpnan Internal.
  • Jika kamu sudah memilih tempat penyimpanan yang akan di sharing, maka akan muncul sebuah alamat berupa IP Address. Dimana alamat tersebut digunakan untuk menjangkau file data yang sudah kamu sharing tadi.
  • Ketikkan alamat IP tersebut di Address bar Komputer kamu untuk bisa mengakses file yang ada di HP Xiaomi.

Diatas merupakan cara bagaimana mengakses file dari Xiaomi di laptop atau komputer kamu. Dengan fitur FTP ini kamu bisa dengan mudah melakukan transfer file data, entah dari hp ke komputer dan laptop ataupun sebaliknya.

Bagaimana jika dari hp Xiaomi ke hp Xiaomi lagi? Cukup mudah caranya, yaitu kamu hanya perlu memanfaatkan fitur akses jarak jauh yang ada di file manager. Cara sendiri hampir sama seperti diatas hanya saja yang membedakan mungkin perangkat yang mengaksesnya dan juga beberapa sedikit tambahan langkah, jika kamu penasaran dan ingin mencoba berikut caranya :

Berbagi File Xiaomi ke Perangkat Xiaomi Lain Pakai FTP

Sebagai bahan tutorial ini, saya menggunakan 2 hp perangkat Xiaomi, perangkat ke 1 merupakan HP yang akan di sharing daranya menggunakan FTP, perangkat ke 2 merupakan hp yang akan mengakses file data tersebut.
  • Di HP ke 1 Kamu harus sudah mengaktifkan fitur FTP dan melakukan sharing data dengan memilih penyimpanan sampai muncul alamat IP Address FTP.
  • Di HP ke 2, kamu buka aplikasi file manager > Kemudian Pilih Menu Garis Tiga di atas kiri > Kemudian Pilih Menu "Jarak Jauh".
Berbagi file menggunakan ftp Xiaomi 2
  • Kemudian Klik "Tambah Perangkat Jarak Jauh" > Lalu Pilih FTP, ini karena perangkat ke 1 menggunakan fitur FTP untuk melakukan sharing data > kemudian Masukan data perangkat ke 1. Agar tidak pusing lihat tabel dibawah.
Berbagi file menggunakan ftp Xiaomi 2
Kolom Keterangan
Host Di isi dengan Alamat IP Address FTP yang ada diperangkat ke 1
Port Isi dengan nomor Port perangkat ke 1
Nama Pengguna Isi dengan nama kalimat "Xiaomi"
Sandi Isi dengan PIN Lock Screen perangkat ke 1 jika memang perangkat ke 1 hp nya mengaktifkan fitur lock screen.
  • Jika sudah sesuai, kemudian Klik "OK" untuk menyimpan setelan konfigurasi tersebut. Kemudian Klik folder tersebut untuk mengakses file data yang sudah di sharing di perangkat ke 1.
Cukup mudah bukan? Jika kamu sedikit bingung kamu bisa melihat video tutorial artikel ini di YouTube saya disini Channel InpuTekno.

Penutup

Nah itu tadi cara mudah memanfaatkan fitur FTP untuk berbagai dan mengakses file data diperangkat hp Xiaomi dengan mudah, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu. Semoga bermanfaat.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan