Cara Membuat Shortlink Menggunakan Domain Sendiri

Pernah berfikir memiliki layanan shortlink sendiri? Nah berikut tutorial cara membuat shortlink dengan domain sendiri cocok untuk para blogger.
Cara Membuat Shortlink Menggunakan Domain Sendiri

Cara Membuat Shortlink Domain - Kamu pasti sering melihat tautan seperti bit.ly/nama-tautan atau s.id/nama-tautan dan sebagainya, tautan tersebut dibuat menggunakan shortlink jika diartikan kedalam bahasa indonesia yaitu tautan pendek. Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing dengan tautan-tautan pendek seperti itu, apalagi bagi seorang blogger shortlink merupakan layanan yang pasti sangat sering digunakan.

Ada banyak layanan shortlink yang bisa digunakan untuk memperpendek URL salah satunya yaitu bit.ly yang memang populer sering digunakan. Tetapi apa kamu pernah berfikir untuk membuat layanan shortlink dengan domain sendiri? Mungkin akan terlihat menarik. Dimana tautan pendek menggunakan domain milik kita sendiri dan dapat di costum sesuai dengan keinginan dan tidak tergantung dengan pemendek URL lain.

Bagi seorang blogger memiliki layanan shortlink dengan domain sendiri tentu akan terlihat lebih profesional, bukan cuman itu saja Blog atau website kamu juga akan semakin mudah di ingat karena bisa membangun branding sebuah website. Pertanyaan nya sekarang bagaimana membuat shortlink pemendek URL menggunakan domain sendiri?

Cara Membuat Shorlink/ Tautan Pendek Dengan Domain Sendiri

Disini saya akan memberikan tutorial menggunakan subdomian dari domain utama yaitu go.inputekno.com, kamu bisa menyesuaikan dengan subdomain sesuai dengan keinginan. Berikut langkah-langkahnya

Langkah #1 : Pertama kamu harus kunjungi https://app.short.io dan daftar terlebih dahulu
Langkah #2 : Jika sudah berhasil daftar akan diarahkan ke halaman Add domain pilih layanan Add My Own Domain

Cara Membuat Shortlink2

Langkah #3 : Masukan subdomain milik kamu pada kotak yang disediakan untuk digunakan sebagai URL Shortlink nantinya. Sebagai Contoh saya akan membuat subdomain go.inputekno.com sebagai shortlink.

Cara Membuat Shortlink3

Langkah #4 : Akan muncul gambar intruksi untuk konfigurasi DNS domain kamu seperti gambar berikut

Cara Membuat Shortlink4

Langkah #5 : Buka pannel control domain kamu untuk menambahkan record CNAME. Disini saya menggunakan cloudflare, kamu bisa sesuaikan dengan penyedia Domain kamu karena caranya sama saja.
Langkah #6 : Masuk ke menu DNS Management domain kamu > Lalu Klik "Add Record" > Kemudian Pilih Record Type "CNAME" > Masukan link subdomain kamu tadi > Hostname masukkan cname.short.io > Klik Save Record.

Cara Membuat Shortlink6

Langkah #7 : Balik ke halaman sebelumnya app.short.io, masuk ke menu domain setting lalu lihat hasilnya dengan cara klik "refresh". Jika status centang aktif maka shorlink domain kamu sudah dapat digunakan.

Cara Membuat Shortlink7

Sampai disini kamu sudah berhasil membuat shortlink menggunakan domain sendiri dan siap untuk memperpendek link, kamu hanya perlu memasukan link tujuan ke kolom yang telah di sediakan di atas header kemudian enter nanti akan timbul pop up dan kamu bisa costom text nya atau di biarin huruf acak dan klik SAVE.

Demo Shortlink

Demo Shortlink 1 Demo Shortlink Custom

Penutup

Nah itu tadi Cara Membuat Shortlink Dengan Domain Sediri, jika kamu mengikuti tutorial dengan teliti dipasikan tidak akan ada masalah. Semoga bermanfaat, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan