Cara Membuat Shortlink Menggunakan Domain Sendiri

Pernah berfikir memiliki layanan shortlink sendiri? Nah berikut tutorial cara membuat shortlink dengan domain sendiri cocok untuk para blogger.

Cara Membuat Shortlink Domain - Kita pasti sering melihat tautan seperti bit.ly/nama-tautan atau s.id/nama-tautan dan sebagainya, tautan tersebut dibuat menggunakan layanan shortlink.

Ada banyak layanan shortlink yang bisa digunakan untuk memperpendek URL salah satunya yaitu bit.ly atau s.id yang memang populer sering digunakan saat ini.

Tapi bagaimana jika kita membuat layanan shortlink dengan domain sendiri seperti go.inputekno.com/youtube? Dimana tautan pendek menggunakan domain sendiri yang dapat di costum sesuai keinginan dan tidak tergantung dengan pemendek URL lain.

Table of Contents

Manfaat Custom Shortlink Domain Sendiri

Tautan pendek atau shortlink untuk mempermudah kita menempatkan tautan tersebut dimana saja, seperti caption yang memiliki keterbatasan karakter atau presentasi untuk membuat tautan lebih menarik secara visual.

Tautan pendek seperti ini juga dapat dengan mudah di ingat dan diakses tanpa perlu mengetik URL asli yang panjang.

Bagi pemilik situs web shortlink dengan domain sendiri akan terlihat profesional, blog atau website kita juga akan mudah di ingat karena dapat membangun branding sebuah website.

Cara Membuat Shorlink/ Tautan Pendek Dengan Domain Sendiri

Lalu bagaimana membuat shortlink pemendek URL menggunakan domain sendiri? Berikut ini langkah-langkahnya.

Di dalam tutorial ini kita menggunakan subdomian dari domain utama yaitu go.inputekno.com, kamu bisa menyesuaikan dengan subdomain sesuai dengan keinginan.

Langkah #1 : Pertama kunjungi https://app.short.io dan daftar terlebih dahulu

Langkah #2 : Jika sudah berhasil daftar akan diarahkan ke halaman Add domain pilih layanan Add My Own Domain

Cara Membuat Shortlink2

Langkah #3 : Masukan subdomain pada kotak yang disediakan untuk digunakan sebagai URL Shortlink nantinya. Sebagai Contoh kita akan membuat subdomain go.inputekno.com sebagai shortlink.

Cara Membuat Shortlink3

Langkah #4 : Akan muncul gambar intruksi untuk konfigurasi DNS domain seperti gambar berikut

Cara Membuat Shortlink4

Langkah #5 : Buka panel control domain kamu untuk menambahkan record CNAME. Di sini kita menggunakan cloudflare, silakan sesuaikan dengan penyedia Domain yang kalian gunakan karena caranya sama saja.

Langkah #6 : Masuk ke menu DNS Management domain kamu > Lalu Klik "Add Record" > Kemudian Pilih Record Type "CNAME" > Masukan link subdomain kamu tadi > Hostname masukkan cname.short.io > Klik Save Record.

Cara Membuat Shortlink5

Langkah #7 : Balik ke halaman sebelumnya app.short.io, masuk ke menu domain setting lalu lihat hasilnya dengan cara klik "refresh". Jika status centang aktif maka shorlink domain kamu sudah dapat digunakan.

Cara Membuat Shortlink7

Sampai disini kita sudah berhasil membuat shortlink menggunakan alamat domain sendiri dan siap untuk memperpendek link.

Kita hanya perlu memasukan link tujuan ke kolom yang telah di sediakan di atas header kemudian enter nanti akan timbul pop up dan kita bisa custom URL nya atau di biarin huruf acak dan klik SAVE.

Cara Membuat Shortlink8

Demo Shortlink

Untuk contoh lengkapnya bisa lihat di halaman Linktree Inputekno.

Penutup

Nah itu tadi Cara Membuat Shortlink Dengan Domain Sediri, semoga bermanfaat, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.

#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan