Cara Cek DA PA Blog Serta Pengertian & Cara Meningkatkannya

Cara cek DA dan PA serta cara meningkatkan skor DA dan PA blog untuk meningkatkan SEO Blog atau Website.
Cara Cek DA PA Blog
Skor DA PA Blog

Cara Cek DA PA Blog Serta Pengertian & Cara Meningkatkannya - Ada banyak istilah SEO blog yang perlu di pelajari untuk menaikan blog di peringkat tinggi google. Salah satunya adalah skor DA dan PA.

Lalu Apa itu DA & PA? Pada pembahasan kali ini kita akan bahas mulai dari pengertian, cara cek DA dan PA serta cara meningkatkan skor DA dan PA blog untuk meningkatkan SEO Blog.

Table of Contents

Pengertian Domain Authority (DA)

Domain Authority atau sering di singkat dengan instilah DA merupakan indikator yang menunjukkan kualitas blog secara menyeluruh untuk menentukan peringkat dari sebuah blog. Biasanya Skala skor DA biasanya dimulai dari 1-100.

Semakin besar nilai Domain Authority (DA) yang dimiliki oleh sebuah blog maka semakin bagus dalam persaingan di mesin pencarian Google dan berpeluang muncul pada halaman pertama Google.

Pengertian Page Authority (PA)

Page Authority atau yang lebih dikenal dengan istilah PA meriupakan sebuah penilaian dari mesin telusur mengenai seberapa kualitas suatu halaman pada suatu website atau blog.

Nilai PA tergantung dari kualitas konten, traffic dan backlink yang mengarah ke halaman tersebut. Semakin berkualitas PA, maka semakin besar pula skor page dan semakin berpeluang untuk muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Cara Cek DA & PA

Cara untuk mengecek DA PA blog bisa menggunakan tools online gratis atau berbayar yang ada di internet. Berikut ini beberapa langkah cek DA PA blog secara gratis.

Cek DA & PA lewat MOZ

  1. Buka situs MOZ https://moz.com/domain-analysis/
  2. Masukkan alamat Website atau Blog
  3. Klik Analyze domain
  4. Tunggu dan Lihat Da Pa blog

Cek DA & PA lewat Websiteseochecker

  1. Buka situs Websiteseochecker https://websiteseochecker.com/domain-authority-checker/
  2. Masukkan alamat Website atau Blog
  3. Kemudian centang saya bukan robot
  4. Klik Check
  5. Tunggu dan Lihat Da Pa blog

Cek DA & PA lewat Xeo

  1. Buka situs Xeo https://xeo.my.id/venus/checker/moz.cgi
  2. Masukkan alamat Website atau Blog
  3. Kemudian Klik DA,PA,SS,BL
  4. Tunggu dan Lihat Da Pa blog

Faktor Yang Mempengaruhi DA & PA

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi skor DA dan PA blog, berikut beberapa diantaranya.

1. Usia Domain

Semakin lama usia domain maka semakin tinggi pula skor DA PA suatu blog, dengan syarat website atau blog selalu aktif dan update memposting artikel berkualitas tinggi.

2. Popularitas Domain

Popularitas suatu blog juga dapat mempengaruhi faktor DA PA. Hal ini bisa di lihat dari banyaknya link masuk atau backlink yang berasal dari blog berkualitas.

Ada banyak cara untuk bisa meningkatkan backlink dengan melakukan promosi, membuat konten unik dan menarik sehingga banyak direkomendasikan oleh blog lain atau dengan cara guest post di website yang baik.

3. Social Signals

Selain membangun branding dan mendapatkan trafik lewat sosial media, membagikan link blog di media sosial seperti facebook, tiwtter, instagram dan youtube juga bisa meningkatkan skor DA PA.

Penutup

Nah itu tadi Cara Cek DA PA Blog Serta Pengertian & Cara Meningkatkannya. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.

#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan