Cara Membuat RSS Feed Instagram Menggunakan Pinterest

Cara Membuat RSS Feed Instagram Menggunakan Pinterest untuk menampilkan konten Instagram di situs web atau aplikasi.
Membuat RSS Feed Instagram Menggunakan Pinterest

Instagram merupakan salah satu platform media sosial paling populer saat ini, yang memungkinkan pengguna pribadi atau profesional untuk berbagi foto dan video.

Banyak dari kita ingin mengambil feed foto Instagram dan menyematkannya di situs web atau aplikasi untuk silang konten, promosi atau tujuan lain.

Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan RSS feed. Artikel ini akan membahas langkah-langkah untuk mengambil feed foto Instagram menggunakan RSS Instagram.

Table of Contents

Apa Itu RSS?

RSS (Really Simple Syndication) adalah format yang digunakan untuk mendistribusikan dan menyindikasikan konten web. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan update otomatis dari situs web favorit mereka tanpa harus mengunjungi setiap situs secara manual. Dengan RSS, kita bisa mendapatkan feed dari berbagai sumber, termasuk blog, berita, dan tentu saja, Instagram.

Langkah Mengambil Feed Foto Instagram Menggunakan RSS

Instagram tidak menyediakan RSS feed secara resmi, tapi kita dapat melakukan ini dengan bantuan Pinterest untuk menghasilkan RSS feed dari profil Instagram.

RSS Instagram Menggunakan Pinterest

  • Buka halaman Pinterest, lalu buat akun atau login jika kamu sudah memiliki akun.
  • Berikutnya buka pengaturan > Akun yang diklaim, atau kunjungi halaman Klaim berikut
  • Di halaman klaim terdapat bagian menu Instagram, Klik Klaim
    Klaim Instagram
  • Akan muncul jendela browser baru untuk Otorisasi akun Instagram
  • Jika sudah selesai, beritahu Pinterest untuk menyimpan semua postingan Instagram kamu ke papan. Klik menu selected > Buat papan > dan masukan nama yang di inginkan, Jika sudah klik Allow
    Klaim Instagram
  • Sekarang buka profile > lalu buka papan yang sudah tadi kamu buat
  • Untuk mendapatkan RSS nya, cukup hapus garis miring dan tambahkan .rss diakhir URL papan tersebut seperti berikut:
    // URL papan sebelumnya
    https://id.pinterest.com/inputekno/instagram/
    
    // URL papan tambahkan .rss
    https://id.pinterest.com/inputekno/instagram.rss

RSS Feed instagram dengan menggunakan Pinterest akan menampilkan hingga 20 postingan terakhir. Berikut RSS Feed instagram inputekno https://id.pinterest.com/inputekno/instagram.rss

Setelah kamu mendapatkan URL RSS feed, langkah berikutnya adalah mengambil data dari feed tersebut menggunakan JavaScript dan menampilkannya di halaman web. Bagaimana caranya? Tutorialnya akan dibahas di artikel selanjutnya.


Penutup

Mengambil feed foto Instagram menggunakan RSS Pinterest adalah cara yang sederhana dan efektif untuk menampilkan konten Instagram di situs web atau aplikasi. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba.

#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan