Penyebab dan Cara Mengatasi PC Atau Laptop Lemot pada OS Windows

Cara mengatasi komputer dan laptop lemot, ngelag, hang di Windows dengan mudah!
Penyebab dan Cara Mengatasi PC Atau Laptop

Cara mengatasi laptop lemot pada windows - Permasalahan komputer atau laptop yang terasa lambat memang seringkali merugikan bagi para pemakainya. Hal ini membuat kita tentu merasa jengkel karena Banyak pekerjaan yang tidak kunjung selesai.

Sebetulnya ada beberapa hal yang mengakibatkan komputer atau laptop berjalan lambat, ngelag, atau bahkan sampai mengalami Not Responding. Nah, untuk itu pada sempatan kali ini saya akan membahas cara bagaimana mengatasi laptop berjalan dengan lambat.

Berikut adalah beberapa penyebab umum komputer atau laptop menjadi lambat.

Table of Contents

Mengatasi laptop lemot, Ngelag pada windows

1. File temp. yang terlalu besar

Ketika kita mengakses internet melalu komputer atau laptop, maka pc atau laptop akan menyimpan beberapa data kedalam folder temp. ketika folder ini sudah sangat besar bisa jadi ini akan memperlambar kinerja komputer ataupun laptop Anda.

Cara paling mudah adalah dengan membersihkan folder temp tersebut dengan menggunakan software 'Ccleaner'. Jika kalian belum mempunyai software tersebut bisa langsung download pada situs resminya Ccleaner.

Cara menjalankannya, instal Ccleaner yang sudah Anda download, buka aplikasi ccleaner, lalu klik analyze, tunggu sampai proses selesai. Setelah itu untuk membersihkan file temp, klik tombol run cleaner.

2. Terlalu banyak program yang terinstal

Terkadang kita tidak memperhatikan hal ini, kita sering mengintal software-software yang sekiranya tidak penting bagi kebutuhan. Akibatnya, komputer atau laptop akan menjalankan banyak sekali program pada saat komputer atau laptop di hidupkan. Jelas ini sangat membebani pc atau laptop tersebut.

Cara mengatasinya sangat mudah, Anda tinggal uninstall aplikasi yang sekiranya tidak penting pada Control Panel atau mendisable aplikasi tersebut agar tidak berjalan pada saat komputer laptop di hidupkan.

Caranya buka software Ccleaner > pilih tab tool > startup > disable aplikasi yang tidak terlalu penting.

Kemudian Anda juga bisa uninstall aplikasi-aplikasi tidak jelas yang ada pada komputer atau laptop melalui Control Panel. Klik Window - klik Control Panel - klik uninstall program - lalu pilih program yang tidak terpakai dikomputer/laptop kalian.

3. Spesifikasi komputer atau laptop lebih rendah dari spesifikasi

Jika komputer atau laptop Anda sudah bisa bekerja mulus tapi saat bermain game atau membuka aplikasi lainnya pada komputer atau laptop terasa berat dan lambat, itu berarti game atau aplikasi yang kalian jalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi dari spesifikasi komputer atau perangkat yang Anda gunakan.

Baca : Pentingnya Memeriksa Spesifikasi Komputer

Usahakan untuk melihat "system requirement" game atau aplikasi tersebut agar bisa membandingkannya dengan kemampuan komputer/laptop kalian.

4. Karena virus

Biasakan untuk selalu mengupdate database antivirus kalian untuk menghindari serangan virus yang bisa memperlambar kinerja komputer atau laptop Anda.

Baca : Cara Penyebaran Virus Dan Cara Mengatasinya

5. Kerusakan pada komponen komputer/laptop

Komputer bisa melambat kinerjanya jika terjadi kerusakan pada komponen tertentu komputer atau laptop, contohnya pada hardisk. Hardisk adalah komponen yang paling peka, Contohnya hardisk bad sector Komputer atau laptop akan terasa lambar jika terjadi kerusakan seperi itu. solusinya adalah mengganti hardisk baru.

Baca : Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Penutup

Itulah sedikit cara mengatasi komputer atau laptop lemot pada window, rawatlah komputer/laptop kalian, jangan sembarang pakai, bersihkan komponen, jangan instal sembarang software, selalu update antivirus secara berkala, update komponen komputer atau laptop dengan komponen yang lebih baik.

Dengan cara seperti itu komputer atau laptop kamu akan bekerja maksimal dan tidak lemot lagi. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke teman kamu yang membutuhkan.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan