Memahami Pengertian, Jenis, Fungsi Hard Disk Drive (HDD)

Mengenal komponen Hard disk mulai dari Pengertian, jenis dan fungsi hard disk driver sebagai penyimpanan data.
Pengertian, Jenis, Fungsi Hard Disk Drive (HDD)

Hard Disk merupakan media simpan data dan sistem operasi atau aplikasi yang dilengkapi alat baca dan tulis yang terpasang tetap (fixed).

Berdasarkan model kabel konektor yang digunakan, Hard Disk di bedakan menjadi dua tipe konektor. Yaitu HDD jenis IDE (Intergrate Drive Electronics) dengan 40 poin, dan HDD jenis SCSI (Small Computer System) dengan 50 poin. Dari kedua jenis hard disk tersebut yang paling populer adalah jenis IDE.

Demikian pula kecepatan transfer datanya ada yang ATA (Advance Technology Attachment) mis ATA/100 dan ATA/133. Adapula yang SATA (Serial Advance Technology Attachment). HDD ATA menggunakan kabel jalur lebar, sedangkan SATA menggunakan kabel halus.

Kapasitas HDD sangat bervariasi mulai dari 20 GB, 40, 80 250 GB dan 1TB bahkan ratusan tera.

Jenis-Jenis Hard Disk Drive (HDD)

Ada berbagai jenis hard disk drive, berikut beberapa jenis nya

Hard Disk IDE

Hard Disk IDE

Hard Dsik ini biasanya dihubungkan ke komputer melalui kabel bus integrate Drive Electronic (IDE). Sebenarnya nama asli hard disk ini adalah ATA (AT Attachment) yang berarti interface awalnya pertama kali dikembangkan oleh perusahaan IBM AT, tetapi dalam perkembangannya mungkin karena dihubungkan dengan socket IDE maka orang lebih mengenalnya dengan HDD IDE.

Hard Disk SATA

Hard Disk SATA

Bisa juga disebut Harddisk serial ATA adalah pengembangan dari ATA tetapi dengan menggunakan jumlah kabel data yang lebih sedikit. Keuntungan utamanya adalah kecepatan transfer data. Demikian pula pada kabel satu dayanya.

Hard Disk SCSI

Hard Disk IDE

Hampir mirip dengan Harddisk IDE tetapi dengan jumlah kabel bus data yang berbeda jumlahnya. Dari segi Controller sebenarnya harddisk jenis ini lebih unggul dari pada jenis IDE karena satu kontroller IDE haya dapat mengontrol dua Drive, sedangkan untuk jenis SCSI satu kontroller dapat mengontrol 8 Drive.

Penutup

Nah itu tadi Pengertian, Jenis, Fungsi Hard Disk Drive (HDD). Semoga artikel ini bermanfaat. Kamu juga bisa share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan.

Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan