Tuesday, 6 March 2018

Arti GApps di Android

Arti GApps di Android - Apa sebenarnya yang dimaksud GApps Android? Bagi sebagian orang yang sering mengutak-ngatik Android mungkin sudah tahu apa itu GApps, tapi tidak sedikit orang yang mungkin kurang paham mengenai hal yang satu ini. Seperti yang disebutkan orang yang sering mengutak atik Android terutama rom pasti bakal menggunakan GApps.

Google Apps atau lebih sering disingkat GApps adalah sebuah aplikasi google yang erat sekali hubungannya dengan os Android pabrikan atau bawaan rom yang memudahkan kalian dalam penggunaan sehari hari.

Gmail, Youtube, Play Store adalah salah satu contoh dari Goolgle Apps dari sekian banyak aplikasi Google, nah Open GApps ini memberikan kemudahan bagi pengguna custom rom agar dapat menggunakan layanan google, karena semua custom rom tidak memiliki lisensi untuk memasukan GApps kedalam rom nya sebagai bloatware. Jadi para pengguna custom rom harus menginstal sendiri Google Apps sebagai sideload.

Arti GAPPS di Android

Apa itu GApps?

Open GApps mengusung tema Open sesuai namanya Google Apps yang sudah di pack oleh Open GApps dapat di pakai di semua custom rom di perangkat android dengan berbagai versi android yang memiliki banyak versi mulai dari Jelly bean sampai dengan lollipop dan versi diatasnya.

Dan sampai saat ini Open GApps sudah banyak disarankan oleh beberapa developer custom rom untuk digunakan karena frekuensi update yang bisa dibilang tiap hari.

Baca : Memahami Perbedaan Upgrade dan Update

Open GApps juga menawarkan banyak varian dari packaging google apps nya, jadi perangkat yang memiliki system space kecil dapat menggunakan google apps juga.

beberapa varian yang diberikan oleh Open GApps antara lain yaitu :

  • Aroma : Dilengkapi Aroma installer yang memungkinkan user untuk memilih aplikasi mana yang akan di instal dalam perangkatnya (size file nya lumayan besar)
  • Super : Packaging ini di peruntukkan untuk user yang ingin mendapatkan semua aplikasi google
  • Stock : Direkomendasikan untuk perangkat android yang baru di luncurkan, varian stock memberikan aplikasi google seperti yang terdapat di perangkat Nexus
  • Full    : Mirip seperti stock tetapi tidak me-replace aplikasi non-google stock apps seperti aplikasi Music dan lainnya
  • Mini   : Pack GApps yang lebih kecil dari Aroma,Super,Stock,dan Full.Berisi aplikasi populer Google ditambah aplikasi fungsional yang tidak terdapat di Play Store
  • Micro : Set GApps yang terbatas hanya berisi Google Calendar, Layanan Google,Search,Text to Speech,Gmail serta Google Now Launcher.
  • Nano : Set GApps yang hanya berisi Google Search dan Layanan Google.
  • Pico  : Set Gapps yang hanya berisi Layanan Google diperuntukkan untuk user yang hanya ingin menggunakan Layanan Google.

Dari semua Set GApps diatas yang paling sering digunakan adalah dari Mini hingga ke Pico untuk perangkat yang memuliki system space yang kecil.

Setidaknya gambaran apa itu gapps diatas sedikit banyaknya akan memberi pengalaman baru untuk anda yang suka mengutak atik (oprek) android. Gapps salah satu hal yang sangat penting selain sistem yang ada dan juga kernel bagi android.

Sekarang kita akan bahas cara instal Open GApps di perangkat kalian.

Cara Install Open GApps

  1. Kalian bisa mendownload salah satu pack dari Open GApps di situs langsung di The Open GApps Project
  2. Setelah itu copy file yang tadi di download kedalam sdcard atau internal.
  3. Masuk kedalam mode recovery (umumnya tekan Tombol Power + Volume UP) *saran saya gunakan Recovery seperti TWRP
  4. Pilih Install zip atau Apply update lalu pilih file Open GApps yang tadi sudah di copy ke sdcard
  5. Tunggu hingga proses selesai.
  6. Done
Secara gambaran lain gapps layaknya Microsoft office bagi windows, layaknya acara tv bagi channel tv, tanpa gapps sebuah android bukanlah hal yang sejenis dengan yang lain.

Contoh saja jika android anda tanpa terpasang google play store lalu apa yang akan dirasakan, bisa saja anda memasang manual, unduh pasang/install lewat browser. Ini akan sedikit merepotkan bagi orang yang tidak pernah mengotak atik Androidnya.

Arti GApps di Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin Inputekno
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments