Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp [Update 2022]

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp Agar Kuota kamu awet.
2 Cara Top Up Saldo Neo+ Lewat BNI

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp - Aplikasi pesan instan memerlukan data internet agar bisa bekerja baik. Tanpa jaringan internet, kita tidak akan dapat mengirim atau menerima pesan berupa teks, gambar, video, atau bahkan melakukan panggilan, hal ini berlaku untuk semua aplikasi pesan instan, termasuk WhatsApp.

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan paling populer saat ini dikarenakan penggunaan whatsapp sangat mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Dengan berbagai fitur yang terus ditambahkan, apalagi fitur dark mode whatsapp yang bebepa bulan lalu sudah dirilis.

Jika kamu pengguna aktif WhatsApp tentu akan membuat kuota data boros, ini dikarenakan chat akan terus berjalan, dan secaran defaultnya whatsapp akan mengunduh data berupa foto, video, dokumen, audio secara otomatis, hal inilah yang akan membuat kuota data internet boros.

Tapi untungnya, aplikasi pesan instan ini dilengkapi dengan fitur khusus untuk menghemat data sehingga kamu bisa lancar berkomunikasi tanpa khawatir boros kuota. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut?

Table of Contents

Cara Menghemat Kuota Internet Saat Menggunakan Whatsapp

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara hemat kuota data whatsapp. Berikut ini terdapat langkah-langkah yang harus kamu atur untuk hemat kuota internet saat menggunakan WhatsApp.

1. Masuk ke setelan whatsapp

setelan whatsapp

Caranya buka aplikasi WhatsApp, kemudian tap menu bagian kanan atas berlogo "titik tiga" dan pilih "setelan"

2. Pilih "Data dan Penyimpanan"

setelan whatsapp

Maka akan muncul tampilan seperti foto diatas dengan beberapa option dimana kamu bisa mengatur penggunaan data sesuai dengan kebutuhan untuk menghemat kuota data whatsapp.

3. Saat Menggunakan Data Seluler

Pada bagian "Unduh Otomatis Media", terdapat pilihan "Saat Menggunakan Data Seluler".

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp

Di pengaturan ini, Anda bisa menghilangkan semua centang agar smartphone tidak mengunduh kiriman berupa foto, audio, video dan dokumen secara otomatis saat menggunakan data internet seluler.

Saat pesan terkirim, nantinya kamu akan diberikan pilihan untuk unduh attachment secara manual dan memilih file apa saja yang diperlukan.

4. Bagian "Saat Terhubung ke Wi-Fi"

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp

Silakan centang semua jenis file yang ingin kamu unduh secara otomatis pada saat smartphone terhubung ke jaringan WiFi, atau kamu juga bisa membatasi beberapa jenis file yang diinginkan.

4. Bagian "Saat Roaming"

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp

Hilangkan semua tanda centang pada bagian ini

4. Bagian "Pengunaan Data Minimum"

Langkah terakhir, silahkan berikan centang pada pilihan "pengunaan data minimum"

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp

Dengan mencentang opsi ini, penggunaan data akan ditekan saat kamu melakukan panggilan telepon atau video di WhatsApp sehingga hemat kuota internet yang kamu inginkan bisa tercapai.

Penjelasan mengenai pengaturan diatas

Saat menggunakan data seluler: disaat data seluler hidup maka whatsapp akan secara otomatis mengunduh beberapa hal seperti, foto, audio, video atau dokumen, nah tentu ini bisa kamu atur sendiri mana yang harus dihilangkan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Saat tersambung ke wifi: Disini saat smartphone kamu terkoneksi dengan wifi maka whatsapp akan secara otomatis mengunduh beberapa file yang sedang berjalan di chattingan whatsapp. Hal ini tentunya tidak akan berpengaruh terhadap kuota seluler, tapi ini akan berpengaruh terhadap penyimpanan internal kamu karena media akan tersimpan secara otomatis. Jadi disanrankan agar melakukan settingan ini juga untuk beberapa opsi.

Penggunaan Data Minimum: Disini merupakan hal yang memang dapat menghemat kuota internet whatsapp kamu yaitu dengan mengaktifkan mode hemat panggilan, dengan mengaktifkan mode ini tentunya akan menghemat data lebih banyak saat sedang melakukan panggilan.

Penutup

Nah itu tadi Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp [Update 2022]. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan