Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp [Update 2020]

Cara Hemat Kuota Internet Data Whastapp

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp - Aplikasi pesan instan memerlukan data internet agar bisa bekerja baik. Tanpa jaringan internet, kita tidak akan dapat mengirim atau menerima pesan berupa teks, gambar, video, atau bahkan melakukan panggilan, hal ini berlaku untuk semua aplikasi pesan instan, termasuk WhatsApp.

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan paling populer saat ini dikarenakan penggunaan whatsapp sangat mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Dengan berbagai fitur yang terus ditambahkan, apalagi fitur dark mode whatsapp yang bebepa bulan lalu sudah dirilis.

Jika kamu pengguna aktif WhatsApp tentu akan membuat kuota data boros, ini dikarenakan chat akan terus berjalan, dan secaran defaultnya whatsapp akan mengunduh data berupa foto, video, dokumen, audio secara otomatis, hal inilah yang akan membuat kuota data internet boros.

Tapi untungnya, aplikasi pesan instan ini dilengkapi dengan fitur khusus untuk menghemat data sehingga kamu bisa lancar berkomunikasi tanpa khawatir boros kuota. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut?

Menghemat Kuota Internet Saat Menggunakan Whatsapp

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara hemat kuota data whatsapp. Berikut ini terdapat langkah-langkah yang harus kamu atur untuk hemat kuota internet saat menggunakan WhatsApp.

1. Pertama, kamu harus masuk kesettingan whatsapp.

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp

Caranya buka aplikasi WhatsApp, kemudian tap menu bagian kanan atas berlogo "titik tiga" dan pilih "setelan".

2. Pada bagian setelan, silahkan pilih "Data dan Penyimpanan". 

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp

Maka akan muncul tampilan seperti foto diatas dengan beberapa option dimana kamu bisa mengatur penggunaan data sesuai dengan kebutuhan untuk menghemat kuota data whatsapp.

Pada bagian "Unduh Otomatis Media", terdapat pilihan "Saat Menggunakan Data Seluler". (Foto dibawah)

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp

Di pengaturan ini, Anda bisa menghilangkan semua centang agar smartphone tidak mengunduh kiriman berupa foto, audio, video dan dokumen secara otomatis saat menggunakan data internet seluler.

Saat pesan terkirim, nantinya kamu akan diberikan pilihan untuk unduh attachment secara manual dan memilih file apa saja yang diperlukan.

Selanjutnya, pada bagian "Saat Terhubung ke Wi-Fi". (Gambar dibawah)

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp

Silakan centang semua jenis file yang ingin kamu unduh secara otomatis pada saat smartphone terhubung ke jaringan WiFi, atau kamu juga bisa membatasi beberapa jenis file yang diinginkan.

Lalu di pilihan "Saat Roaming", hilangkan semua tanda centang. (Gambar dibawah)

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp

Langkah terakhir, silahkan berikan centang pada pilihan "pengunaan data minimum". (Foto dibawah)

Cara Hemat Kuota Internet Data WhastApp

Dengan mencentang opsi ini, penggunaan data akan ditekan saat kamu melakukan panggilan telepon atau video di WhatsApp sehingga hemat kuota internet yang kamu inginkan bisa tercapai.

Penjelasan mengenai pengaturan diatas

Saat menggunakan data seluler: disaat data seluler hidup maka whatsapp akan secara otomatis mengunduh beberapa hal seperti, foto, audio, video atau dokumen, nah tentu ini bisa kamu atur sendiri mana yang harus dihilangkan sesuai dengan kebutuhan kamu.


Saat tersambung  ke wifi: Disini saat smartphone kamu terkoneksi dengan wifi maka whatsapp akan secara otomatis mengunduh beberapa file yang sedang berjalan di chattingan whatsapp. Hal ini tentunya tidak akan berpengaruh terhadap kuota seluler, tapi ini akan berpengaruh terhadap penyimpanan internal kamu karena media akan tersimpan secara otomatis. Jadi disanrankan agar melakukan settingan ini juga untuk beberapa opsi.

Penggunaan Data Minimum: Disini merupakan hal yang memang dapat menghemat kuota internet whatsapp kamu yaitu dengan mengaktifkan mode hemat panggilan, dengan mengaktifkan mode ini tentunya akan menghemat data lebih banyak saat sedang melakukan panggilan.

Penutup

Nah itu tadi mungkin beberap tips yang bisa saya berikan untuk membantu kamu yang ingin menghemat kuota whatsapp lebih banyak, dan bagi kamu yang memang sering mengalami boros kuota whatsapp kalian dapat lebih menghemat kuota internet dengan cara diatas.

Baca juga