Data ini Sering Diintip Pihak Lain Saat Kita Browsing

Ada beberapa data yang akan diintip pihak lain ketika aktifitas browsing maupun bersosial media dilakukan. Kok bisa? ini penjelasannya
Data ini Sering Diintip Pihak Lain Saat Kita Browsing

Data ini Sering Diintip Pihak Lain Saat Kita Browsing - Istilah browsing atau berselancar di dunia maya sudah menjadi kebutuhan yang penting saat ini bagi sebagian pengguna gadget. Padahal tahukah kamu, ada beberapa data yang akan diintip pihak lain ketika aktifitas browsing maupun bersosial media dilakukan.

Kok bisa? tentu bisa. Lalu data apa yang bisa diintip maupun dicuri informasinya oleh pihak lain? Berikut ini adalah data pribadi yang bisa diIntip maupun dicuri pihak lain saat browsing.

Table of Contents

Data Perangkat Keras (Hardware)

Data Perangkat Keras (Hardware)

Ketika kamu mulai membuka Browser maka mesin pencari default Browser akan melakukan tugasnya untuk mencari tahu informasi hardware yang kamu gunakan.

Hardware apa saja yang bisa dicuri datanya oleh pihak lain disini? Semua spesifikasi perangkat yang kamu gunakan saat itu, misalnya saat itu kamu menggunakan android untuk browsing menggunakan Browser Chrome, saat itu pula server chrome akan mencari informasi detail perangkat android yang kamu gunakan untuk dicatat di server mereka.

Spesifikasi seperti OS yang digunakan, Processor, Manufactur Ponsel dan lain sebagainya bisa dideteksi secara mudah oleh pihak Browser.

Data perangkat tersebut bisa digunakan oleh pengembang peramban untuk menentukan statistik pengguna dan keperluan lain.

Lokasi Pengguna

Lokasi Pengguna

Lokasi kamu bisa dimonitor oleh pihak lain ketika melakukan browsing atau masuk ke situs tertentu.

Umumnya ketika kamu pertama kali menggunakan perangkat ponsel pintar, akan ada notifikasi yang menyatakan apakah kamu ingin mengaktifkan pelacakan lokasi atau tidak.

Disitulah pintu masuk beberapa penyedia layanan, seperti Browser, Google dan pihak tertentu bisa mengetahui detail lokasi kamu meskipun berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain.

Namun bagi kamu yang ingin menonaktifkan mode pelacakan lokasi maka bisa melakukan disable setting lokasi di pengaturan ponsel kamu secara manual.

Riwayat Penjelajahan

Riwayat Penjelajahan

Apapun yang kamu lakukan ketika browsing akan terlacak oleh server penyedia layanan maupun di pihak server mesin pencari.

Mungkin kamu pernah memanfaatkan mesin pencari atau social media untuk mencari produk maupun artikel tertentu ?, nah nantinya riwayat pencarian yang pernah kamu lakukan akan digunakan oleh penyedia konten seperti iklan dan lainnya sebagai alat promosi maupun pengumpulan data statistik kebiasaan pengguna.

Misal, kamu sering mencari di browser dengan kata kunci ponsel samsung, maka ketika berkunjung ke situs atau social media yang muncul iklan yang relevan seperti jualan samsung maupun gadget sejenis.

Jaringan Internet

Jaringan Internet

Jaringan data Internet yang kamu gunakan juga akan tercatat secara realtime oleh pihak lain tanpa kamu bisa mengetahuinya.

Hal ini sudah umum dilakukan oleh penyedia layanan seperti Google, Yahoo, Bing dan penyedia konten Internet untuk melakukan pelacakan Provider jaringan apa yang digunakan.

Data Pribadi

Data Pribadi

Rata-rata dari ke-empat data diatas tidaklah merugikan pengguna yang sedang melakukan aktifitas browsing. Namun adakalanya ketika user masuk ke situs tertentu maka akan ada celah bagi penyusup untuk membuat kamu lengah dan mencuri data pribadi seperti akun, password, data Pribadi sosial media dan lain sebagainya tanpa kamu sadari.

Biasanya modus pencurian data pribadi seringkali melalui sebuah tautan Hyperlink, Dimana pengguna yang terlanjur melakukan klik terhadap Link aktif yang terkesan menarik untuk dikunjungi ternyata mengarahkan pengguna untuk membuka akses keamanan perangkat sehingga tanpa sepengetahuan pemilik si penyususp aan ddengan mudah melihat aktifitas, mengambil data, mengambil alih akun dan sebagainya.

Jadi berhati-hatilah dalam masuk ke link aktif yang ada di beberapa situs maupun sosial media, Lebih baik kunjungi situs yang sudah terkenal keamanannya.

Penutup

Nah itu tadi Data ini Sering Diintip Pihak Lain Saat Kita Browsing. Dari Ulasan beberapa jenis data yang bisa dicuri dan diintip pihak lain diatas semoga dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang sering melakukan browsing di internet.

Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan