Cara Mudah Mengambil Screenshot Layar Komputer atau Laptop

Cara Mudah Mengambil Screenshot Layar Komputer atau Laptop menggunakan Snipping Tools atau Shortcut Keyboard
Cara Mudah Mengambil Screenshot Layar Pada Komputer atau Laptop

Cara Mudah Mengambil Screenshot Layar Komputer atau Laptop - Banyak sekali cara untuk mengambil screenshot atau screen capture layar pada komputer atau laptop, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Light Shot dan lain sebagainya.

Tapi apa jadinya jika komputer atau laptop Anda tidak memadai untuk menginstal aplikasi pihak ketiga yang mungkin akan memakan penyimpan memori? Pasrah dengan kenyataan atau memang ada cara lain?

Anda tidak perlu mendownload aplikasi tersebut untuk bisa mengambil gambar hasil screenshot pada komputer atau laptop. Anda hanya tinggal memanfaatkan Aplikasi bawaan yang sudah tersedia seperti pada sistem operasi windows.

Table of Contents

Membuat screenshot menggunakan Aplikasi "Snipping Tool"

Snipping merupakan Aplikasi yang disediakan oleh windows yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot. Dengan adanya aplikasi ini user dengan pengguna sistem windows bisa mengambil screenshot pada area yang di inginkan.

Caranya menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah, buka atau lihat area bagian mana yang ingin Anda ambil screenshotnya dilayar komputer atau laptop Anda.

Kemudian buka aplikasi "Snipping Tool"

Start Windows > All Programs > Accessories > Snipping Tool

Tentukan bagian mana yang ingin kamu capture, jika sudah akan terlihat gambar seperti ini.

Cara Screenshot Layar Komputer atau Laptop

Di bagian ini juga kamu bisa mengedit gambar hasil screenshot sesuka kamu, lalu save.

Membuat screenshot menggunakan Tombol "Prt Sc"

Selain menggunakan cara diatas tadi, Anda juga bisa menggunakan tombol pada keyboard "Prt Sc".

Cara ini adalah cara yang sangat mudah untuk mengambil screenshot laya komputer atau laptop, haya perlu menekan tombol Ctrl + Prt Sc / fn + PrtSc secara bersamaan pada keyboard atau bisa juga langsung menekan 'Prt Sc'.

Jika sudah kamu tinggal membuka aplikasi paint Start Windows - All Programs > Accesories > Paint yang sudah tersedia di windows. Jika aplikasi sudah terbuka sekarang tinggal menekan tombol Ctrl+V untuk mempastekan gambar hasil screenshot pada aplikasi ini.

Cara Screenshot Layar Komputer atau Laptop

Dibagian ini juga kamu bisa mengedit gambarnya seperti memotong (Crop) untuk mengambil yang diperlukan saja atau resize untuk mengatur ukurannya atau juga tergantung sesuai kebutuhan kamu.

Penutup

Nah itu tadi Cara Mudah Mengambil Screenshot Layar Pada Komputer atau Laptop Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan