Cara Mengulang Judul Kolom Excel Agar Selalu Tercetak Disetiap Halaman

Cara Mengulang Judul Kolom Excel Agar Selalu Tercetak Disetiap Halaman - Tips excel ini akan sangat dibutuhkan ketika sedang bekerja dengan tabel excel yang sangat besar. Tabel dengan baris yang banyak sehingga mencapai beberapa halaman sekaligus.

Ketika kita membuat tabel dengan jumlah baris mencapai ratusan. Tentu saja memerlukan beberapa halaman excel. Ketika judul tabel hanya terdapat di halaman pertama, akan sangat  membingungkan bagi pembaca untuk memahami tabel di halaman kedua dan seterusnya.

Berbeda jika di setiap awal halaman terdapat judul tabel. Tetapi jika judul tabel tersebut harus dibuat secara manual tentu akan menjadi pekerjaan yang merepotkan dan memakan waktu yang lama.

Nah, kali ini saya akan mencoba berbagi tips microsoft excel tentang bagaimana membuat sebuah tabel yang panjang akan memiliki judul tabel yang secara otomatis di setiap awal halaman ms excel secara otomatis. Cara ini sangatlah senderhana, tidak hanya itu tips yang bisa dikerjakan di semua versi excel 2007, 2010, maupun 2013 ini cukup gampang.

Membuat Judul Tabel Berulang di Tiap Halaman Ms Excel


Sebelumnya, alahkah baiknya jika Anda memang sudah menyiapkan tabel yang dimaksud atau tabel hasil kerja Anda. Setelah tabel yang dimaksud jadi, lakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Langkah awal ialah silahkan buka lembar kerja ms excel Anda yang ingin judul tetap terlihat ketika di print, dalam tutorial ini, contoh saya akan mengulang judul yang terdapat pada kolom 1 s/d 4 (sesuaikan dengan lembar kerjamu)

Setelah itu, pilih menu Page Layout >> Print Titles, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini

Membuat-Judul-Tabel-Berulang-di-Tiap-Halaman-Ms-Excel

2. Pada bagian Print Titles, terdapat dua pilihan, yaitu :
Rows to repeat at top : untuk membuat baris berulang pada bagian atas setiap halaman.
Columns to repeat at left : untuk membuat kolom berulang pada bagian kiri setiap halaman.

3. Karena pada contoh kali ini saya ingin membuat judul baris berulang di setiap atas halaman ms excel, maka saya pilih tanda panah yang ada pada Rows to repeat at top, lalu seleksi kolom judul yang di inginkan, misal contoh kali ini saya memilih baris 1 s/d 4 sebagai judulnya yang ingin di ulang-ulang di setiap halaman ketika di cetak, maka seperti ini

Membuat-Judul-Tabel-Berulang-di-Tiap-Halaman-Ms-Excel

4. Jika sudah yakin klik tombol OK, atau untuk melihat langsung hasilnya klik print preview, maka judul tabel akan otomatis terdapat di setiap halaman, seberapa panjang pun tabel di lembar kerja excel Anda.

Membuat-Judul-Tabel-Berulang-di-Tiap-Halaman-Ms-Excel

Selesai. Itu tadi Cara Mengulang Judul Kolom Excel Agar Selalu Tercetak Disetiap Halaman yang perlu kamu ketahui, jika artikel ini bermanfaat mohon bantu share dan terimakasih sudah berkunjung pada blog sederhana ini.

Source : Membuat judul tabel berulang ditiap halaman ms excel - rulnoveid

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel