Cara Menemukan Duplikat Data di Excel

Cara Menemukan Duplikat Data di Excel Dengan Fitur Conditional Formatting.
Cara Menemukan Duplikat Data di Excel

Cara Menemukan Duplikat Data di Excel - Mengelolah data menggunakan excel memang sangat mudah, kita bisa mengolah berbagai data dengan bantuan rumus excel yang sudah di sediakan dan juga berbagai fitur excel untuk memudahkan mengelola data.

Seperti salah satu fitur Excel Conditional Formatting, dengan fitur tersebut kamu bisa mengetahui data duplikat yang ada pada data kamu. Tentu saja fungsi fitur ini sangat berguna jika kamu memiliki banyak input data seperti daftar hadir atau daftar anggota.

Meskipun terkadang data duplikat berguna, tetapi disisi lain jika tidak diperlukan justru hanya akan mempersulit memahami data. Nah, untuk itu menggunakan Conditional Formatting untuk menemukan dan menyorot data duplikat. Dengan begitu kamu bisa meninjau duplikat dan memutuskan jika ingin menghapusnya.

Table of Contents

Cara Menemukan Duplikat Data di Excel

Lalu bagaimana cara menemukan duplikat data dengan fitur Conditional Formating? Kamu bisa mengikuti panduan langkah demi langkah berikut ini.

Sebagai contoh disini saya memiliki data berupa data anggota dengan kolom judul No, Nama Anggota, User ID dan Alamat. Dalam kasus ini kita akan mencari data duplikat berdasarkan Nama Anggota. maka langkahnya seperti berikut :

Langkah #1 : Seleksi data yang ingin kita cari data duplikatnya

Menemukan Duplikat Data di Excel

Karena data Nama Anggota saya berada di kolom D maka sorot semua Sel kolom D dengan cara Klik Sel Kolom D agar langsung tersorot

Langkah #2 : Mengaktifkan Conditional Formatting Duplikat

Menemukan Duplikat Data di Excel

Setelah data kamu seleksi lalu klik Menu Home > Conditional Formatting > Highlights Cells Rules > Duplicate Values...

Langkah #3 : Muncul Kotak Dialog Duplicate Values

Menemukan Duplikat Data di Excel

Tentukan format sel yang kamu inginkan dengan memilih warna highlight untuk menandai data duplikat, Jika sudah Klik "OK"

Langkah #4 : Conditional Formatting Aktif

Sekarang kamu akan melihat data duplikat secara otomatis yang berwarna merah seperti gambar berikut

Menemukan Duplikat Data di Excel

Selanjutnya jika kamu sudah menentukan duplikat data kamu bisa menentukan aksi yang akan kamu lakukan, seperti menghapus salah satu data duplikat atau merubahnya.

Penutup

Nah itu tadi trik Cara Menemukan Duplikat Data di Excel. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan