5 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Web

Berikut adalah Text editor terbaik yang dapat digunakan untuk penulisan kode pemrpgraman web.
5 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Web - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah tools coding untuk menulis kode pemprograman web, tapi sebelum masuk ke inti pembahasan saya akan jelaskan sedikit apa itu text editor? Tentunya Sebelum mulai menuliskan kode programan web seperti HTML dan CSS, kita harus memilih text editor yang ingin digunakan untuk menuliskan kode tersebut terlebih dahulu.

Text editor merupakan aplikasi yang digunakan untuk menulis syntax atau kode pemograman, khususnya untuk menuliskan kode Program web HTML, CSS, PHP, JavaSript itu sendiri. Tools coding Text editor itu sendiri sangatlah banyak yang bisa digunakan untuk penulisan kode program web.

Contohnya seperti Notepad yang telah di sediakan secara default oleh Windows. Text editor yang disediakan oleh sistem operasi Mac dan Nano yang disediakan oleh Linux. Perlu diketahui bahwa Text editor berbeda dengan Word Processor (Microsoft word, king soft, Word Perfect). Itu dikarenakan text editor tidak bisa digunakan untuk mengatur format dokumen serta tidak disediakan fitur-fitur yang bisa digunakan untuk Desktop publishing.

Browser juga merupakan aplikasi yang kita gunakan untuk menjalankan kode program web yang sudah kita ketik. Browser ini ialah syarat yang harus kamu penuhi jika kamu ingin belajar web programming. Tentunya kita bisa menggunakan browser yang sudah disediakan oleh sistem operasi secara langsung contohnya IE (Internet Explorer), atau aplikasi browser terbaik lainnya seperti Google Chrom, Mozila firefox, Opera dan sebagainya.

Table of Contents

5 Text Editor Terbaik Untuk Coding Pemrograman Web

Oke, kita masuk pada pembahasan artikel ini. Berikut adalah Text editor terbaik yang dapat digunakan untuk penulisan kode pemrpgraman web untuk yang ingin mempelajarinya. Tentunya list yang saya bagikan dibawah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi sesuaikan dengan kebutuhan.

1. Sublime text

5-Text-Editor-Terbaik-Untuk-Pemrograman-Web

Yang pertama yaitu Sublime text. Sublime text adalah text editor yang paling banyak digunakan oleh programmer. Text editor ini memiliki tampilan yang elegan, yang khas dengan warna kecoklatannya, text editor ini tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Untuk kamu yang ingin menggunakan sublime bisa di download dari situs resminya, yaitu https://www.sublimetext.com

2. Notepad ++

5-Text-Editor-Terbaik-Untuk-Pemrograman-Web

Text editor ini bisa digunakan di windows dan Free licenses (dalam artian bebas digunakan tanpa biaya). Text editor memiliki ciri khas tersendiri dan banyak fitur fitur yang bisa diinstal di text editor ini. Saya sendiri menggunakan text editor notepad++ ini karena tampilan yang simpel dan ringan, Jadi buat kamu yang ingin memakai text editor ini bisa di download di situs resminya yaitu https://notepad-plus-plus.org/.

3. ATOM

5-Text-Editor-Terbaik-Untuk-Pemrograman-Web

Salah satu text editor favorit saya yaitu ATOM, Text editor ini hampir sama dengan sublime namun text ini agak sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan sublime text. Text editor ini digunakan oleh platform Mac, Windows, dan Linux. Kalau kamu ingin menggunakan text editor ini bisa di download di https://atom.io/.

4. Brackets

5-Text-Editor-Terbaik-Untuk-Pemrograman-Web

Text editor ini memiliki kriteria sendiri dan hampir sama dengan ATOM. Text editor ini bisa di gunakan untuk Platform Mac, Windows, dan Linux. Bagi kamu yang ingin mendownloadnya bisa langsung mengunjungi situs resminya di https://brackets.io/.

5. Netbeans

5-Text-Editor-Terbaik-Untuk-Pemrograman-Web

Text editor ini merupakan salah satu favorit programmer. Namun text editor ini bisa di kategorikan lebih berat dari text editor lain yang disebutkan diatas. Kemudahan text editor ini adalah tampilan kode program yang di tulis lebih rapi. Untuk kamu yang ingin menggunakan text editor ini bisa langsung ke situs resmi nya di https://netbeans.org/.

Penutup

Nah itu tadi list text editor terbaik yang bisa digunakan untuk menuliskan kode pemrograman web. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan