-->

Cara Lengkap Mendaftarkan Blog di Google News

Cara Lengkap Mendaftarkan Blog di Google News

Cara Mudah Daftar Google News untuk Blog - Google news adalah layanan kompilasi berita yang di kelola oleh google dengan cara mengumpulkan berbagai artikel dari situs-situs lain yang kemudian ditampilan kepada pengunjung dihalaman Google News dengan kategori tertentu.

Bagi pengelola blog atau situs-situs berita kehadiran Google News menjadi layanan yang menguntungkan, karena bisa menjadi sumber trafik yang sangat besar dari sebelumnya yang hanya memanfaatkan pencarian. Dengan begitu pengunjung akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Tapi untuk bisa menampilkan blog di Google news tentunya memerlukan beberapa kriteria dan persyaratan yang harus diperhatikan salah satunya konten yang orisinil, blog harus aktif dan lain sebagainya . Nah di artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mendaftarkan blog ke google news.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google News

Ada banyak manfaat ketika blog berhasil di daftarkan di Google news, salah satu nya seperti yang saya sebutkan di atas, yaitu meningkatkan trafik organik blog, meningkatkan penghasilan Adsense karena trafik organik memiliki nilai tinggi untuk Adsense dan artikel cepat terindeks oleh mesin pencarian.

Meski memiliki manfaat yang besar, tapi untuk bisa mendaftar blog ke google berita ini sangat ketat, yaitu harus memenuhi kriteria terntentu salah satu yang sering diulas oleh orang lain yaitu harus memiliki banyak penulis, dan aktif mempublikasikan artikel, karena memang konten berita harus update setiap saat.

Tapi ketika saya coba mendaftarkan blog ini ke Google news ternyata berhasil melewati tahap review dan disetujui, kamu bisa coba cek halaman google news inputekno. Jadi buat kamu yang memiliki blog dengan domain TLD yang dibuat menggunakan Blogger atau WordPress sekalipun masih bisa mendaftar blog nya ke Google News dengan memperhatikan beberapa syarat berikut meski memang sifatnya tidak wajib tapi bisa menjadi nilai plus agar lebih cepat disetujui.

Syarat Blog Agar di Terima Google News

1. Kepemilikan Blog/ Website Jelas

Sebelum mendaftarkan blog ke Google news, hal yang harus diperhatikan yaitu blog harus sudah terverifikasi di Google webmaster, dengan begitu kepemilikan blog akan jelas dimata google. Ini merupakan syarat penting, jadi buat kamu yang belum melakukan verifikasi di webmaster google silakan verifikasi terlebih dahulu.

2. Domain Harus TLD (Top Level Domain)

Menggunakan domain TLD merupakan hal yang harus diperhatikan, dengan begitu nilai kepercayaan akan meningkat karena biasanya blog dengan top level domain memiliki tingkat keseriusan dalam pengelolaan nya.

Tapi tidak ada salahnya blog dengan domain gratisan seperti . blogspot atau . wordpress bisa dicoba, karena ketika saya coba baca-baca di artikel lain, ada banyak yang mencobanya dan berhasil, meski sedikit kemungkinan asalkan "sing penting yakin."

3. Konten Orisinil dan Lengkap

Point ini mungkin sudah tidak perlu dijelaskan, karena blog dengan konten yang orisinil dan lengkap disertai dengan elemen visual seperti gambar atau video akan menjadi nilai plus.

4. Tampilan Antarmuka Blog dan Kelengkapan Navigasi

Tampilan blog juga harus diperhatikan agar pengunjung bisa merasa nyaman saat membaca dari berbagai device, tidak hanya itu kelengkapan navigasi seperti disclaimer, kontak, tos, tentang dan sitemap juga menjadi faktor penting selain desain blog.

Langkah Mendaftarkan Blog ke Google News 2020

Setelah memperhatikan persyaratan diatas tadi agar lebih mudah diterima, berikutnya yaitu mendaftarkan blog ke Google News.

1. Dasboard Publisher Google News

Pertama pergi ke layanan Publisher Center Google, kemudian akan nampak laman dasboard seperti gambar berikut > kemudian Klik "Tambah Publikasi".

Dashboard Publisher Center Google

Kemudian akan muncul pop up jendela dimana kamu harus mengisi nama publikasi, Isi dengan Judul Blog kamu dan jika sudah klik simapan.

Dashboard Publisher Center Google
 

2. Mengisi Formulir Umum Google News

Sekarang kamu harus mengisi formulir pada bagian umum dengan benar sesuai dengan blog kamu, mulai dari Informasi dasar seperti Deskripsi, kategori, bahasa, URL Blog dan sebagainya. Untuk detailnya bisa lihat tabel dibawah. Jika sudah selesai klik "Berikutnya" untuk ke tahap berikutnya.
 
Proses daftarkan blog di Google News

Formulir Keterangan
Deskripsi Isi dengan Deskripsi Blog Kamu
Kategori Silakan pilih Kategori yang sesuai dengan Blog kamu
Bahasa Pilih bahasa sesuai dengan Blog kamu (Misal: Indonesia) dan Centang Kotak dibawahnya
URL Properti Situs Isi dengan Alamat blog kamu (Misal: https://www.inputekno.com/ atau domain root inputekno.com)
Lokasi Pilih Indonesia
Kontak Isi dengan alamat email kamu dan centang Opsi dibawah nya, Kamu juga bisa menambahkan kontak lehih dari satu
Distribusi
  • Negara : Biarkan saja secara default dengan tetap memilih "Seluruh negara".
  • dan Properti Google pilih dengan mengijinkan seluruh Properti
  • Pelacakan Isi dengan ID pelacakan Google Analytics Blog kamu

    Catatan : Pada saat memasukan URL Blog, kamu akan melihat info domain belum di verifikasi, untuk mengatasinya hanya tinggal Klik "Verifikasi dalam Search Console" maka status domain akan berubah menjadi terverifikasi.
     
    Verifikasi situs pada saat daftar Google News

    Jika kamu daftar Google News menggunakan akun email yang digunakan juga untuk Google Console maka secara otomatis akan terverifikasi, tapi jika beda email biasanya akan diarahkan ke Search Console untuk menambahkan kepemilikan agar terverifikasi.

    3. Mengisi Tab Konten Google News

    Pada tab Konten, kamu diharuskan mengisi alamat feed blog di menu rubik > Klik Rubik baru > Pilih Feed > Kemudian isi formulir tersebut sesuai dengan blog kamu.

    Proses daftarkan blog di Google News

    Pada bagian Judul rubik isi dengan nama blog kamu, dan kolom URL Feed RSS atau atom isi dengan alamat feed kamu, contohnya seperti berikut

    
    https://www.inputekno.com/feeds/posts/default?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
    

    Dan untuk akses lihat pilih "siapa saja", dan opsi feed pilih "Buat artikel langsung dari feed dan Crawl". Kemudian untuk preferensi rendering pilih "Gunakan konten Feed" atau jika blog kamu mendukung AMP pilih "Gunakan AMP". Jika sudah kemudian klik Tambahkan. Maka akan nampak seperti gambar berikut.

    Proses daftarkan blog di Google News

    Untuk konten label, jika tidak bisa disi coba kamu isi terlebih dahulu verifikasi kepemilikan URL dengan cara Klik "Konten sumber baru" kemudian masukan domain blog kamu (contoh: inputekno.com) > Klik Tambah > Kemudian klik verifikasi, Jika sudah save terlebih dahuli draf dengan cara Klik "Save" kemudian Refresh browser.

    Jika sudah Tab Tab konten akan bisa di isi, Klik "Tambah Label Baru" kemudian isi URL dengan alamat Feed URL label blog kamu dan isi Type Label dengan Blog.

    
    https://www.domainbloganda.com/feeds/posts/default
    

    Proses daftarkan blog di Google News

    Jika sudah dirasa lengkap dan sesuai tidak ada yang salah, kemudian klik berikutnya untuk ke tahap selanjutnya.

    4. Menyiapkan Logo Blog di Google News

    Pada tab gambar ini, jika belum memiliki logo kamu diharuskan menyiapkan logo blog kamu terlebih dahulu kemudian upload dengan cara Klik "Tambahan Logo Persegi".

    Logo diharuskan memiliki format PNG atau JPEG dengan dimensi 1000x1000 Pixel atau 512x512 pixel untuk logo persegi.

    Proses daftarkan blog di Google News

    Untuk Logo lebar kamu bisa biarkan kosong atau bisa kamu isi jika memiliki logo dengan dimensi lebar. Tergantung kebutuhan kamu. Tapi disini saya membiarkan nya kosong terlebih dahulu. Jika dirasa sudah, kemudian Klik "Berikutnya" untuk melanjutkan.

    5. Setting tab Ads atau Iklan

    Jika kamu sudah memiliki Google Adsense, kamu bisa memasukan ID Penanyangan Adsen kamu di tab ini dengan cara klik kolom yang disediakan dan untuk iklan yang dikelola oleh Google biarkan saja secara default.

    Proses daftarkan blog di Google News

    Jika kamu belum memiliki google adsense kamu bisa melewati langkah ini dengan cara Klik "Berikutnya".

    6. Setting Tab Lanjutan/ Advanced

    Dimenu ini kamu bisa melewatinya dan biarkan setingan secara default.

    7. Tab Menu Review dan Publikasi

    Ini meruapakan tahap akhir untuk mendaftarkan blog ke google news, jika semua settingan di tab sebelumnya sudah dirasa cukup kamu bisa Klik "Simpan" kemudian Klik "Tinjau".
     
    Proses daftarkan blog di Google News

    Lalu akan muncul pop up persyaratan layanan isi semua kolom sesuai dengan data kamu kemudian Klik "Kirim".

    Proses Review blog di Google News

    Jika sudah akan muncul tombol "Publikasikan", Klik untuk mengirimkan permintaan peninjauan, jika sudah akan muncul pop up pemberitahuan bahwa dimana proses review memerlukan waktu kurang lebih 2-4 minggu dan statusnya akan menjadi "Sedang ditinjau" seperti berikut.
     
    Proses Review Blog di Google News

    Dalam pengalaman saya mendaftarkan blog inputekno ke google news hanya memerlukan 4 hari dalam tahap review, tapi waktu ini bisa saja berbeda untuk setiap Blog nya. Jika blog berhasil melewati proses review dan sudah diterima di Google News maka statusnya berubah menjadi "Tayang/Live".
     
    Blog disetujui tampil di Google News

    Penutup

    Itu tadi ulasan dan tutorial mendaftarkan blog ke Google News agar berhasil diterima, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu langkah demi langkahnya untuk bisa menayangkan blog di Google News.

    Jika kamu gagal dalam tahap review, kamu bisa melakukan perbaikan blog sesuai dengan persyaratan dan kentuan Google News agar berhasil diterima, setelah itu lakukan pengajuan ulang untuk di tinjau.

    Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang sedang mencari cara bagaimana mendaftarkan blog di Google News dan Jangan lupa follow inputekno di Google news untuk mendapatkan update menarik dari Blog ini.

    Anda mungkin menyukai postingan ini