5 Aplikasi Virtual Machine Populer Gratis & Berbayar

Berikut adalah daftar aplikasi Virtual Machine popular, baik yang dapat digunakan secara gratis dan berbayar

5 Aplikasi Virtual Machine Populer - Virtual Machine atau perangkat lunak VM digunakan untuk menjalankan sebuah sistem operasi komputer secara virtual di dalam sistem operasi utama.

Aplikasi ini sering dimanfaatkan sebagai alternatif untuk menguji sebuah aplikasi dilingkup desktop yang berbeda atau menjalankan dua sistem operasi tanpa harus melalukan dual boot.

Selain VirtualBox, masih banyak rekomendasi aplikasi virtual machine populer yang dapat digunakan gratis ataupun berbayar di Laptop atau PC.

Table of Contents

5 Aplikasi Virtual Machine Populer

Berikut adalah daftar aplikasi VM popular, baik yang dapat digunakan secara gratis dan berbayar :

VirtualBox

VirtualBox

Dikembangkan oleh Oracle, VirtualBox dapat diunduh dan digunakan secara gratis karena bersifat open soruce di bawah GNU General Public License (GPL).

VirtualBox merupakan aplikasi Virtual Machine paling populer dan banyak digunakan di dunia karena dukungan ekstensi fitur yang lengkap. Seperti koneksi remote desktop, dukungan perangkat USB, serta mampu melakukan booting jaringan.

Aplikasi ini dapat menjalankan berbagai sistem operasi Windows, Linux dan MacOS.

VMWare Workstation Player

VMWare Workstation Player merupakan aplikasi virtual machine versi gratis untuk penggunaan non-komersial, pribadi, dan rumah, disediakan oleh VMware, Inc.

WMWare Player menjadi aplikasi Virtual Machine banyak direkomendasikan selain virtualbox. Workstation Player adalah salah satu solusi paling matang dan stabil untuk virtualisasi desktop.

Dari segi performa VMWare Player lebih unggul ketimbang virtualbox, aplikasi ini dapat berjalan dengan lebih stabil dan cepat.

Aplikasi ini dapat menjalankan berbagai sistem operasi Windows, Linux dan MacOS.

QEMU

Quick Emulator sering disingkat QEMU adalah emulator virtual open source yang mendukung virtualisasi cepat. QEMU merupakan perangkat lunak gratis dan open source yang dikembangkan oleh Fabrice Bellard.

Mendukung sistem operasi apa pun, pada arsitektur apa pun yang didukung. QEMU dapat mem-boot banyak sistem operasi, termasuk Linux, Solaris, Microsoft Windows, DOS, dan BSD.

Hyper-V

Hyper-V merupakan aplikasi virtualisasi gratis yang populer dari Microsoft. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat mesin virtual untuk dijalankan secara mandiri.

Meski hanya dapat dijalankan pada sistem operasi windows tapi Aplikasi VM gratis ini mendukung virtualisasi berbagai sistem operasi termasuk FreeBSD, Windows, dan Linux.

Red Hat Virtualization

Red Hat Virtualization adalah aplikasi virtualisasi profesional dikembangkan oleh Red Hat Software. Aplikasi ini dapat menjalankan berbagai lingkungan virtual pada OS Windows dan Linux.

Aplikasi ini cukup ringan sehingga dapat menjalankan sumber daya, proses, dan aplikasi dengan stabil. Red Hat Virtualization bersifat open source dan dapat digunakan secara gratis.

Penutup

Nah itu tadi 56 Aplikasi Virtual Machine Populer Gratis dan Berbayar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Kamu juga bisa share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan.

#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan