Linux atau Window? Mana Sistem Operasi yang Lebih baik?

- Juni 17, 2019
Windows-vs-linux-mana-yang-baik

Linux atau Window? Mana Sistem Operasi yang Lebih baik?
Sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) yang sering disebut “tools atau utility” berupa aplikasi user sehingga memudahkan dan membuat nyamaan penggunaan ketika memanfaatan sumber-daya sistem komputer tersebut.

Fungsi dasar dari sistem operasi yaitu menjembatani hubungan antara hardware dan program aplikasi yang dijalankan user. Mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh user dan berbagai program aplikasi (Resource allocator). Manajer sumberdaya hardware, seperti mengatur memori, printer, cdrom, dll.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Sistem Operasi Secara Umum

Berbicara mengenai sistem operasi, tentu saja ada dua jenis sistem operasi yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai pengguna komputer. Dua sistem operasi itu adalah Linux dan Windows. Mungkin sebagian besar dari kamu sudah tahu dengan kedua sistem operasi ini bukan?

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux dan Window [ Penjelasan Lengkap ]


Apakah kamu tahu dari kedua sistem operasi tersebut mana yang paling memiliki keunggulan lebih baik? Sistem Operasi Linux maupun Windows pada dasarnya tentu semua sistem operasi tersebut memiliki kelebihan maupun kekurangan tersendiri.

Lisensi Open Source dan Close Source


Windows-vs-linux-mana-yang-baik

Salah satunya perbedaan dari kedua sistem operasi ini yaitu dari lisensi yang berbeda. Sistem operasi Linux memiliki Lisensi Open Source (terbuka), sedangkan windows close source (tertutup). Tentu saja jika dilihat dari lisensi penggunaan Linux yang paling unggul karena dapat dengan mudah mengkustomisasi sistem operasi tersebut tanpa harus mengeluarkan uang. Berbeda denga Windows yang harus mebayar lisensi resmi terlebih dahulu untuk dapat merubah tampilan, upgrade dan lain sebagainya.

Baca : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Open Source dan Close Source

Jika kamu hanya pengguna komputer sebatas pengoprasian keperluan kerja kantoran tentu saja perbedaan Open Source dan Close Source tidaklah penting. Tapi berbeda jika kamu seorang ahli IT Profesional yang memerlukan kostumisasi sesuai kebutuhan mereka tentu akan memilih Linux sebagai Sistem Operasinya, karena tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk hal tersebut.

Paket Software


Windows-vs-linux-mana-yang-baik

Nah, berbeda jika dilihat dari ketersediaan paket Software untuk masing-masing sistem operasi tersebut. Windows lebih unggul karena terdapat banyak paket software yang dengan mudah di dapatkan dan dijalankan pada sistem operasinya dan sepenuhnya di dukung oleh pengembangnya (Developer). Berbeda dengan Linux yang tidak memiliki banyak paket software.

Baca: Cara Membedakan Software Asli dan Bajakan

Tentu saja jika dilihat dari sisi penggunaan dan user, jika hanya digunakan sebagai keperluan sehari-hari seperti Office ataupun Editing akan lebih memilih Windows karena kemudahaan interface yang lebih User Friendly dan memilik banyak paket software untuk kebutuhan sehari-hari.

Dukungan Sistem Operasi


Windows-vs-linux-mana-yang-baik

Tentu saja "dukungan" pada sistem operasi sangatlah penting, karena jika terjadi problem atau kesalahan pada sistem operasi, pengguna/ user dapat dengan mudah mengatasi troubleshooting (perbaikan) sistem operasi tersebut.

Baca: Masalah Yang Sering Terjadi Pada Windows

Windows sendiri memiliki banyak dukungan dan source yang dapat dengan mudah kita cari untuk memecahkan masalah jika terjadi kesalahan pada sistem. Berbeda dengan Linux yang sangat sulit bagi pengguna awam untuk memecahkan masalah karena terdapat banyak sekali distro Linux, itu sebabnya sangat sulit mencari bantuan dukungan sesuai dengan distro Linux yang digunakan untuk memecahkan masalah pada sistem operasi.

Keamanan Sistem Operasi


Windows-vs-linux-mana-yang-baik

Fitur Keamanan menjadi salah satu hal terpenting dari sistem operasi, ini berkatan dengan data kita yang ada di dalamnya, terlebih jika data yang ada sangatlah penting. Untuk hal ini Linux lebih baik dalam hal keamanan sistem operasi. Tidak heran jika IT profesional lebih memilih Linux. Meski tidak ada sistem operasi yang sepenuhnya aman. Karena ketika seseorang menggunakan internet, disitulah pintu masuk menembus keamanan sistem operasi.

Baca : 10 Alasan Kenapa Hacker Lebih Memilih Linux

Celah untuk masuk ke sistem Linux sangatlah minim. Seperti contoh ketika ingin menginstal aplikasi memerlukan repository online. Meskipun bisa dilakukan secara offline, tapi sangat jarang sekali orang membuat virus di ekstensi aplikasi Linux.

Ini merupakan kelebihan Linux dibanding Windows. Pasalnya, OS Windows keamanannya belum cukup sempurna. Windows seringkali tersusupi virus oleh file berekstensi exe yang didownload secara bebas disebuah website.

Spesifikasi Minimal


Windows-vs-linux-mana-yang-baik

Dari segi kinerja dan spesifikasi, Linux terbukti ringan dalam kinerjanya, tentu untuk meng-instal Linux tidak membutuhkan spesifikasi yang besar. Hanya dengan 10GB dan 512MB harddisk Linux sudah dapat diinstal di komputer.

Baca : Distro Linux Terbaik dan Ringan dengan Tampilan Elegan

Berbeda dengan Windows yang tidak mungkin kamu dapat menginstal sistem operasi windows pada spesifikasi tersebut, yang ada hanyalah leg dan lemot ketika dioperasikan.

Interface User Friendly


Windows-vs-linux-mana-yang-baik

Interface atau antar muka sistem operasi menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan, karena kenyamanan kemudahan penggunaan.

Bagi pemula atau newbie, menggunakan Linux merupakan suatu hal yang dirasa cukup rumit. Meskipun Linux sudah menyediakan versi GUI (Graphical User Interface), tetapi tetap saja ada beberapa perintah yang diharuskan menggunakan Command Line Interface (CLI). Tentu saja Bagi amatiran yang baru pertama kali, menggunakan Linux akan membuat kebingungan dengan Perintah Dasar Linux.

Baca: Macam - Macam Desktop Environment Linux

Berbeda dengan windows yang memiliki tata letak user interface yang mudah digunakan, bagi Anda yang tidak mau ribet, Windows menjadi pilihan terbaik untuk kegiatan standar.

Nah, untuk lebih memahami sistem operasi yang lebih baik antara linux dan windows. Ada baiknya baca lebih jauh perbedaan Linux dan Window yang akan saya jelaskan secara detail. Mulai dari kelebihan dan kekurangan Sistem Operasi tersebut.

Kelebihan dan Kekurangn Sistem Operasi Windows

Kelebihan Windows

  1. Sistem dan juga interface yang user friendly / Mudah digunakanP
  2. aplikasi yang banyak dan berlimpah
  3. Memiliki fitur troubleshooting yang sangat membantu
  4. Mendukung banyak sistem partisi
  5. Compatible dengan aplikasi office
  6. Banyak programmer yang memahami Microsoft Windows, sehingga mudah dikembangkan dan juga diperbaiki
  7. Support berbagai jenis hardware jaringan komputer

Kekurangan Windows

  1. Close Source
  2. Sistem operasi yang memiliki harga cukup tinggi untuk versi basic dan home
  3. Rentan terhadap serangan virus
  4. Keamanan yang mudah dihack
  5. Terlalu Cepat Update
  6. Menggunakan RAM Cukup Besar

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

Kelebihan Linux

  1. Mudah untuk dilakukan modifikasi terhadap source code
  2. Jauh lebih murah dibandingkan sistem operasi lain
  3. Memilki tingkat keamanan yang cukup baik
  4. Mendukung akses ke 33 macam sistem file yang berbeda
  5. Penggunaan Linux lebih terspesifikasi
  6. Memiliki code 32 bit
  7. Cocok bagi yang hobi melakukan utak atik komputer
  8. Cocok untuk dijadikan sebagai komputer server
  9. Spesifikasi hardware yang tidak terlalu besar
  10. Penggunaan software linux akan mencegah user dari pembajakan hak cipta
  11. Cocok untuk Server jaringan

Kekurangan Linux

  1. Saat terjadi masalah pada OS Linux, sulit mengatasinya
  2. Dukungan software populer yang kurang
  3. Kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya, sehingga terlihat inferior
  4. Cukup Sulit bagi Pemula
  5. Rumit untuk Menginstal Aplikasi Microsoft
  6. Tidak Direkomedasikan untuk Gaming

Kesimpulan

Sebenarnya setiap sistem operasi tersebut memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Tergantung kebutuhan kita sebagai user menggunakannya untuk keperluan seperti apa. Anda dapat dengan bebas berkah menggunakan Linux atau Windows. Jika dilihat dari sisi user friendly dan kemudahaan penggunaan tentu saja windows lebih baik untuk digunakan. Tapi jika dilihat dari sisi keamanan, performa maka linux lebih baik dari windows. Intinya, kedua sistem operasi operasi tersebut mawarkan keunggulan masing-masing.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

 

Start typing and press Enter to search