15+ Ekstensi Visual Studio Code Terbaik

15 Ekstensi Visual Studio Code Terbaru yang wajib kalian instal.
20 Extension Visual Studio Code

Visual Studio Code (VS Code) merupakan salah satu IDE paling populer dan powefull. Dalam survey tahun 2023 stackoverflow, teks editor multiplatform Visual Studio Code buatan microsoft ini menjadi IDE pilihan bagi semua pengembang

Selain mendukung banyak bahasa pemprograman dan fitur yang powerfull, VS code juga memiliki ekstensi yang dapat membantu menyederhanakan alur kerja pengembangan.

Pada artikel kali ini kita akan berbagi rekomendasi ekstensi Visual Studio Code Umum dan lainnya yang wajib kalian coba gunakan untuk membuat pekerjaan jadi lebih mudah dan cepat.

Table of Contents

Rekomendasi 15+ Ekstensi VS Code

Berikut list 15 ekstensi VS Code yang umum dan wajib kalian coba instal:

Live Server

Ekstensi Live Server VS Code jadi pilihan favorit dan populer dikalangan pengembang aplikasi web.

Dengan fitur live reload kita bisa melihat perubahan secara langsung untuk halaman statis dan dinamis di browser saat kita menulis kode.

Prettier

Jika kalian mengerjakan proyek coding secara tim, ini merupakan ekstensi yang berguna untuk mengatur panduan gaya standar dan mempertahankan gaya yang sama di seluruh tim.

Ekstensi Prettier VS Code ini adalah formatter yang membantu menjaga gaya kode tetap konsisten.

Cdnjs

Dalam beberapa proyek terkadang kita memerlukan sebuah library javascript untuk menyelesaikan beberapa tugas.

Cdnjs adalah ekstensi VS Code yang bisa diandalkan untuk mencari library dari CDNJS dan menambahkan langsung ke dalam HTML.

JavaScript Code Snippets

Ekstensi ini berisi cuplikan kode untuk JavaScript dalam sintaks ES6 untuk editor Vs Code.

Ekstensi ini mendukung JS, TypeScript, JS React, TS React, HTML, dan Vue.

Beautify

Plugin Beautify Visual studio code berfungsi untuk merapihkan source code yang kita tulis sesuai format penulisan, seperti space, line dan sebagainya.

Dengan bantuan plugin ini kita bisa menghemat waktu untuk merapihkan susunan code yang kita tulis.

Error Lens

Ekstensi ini bergunaka untuk menampilkan keterangan lebih detail dari error yang ditemui ketika penulisan kode.

CSS Peek

Ekstensi ini dapat memudahkan pekerjakan untuk meninjau kode CSS dari setiap nama class atau ID di HTML dengan cepat hanya dengan satu klik tanpa perlu mencari secara manual.

Regex Previewer

Ekstensi ini memberikan banyak contoh untuk dicocokkan, sehingga menjadi lebih mudah untuk menulis regex dengan cepat dan akurat di JavaScript dan TypeScript.

TODO Highlight

Daripada menuliskan komentar sebagai penanda pada baris kode yang bermasalah, rasanya akan lebih membantu jika menggunakan ekstensi TODO Highlight.

TODO Highlight

Dengan ekstensi atau plugin VS Code ini kalian bisa menyoroti kode dan membuat daftar list kode yang diberi highlight untuk nantinya ditinjau kembali dengan mudah.

Turbo Console Log

Menambahkan pintasan cepat untuk menulis Console Log di JavaScript. Ini membuat proses debug menjadi lebih mudah, karena akan memiliki beberapa keluaran konsol yang berguna untuk mencari tahu apa yang salah.

GitLens

GitLens meningkatkan kemampuan Git dari Visual Studio Code. Dengan GitLens, Anda dapat mengetahui oleh siapa, mengapa, dan kapan perubahan dilakukan pada baris kode.

Code Spell Checker

Code Spell Checker bekerja untuk meminimalisir kesalahan dalam penulisan kode. ekstensi ini akan menggarisbawahi kode yang tidak dikenali.

Dengan begitu kita bisa langsung memperbaiki kode tersebut dengan kalimat yang benar, ekstensi ini jadi pilihan terbaik dan sudah di instal lebih dari 8,3 juta pengguna.

Auto Rename Tag

Dengan ektstensi ini kita dapat dengan mudah merubah nana tag tanpa secara otomatis jika salah satu tag berubah nama baik awal atau penutup tanpa harus melakukannya dua kali.

Ekstensi atau plugin Auto Rename Tag ini berfungsi untuk HTML, XML, PHP, dan JavaScript.

Better Comments

Ekstensi Better Comments adalah untuk memberikan tanda komentar yang lebih hidup dan mudah diperhatikan jika dibandingkan dengan komentar biasa di dalam kode.

Dengan ekstensi ini, kita dapat mengkategorikan tanda komentar menjadi beberapa kategori, seperti Peringatan, Pertanyaan, Highlight dan ganya komentar lain sesuai pengaturan yang kita lakukan

Live Share

Live Share adalah ekstensi VS Code yang menyediakan kolaborasi pengembang saat itu juga. Kita dapat berbagi sesi dengan orang lain, berkolaborasi di server, men-debug sesi, dan mengubah kode. Ekstensi Live Share memiliki lebih dari 9,3 juta unduhan.

Cara Instal Ekstensi VS Code

Setelah mengetahui ekstensi VS Code apa saja yang wajib kita coba, sekarang bagaimana cara menginstal ekstensi tersebut di visual studio code?

Ekstensi VS Code
  • Buka aplikasi Visual Studio Code
  • Pilih menu EXTENSIONS atau CTRL + SHIFT + X
  • Ketik nama ekstensi di kolom search yang ingin diinstal
  • Jika sudah ketemu Pilih Instal
  • Selesai

Penutup

Nah itu tadi 15+ Ekstensi Visual Studio Code Terbaik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Kamu juga bisa share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan.

#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan