Thursday, 3 November 2016

Cara Menjalankan Aplikasi Window pada Linux


Cara Menjalankan Aplikasi Window di Linux - Anda pengguna linux? Bagi pengguna windows yang baru saja pindah pindah ke linux mungkin akan sedikit kebingungan saat mengoprasikan sistem operasi ini.

Tidak mudah memang berpindah dari satu hati ke hati lain (sedikit lebay), bagi Anda yang memang sudah beralih dari windows ke linux dan belum terbiasa menggunakan tools atau software bawaan linux tentu Anda bisa masih bisa menjalankan beberapa aplikasi windows di Linux dikarenakan belum menemukan aplikasi pengganti window untuk linux.

Cara Menjalankan Aplikasi Window di Linux

Bagaimana cara menjalankan aplikasi windows di Linux? Nah, Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara menjalankan aplikasi Window di Linux.

Wine

Cara-Menjalankan-Aplikasi-Window-di-Linux


Wine adalah salah satu software gratis untuk Linux yang dapat menjalankan aplikasi Window di Linux. Pada dasarnya merupakan implementasi API window di Linux. Memang tidak semua aplikasi window dapat dijalankan dengan Wine, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang dapat dijalankan dengan di Wine kamu dapat melihatnya di Wine Application Database.

Biasanya Wine digunakan untuk menjalankan game di linux, karena games biasanya tidak dapat dijalankan di Virtual Machine.


Berikut cara instal Wine di Linux:
apt-get install wine

PlayOnLinux



Cara-Menjalankan-Aplikasi-Window-di-Linux


Alternatif lain dari Wine adalah PlayOnLinux, PlayOnLinux lebih seperti Google Play atau software Center. disini Anda dapat memilih aplikasi Window yang dapat kamu install di Linux.

Tidak seperti Wine yang ketika menginstall kamu harus mengecek terlebih dahulu di Wine Application Database. PlayOnLinux lebih mudah digunakan, kamu cukup mencari software yang akan diinstall dan cukup klik install.


Berikut cara install PlayOnLinux di Linux:
apt-get install playonlinux

Virtual Machin



Cara-Menjalankan-Aplikasi-Window-di-Linux


Cara ketiga yaitu dengan menggunakan VirutalBox, VMware Player atau Virtual Machin lainya untuk Linux. Dengan menggunakan salah satu software machine ini kamu dapat membuat komputer virtual yang berisi OS Windows. jadi kamu menjalankan Linux sekaligus Windows secara bersamaan. Dengan begitu kamu dapat menjalankan aplikasi window di linux.

Namun cara ini ada sedikit kekurangan yaitu terlalu banyak memakan memory CPU. jadi komputer kamu akan bekerja sangat keras karena menjalankan 2 OS secara bersamaan. Jangan heran kalau tiba-tiba komputer kamu lemot.


Remote Desktop



Cara-Menjalankan-Aplikasi-Window-di-Linux


Cara lain untuk menjalankan program window di Linux adalah dengan menggunakan Remote Desktop. mungkin kamu akan bertanya-tanya apa itu remote desktop.

Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di Microsoft Windows yang memungkinkan pengguna mengakses window dari jarak jauh. Untuk dapat mengakses Remote Desktop dari Linux, kamu bisa menggunakan software rdesktop atau tsclient.


Berikut cara install RDesktop atau TSClient di Linux:
apt-get install rdesktop

apt-get install tsclient
Nah itu dia tadi cara menjalankan aplikasi windows pada linux. Sekian tips menjalankan aplikasi Windows di Linux, bila ada yang mau menambahkan silakan tinggalkan dikolom komentar.

Cara Menjalankan Aplikasi Window pada Linux Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhamad Sahrudin
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 comments

thanks info nya, btw ada gk selain wine ?

Balas

Diatas sudah di sebutkan cara menjalankan aplikasi windwos di linux selain menggunakan wine :D

Balas