Pengertian dan Istilah Dalam Dunia Desain Grafis

Belajar dunia desain grafis mulai dari pengertian dan istilah yang ada di desain grafis.
Pengertian dan Istilah Dalam Dunia Desain Grafis

Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

Unsur dalam desain grafis termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna yang membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut berupa keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Ada banyak perangkat lunak yang digunakan dalam desain grafis, antara lain CorelDraw, Adobe Photoshop, Adob Ilustrator, GIMP, Macromedia Freehand, Adobe Dreamweaver, dan banyak lagi.

Table of Contents

8 Istilah Dalam Dunia Desain Grafis

Dalam desain grafis juga banyak istilah - istilah yang berkaitan dengan desain grafis, tentu saja semua itu perlu kita pahami agar mudah untuk dipahami maksud dari masing-masing desain yang kita buat.

Flat

Flat design

Flat adalah pendekatan desain grafis minimalis yang menekankan pada kesederhanaan dan kegunaan. Warna cerah dan ilustrasi dua dimensi. Meski desain flat tidak memiliki gaya yang mencolok bukan berarti gaya ini membosankan. Justru dari warna - warna kontras yang cerah akan dengan mudah menarik perhatian dan memanjakan mata.

Knolling

Knolling

Knolling adalah aktifitas menyusun objek yang berbeda dari sehingga objek tersebut dapat dilihat jelas dari sudut pandang 90 derajat. Biasanya teknik ini memakai latar belakang yang kontras, tentu saja Teknik bersimetris ini sangat memanjakan mata dan terlihat sangat elegan.

Opacity

Opacity

Opacity adalah ukuran dari daya tembus cahaya ke elektromagnetik atau jenis radiasi lainnya, terutama cahaya tampak. Opacity adalah istilah desain grafis ketika membuat elemen warna menjadi transparan. Semakin rendah tingkat opacity, semakin transparan elemen tersebut dan 100% opacity berarti objek tersebut solid.

Gradient

Gradient

Gradient atau gradien merupakan perubahan warna seperti dari hijau ke biru atau menuju transparan. Terdapat dua macam gradien, yaitu radial dan linear. Nah, untuk pengertian lebih jauh mengenai Gradasi warna pada desain grafis kamu bisa baca artikeli berikut "Apa Itu Gradasi Warna?"

Vector

Gradient

Gambar-gambar vector umumnya merupakan perpaduan garis, lengkungan, dan titik potong yang terbuat dari formula matematika. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan zoom tanpa batas pada gambar tersebut.

Pada dasarnya, gambar vector menggunakan vektor. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu x dan y dari bidang kerja dan menentukan arah jalan. Setiap alur pada vektor bisa ditambahkan atribut, termasuk ketebalan garis, bentuk, kurva, warna garis, dan warna isi.

Raster

Dalam komputer grafik, gambar raster adalah struktur data dot matrix, yang mewakili kotak grid pixel pada umumnya, atau warna poin, yang dapat di lihat via monitor, kertas, atau media lainnya. Raster images di simpan di data image dengan format yang beragam, Raster terbuat dari kumpulan piksel, membuat kemampuan zoom-nya terbatas.

Jadi, jika melakukan zoom secara mendalam, Anda akan melihat banyak sekali kotak-kotak kecil. Kebanyakan gambar yang beredar merupakan raster, yaitu JPG, PNG, dan GIF.

Editor gambar raster, seperti Painter, Photoshop, Paint.NET, MS Paint, dan GIMP, berfungsi dengan cara mengedit piksel, tidak seperti editor gambar vektor, seperti Xfig, CorelDRAW, Adobe Illustrator, atau Inkscape, yang bekerja dengan cara mengedit garis dan bentuk (vektor).

RGB

RGB

RGB adalah suatu model warna yang terdiri atas 3 buah warna: merah (Red), hijau (Green), dan biru(Blue), yang ditambahkan dengan berbagai cara untuk menghasilkan bermacam-macam warna.

Kegunaan utama model warna RGB adalah untuk menampilkan citra / gambar dalam perangkat elektronik, seperti televisi dan komputer, walaupun juga telah digunakan dalam fotografi biasa.

Kelebihan model warna ini adalah gambar mudah disalin / dipindah ke alat lain tanpa harus di-convert ke mode warna lain, karena cukup banyak peralatan yang memakai mode warna ini. Kelemahannya adalah tidak bisa dicetak sempurna dengan printer, karena printer menggunakan mode warna CMYK, sehingga harus diubah terlebih dahulu.

CMYK

CMYK

Cyan Magenta Yellow Key, atau sering disingkat sebagai CMYK adalah proses pencampuran pigmen yang lazim digunakan percetakan. Tinta process cyan, process magenta, process yellow, process black dicampurkan dengan komposisi tertentu dan akurat sehingga menghasilkan warnatepat seperti yang diinginkan.

Model ini, baik sebagian ataupun keseluruhan, biasanya ditimpakan dalam gambar dengan warna latar putih (warna ini dipilih, dikarenakan dia dapat menyerap panjang struktur cahaya tertentu). Model seperti ini sering dikenal dengan nama "subtractive", karena warna-warnanya mengurangi warna terang dari warna putih.

Penutup

Nah itu tadi pembahasan mengenai pengertian dan istilah - istilah yang ada di dunia desain grafis. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan.

Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan