Pengertian dan Istilah Dalam Dunia Desain Grafis

- April 12, 2019
Pengertian-dan-Istilah-Dalam-Dunia-Desain-Grafis

Pengertian dan Istilah Dalam Dunia Desain Grafis - Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Ada banyak perangkat lunak yang digunakan dalam desain grafis, antara lain CorelDraw, Adobe Photoshop, Adob Ilustrator, GIMP, Macromedia Freehand, Adobe Dreamweaver, dan banyak lagi.

Dalam desain grafis juga banyak istilah - istilah yang berkaitan dengan desain grafis,  tentu saja semua itu perlu kita pahami agar mudah untuk dipahami maksud dari masing-masing desain yang kita buat.

1. Flat

Flat adalah pendekatan desain grafis minimalis yang menekankan pada kesederhanaan dan kegunaan. Warna - warna cerah dan ilustrasi dua dimensi. Meski desain flat tidak memiliki gaya yang mencolok bukan berarti gaya ini membosankan. Justru dari warna - warna kontras yang cerah akan dengan mudah menarik perhatian dan memanjakan mata.

Pengertian-dan-Istilah-Dalam-Dunia-Desain-Grafis-Flat
Pictures Pinterest

2. Knolling

Knolling adalah aktifitas menyusun objek yang berbeda dari sehingga objek tersebut dapat dilihat jelas dari sudut pandang 90 derajat. Biasanya teknik ini memakai latar belakang yang kontras, tentu saja Teknik bersimetris ini sangat memanjakan mata dan terlihat sangat elegan.

Pengertian-dan-Istilah-Dalam-Dunia-Desain-Grafis-Knolling

3. Opacity

Opacity adalah ukuran dari daya tembus cahaya ke elektromagnetik atau jenis radiasi lainnya, terutama cahaya tampak. 
Opacity adalah istilah desain grafis ketika membuat elemen warna menjadi transparan. Semakin rendah tingkat opacity, semakin transparan elemen tersebut dan 100% opacity berarti objek tersebut solid.

Pengertian-dan-Istilah-Dalam-Dunia-Desain-Grafis-Opacity

4. Gradient

Gradient atau gradien merupakan perubahan warna seperti dari hijau ke biru atau menuju transparan. Terdapat dua macam gradien, yaitu radial dan linear.

Pengertian-dan-Istilah-Dalam-Dunia-Desain-Grafis-Gradien
Pictures spalsh.com

5. Vector

Gambar-gambar vector umumnya merupakan perpaduan garis, lengkungan, dan titik potong yang terbuat dari formula matematika. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan zoom tanpa batas pada gambar tersebut.

Pada dasarnya, gambar vector menggunakan vektor. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu x dan y dari bidang kerja dan menentukan arah jalan. Setiap alur pada vektor bisa ditambahkan atribut, termasuk ketebalan garis, bentuk, kurva, warna garis, dan warna isi.

Perbedaan-desain-grafis-vector-dan-raster

6. Raster

Dalam komputer grafik, gambar raster adalah struktur data dot matrix, yang mewakili kotak grid pixel pada umumnya, atau warna poin, yang dapat di lihat via monitor, kertas, atau media lainnya. Raster images di simpan di data image dengan format yang beragam
Raster terbuat dari kumpulan piksel, membuat kemampuan zoom-nya terbatas. Jadi, jika melakukan zoom secara mendalam, Anda akan melihat banyak sekali kotak-kotak kecil. Kebanyakan gambar yang beredar merupakan raster, yaitu JPG, PNG, dan GIF.

Editor gambar raster, seperti Painter, Photoshop, Paint.NET, MS Paint, dan GIMP, berfungsi dengan cara mengedit piksel, tidak seperti editor gambar vektor, seperti Xfig, CorelDRAW, Adobe Illustrator, atau Inkscape, yang bekerja dengan cara mengedit garis dan bentuk (vektor).

7. RGB


RGB adalah suatu model warna yang terdiri atas 3 buah warna: merah (Red), hijau (Green), dan biru(Blue), yang ditambahkan dengan berbagai cara untuk menghasilkan bermacam-macam warna.

Kegunaan utama model warna RGB adalah untuk menampilkan citra / gambar dalam perangkat elektronik, seperti televisi dan komputer, walaupun juga telah digunakan dalam fotografi biasa.

Kelebihan model warna ini adalah gambar mudah disalin / dipindah ke alat lain tanpa harus di-convert ke mode warna lain, karena cukup banyak peralatan yang memakai mode warna ini. Kelemahannya adalah tidak bisa dicetak sempurna dengan printer, karena printer menggunakan mode warna CMYK, sehingga harus diubah terlebih dahulu.

Pengertian-warna-RGB
Pictures printfull.com

8. CMYK

Cyan Magenta Yellow Key, atau sering disingkat sebagai CMYK adalah proses pencampuran pigmen yang lazim digunakan percetakan. Tinta process cyan, process magenta, process yellow, process black dicampurkan dengan komposisi tertentu dan akurat sehingga menghasilkan warnatepat seperti yang diinginkan.

Model ini, baik sebagian ataupun keseluruhan, biasanya ditimpakan dalam gambar dengan warna latar putih (warna ini dipilih, dikarenakan dia dapat menyerap panjang struktur cahaya tertentu). Model seperti ini sering dikenal dengan nama "subtractive", karena warna-warnanya mengurangi warna terang dari warna putih.

Pengertian-dan-Istilah-Dalam-Dunia-Desain-Grafis
Pictures Printplace.com

Nah, itu tadi pembahasan mengenai pengertian dan istilah - istilah yang ada di dunia desain grafis. Sebetulnya ada banyak sekali istilah di dalamnya, jika kalian mau menambahkan silakan beri dikomentar.

Untuk membaca artikel lainya mengenai Desain Drafis bila melalui link disini.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

 

Start typing and press Enter to search