Pengertian dan Perbedaan Gambar Vektor dengan Bitmap Dalam Desainer Grafis - InpuTekno

Pengertian dan Perbedaan Gambar Vektor dengan Bitmap Dalam Desainer Grafis

Jika melihat sebuah gambar yang menarik, pasti tidak lepas dari yang namanya desain grafis. Gambar yang sehari-hari di lihat dalam komputer ataupun media digital lainnya dan internet itu memiliki jenis yang berbeda-beda. Dalam implementasi seni grafik, ada 2 jenis format gambar, yaitu berbasis Vektor atau yang berbasis Bitmap.

Pengertian-perbedaan-vektor-bitmap

Lalu apa itu vektor dan bitmap dalam dunia desain grafis? Jika kamu seorang yang senang menggambar digital pasti sudah tahu istilah dari vektor dan bitmap itu sendiri. Tapi akan berbeda dengan orang yang baru saja terjun kedalam dunia desain grafis. Perlu pemahaman mengenai istilah kedua format gambar tersebut.

Pengertian Gambar Vektor dan Bitmap

Pada pembahan kali ini saya akan berbagi pengenai pengertian dan perbedaan format gambar vektor dan bitmap. Pertama sebelum kita kepada pembahasan perbedaan format gambar tersebut mari kita cari tahu definisi vektor dan bitmap dalam dunia desain grafis.

Pengertian Gambar Vektor

Gambar Vektor adalah grafik yang dibentuk dengan menggunakan garis-garis dan kurva berdasarkan rumus matematik komputer yang terdiri dari titik (point), garis (line), dan bentuk (shep). Tampilan gambar berdasarkan perhitungan koordinat geomitris gambar tersebut. Grafik dengan tipe vektor ini banyak digunakan dalam pembuatan disain teks dan logo.

Pengertian-gambar-vektor
Pict by kelasdesain.com

Gambar vektor juga punya istilah yang biasa disebut dengan point. Maksudnya point adalah setiap titik (node) yang saling dihubungkan untuk membuat bentuk-bentuk tertentu. Point tersebut bisa ditambahkan, dihapus, atau dipindahkan jalur garisnya untuk membuat bentuk-bentuk tertentu sesuai keinginan.

Kualitas hasil tampilan vektor tidak tergantung pada tinggi rendahnya resolusi grafik tersebut. Artinya, gambar vektor bisa diubah-ubah ke dalam ukuran sebesar apapun tanpa menambah resolusi namun tampilan grafik tetap tajam dan halus (tidak pecah). Di samping itu, grafik vektor juga tidak membutuhkan ruang penyimpanan (kapasitas) yang tinggi sehingga media penyimpanan tetap rendah.

Grafik vektor memiliki bentuk file dengan format *.eps, pdf, *.wmf atau sesuai dengan aplikasi program yang digunakan. Dalam program aplikasi, grafik vektor menjadi dasar aplikasi pada program Macromedia Freehand, CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Pagemaker.

Selain program grafis di atas, program aplikasi Ms. Office juga berbasis vektor. Grafik vektor bisa diadaptasi ke grafik bitmap.

Pengertian Gambar Bitmap

Gambar bitmap dikenal juga dengan istilah grafik raster. Raster arti sederhannya adalah kumpulan titik-titik yang disebut dengan pixel (picture element). Pixel-pixel tersebut ditempatkan pada lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri dan secara keseluruhan membentuk tampilan gambar.

Pengertian-perbedaan-bitmap
Pict by vector-convertion.com

Tampilan bitmap mampu menghasilkan kehalusan gradasi dan warna dari sebuah gambar seperti foto, lukisan, dan sejenisnya. Namun tipe ini mempunyai kelemahan yaitu sangat tergantung pada jumlah resolusi yang biasanya ditentukan dengan satuan dpi (dot per inch) dan lpi (line per inch). Setiap gambar sudah memiliki ketentuan jumlah resolusi (pixel) yang pasti. Artinya sebuah gambar dengan pixel tertentu akan nampak kurang detil atau pecah-pecah jika ukuran gambar diperbesar atau resolusinya diperkecil. Format ini juga memerlukan ruang penyimpana yang lebih besar daripada tipe vektor.

Dalam bentuk file, grafik bitmap ini memiliki format *.bmp, *.GIF, *.jpeg, *.jpg, *.png, *tif, dll. Semua gambar yang dihasilkan melalui camera digital dan scanner memiliki format file ini dengan standar resolusi (pixel) hanya 72 dpi. Program aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mengedit tipe grafik ini adalah program Photoshop.

Perbedaan Format Grafis Vektor dan Bitmap

Dari pengertian kedua format grafis vektor dan bitmap diatas saja sudah jelas perbedaan kedua format gambar tersebut. Tapi saya akan memberikan penjelasan lebih detail mengenai perbedaan kedua format gambar tersebut.

1. Susunan Gambar


Susunan-gambar-vektor-dan-bitmap
Pict by buzzle.com

–  Gambar bitmap tersusun objek dari titik-titik berwarna (pixel) dalam suatu grid,
–  Gambar vektor tersusun dari titik, garis, dan bentuk. Dibuat berdasar perhitungan matematis.

2. Resolusi Gambar


Perbedaan-Resolusi-gambar-bitmap-dan-vektor
pict by vector-conversions.com

–  Gambar bitmap memiliki resolusi tetap, sehingga apabila gambar bitmap diperbesar melebihi kualitas gambarnya, gambar tersebut akan pecah, dengan kata lain sifat dipengaruhi oleh resolusi.
–  Gambar vektor memiliki resolusi yang fleksibel, sifatnya tidak dipengaruhi oleh resolusi. Sehingga sekalipun diperbesar sekian kali dari ukuran awalnya, kualitas gambar vektor tidak akan pecah.

3. Pixel


Perbedaan-pixel-gambar-vektor-dan-bitmap
Pict by vector-convertion.com

–  Gambar bitmap dipengaruhi oleh pixel, ketika di zoom dan melewati batas teloransi maka gambarnya akan pecah dan rusak.
–  Gambar vektor tidak dipengaruhi pixel. Maka ketika gambar di zoom tidak akan pecah, rusak ataupun blur.

4. Format


Format-vektor-bitmap
Pict by Trulydeeply.com

–  Gambar bitmap memiliki format file: JPG, JPEG, PNG, GIF, TIFF, dsb.
–  Gambar vektor memiliki format file: AI (untuk Adobe Ilustrator), FH, CDR (Untuk CorelDraw), dan EPS.

5. Software


Software-desain-grafis-vektor
Pict by enterpedia.com

–  Gambar bitmap biasanya dihasilkan oleh software seperti PHOTOSHOP, PAINT, PHOTOSCAPE, PAINT TOOL SAI, PICSART, MANGA STUDIO, dsb.
–  Gambar vektor biasanya dihasilkan oleh software seperti ADOBE ILUSTRATOR, COREL DRAW, dsb.

Baca Juga: Software Desain Grafis Terbaik 2019

6. Ukuran Gambar


Size-gambar-vektor
Pict by pinterest

–  Gambar bitmap ketika disimpan cenderung memiliki size atau ukuran yang lebih besar.
–  Gambar vektor cenderung memiliki size atau ukuran yang lebih kecil. Hemat penyimpanan.

7. Kegunaan


Fungsi-gambar-vektor-dan-bitmap
Pict by vektorkades.com

–  Gambar bitmap biasanya digunakan untuk gambar yang memiliki desain yang kompleks dimana memiliki banyak varian warna dan bentuk, seperti foto, fotografi, dll,
–  Gambar vektor biasanya digunakan untuk gambar yang lebih sederhana dan varian warnanya lebih sedikit, cocok digunakan unruk desain logo, banner, brosur, pamphlet, karakter kartun, dan desain lain yang mengutamakan kesederhanaan bentuk.

Baca Juga: Referensi Desain Grafis Untuk Membuat Logo

Setelah pembahasan diatas mengenai pengertian dan perbedaan vektor dengan bitmap dapat menambah pengetahuan mengenai dunia desain grafis. Jangan lupa share.

Posting Komentar

0 Komentar