Cara Membuat Umpan Feed RSS Instagram

Cara Membuat Umpan Feed RSS Instagram? Kamu bisa coba cara simpel dan mudab berikut untuk membuat feed rss Instagram.
Cara Membuat Umpan Feed RSS Akun Instagram

Bagaimana membuat URL RSS Feeds postingan terbaru akun Instagram kita? Di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuatnya dengan cara sederhana dan simpel untuk kamu ikuti.

Lalu bagaimana langkahnya? Sebelum masuk ketahap tutorial kita akan mengenal terlebih dahulu apa itu RSS beserta fungsinya.

Table of Contents

Pengertian dan Fungsi Feed RSS

Pengertian RSS

Apa itu RSS? RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication, terkadang disebut sebagai feed atau RSS Feed.

Nah RSS ini adalah salah satu bentuk web Syndication dimana konten tersedia dari satu situs web ke situs lain.

Secara sederhana RSS adalah sebagian kecil potongan dari isi konten atau artikel terbaru dari website yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyebarkan konten dari situs web atau blog.

Fungsi RSS

Lalu apa fungsi Feed RSS? Dalam dunia blog teknologi RSS sering dimanfaatkan untuk berbagi update informasi yang sudah dipublikasikan pada sebuah blog ke pengunjung atau pelanggan secara otomatis melalui email, aplikasi pembaca feed atau aplikasi lain.

Jadi feed rss berfungsi untuk membaca atau melihat sebuah konten tanpa perlu membukanya secara langsung. Hal ini sangat berguna dalam mengikuti blog, berita, podcast, atau sumber konten lainnya yang diperbarui secara reguler.


Bagaimana Membuat Feed RSS Instagram?

Membuat Feed RSS Instagram

Nah, balik lagi ke pembahasan sebelumnya, yaitu bagaimana membuat feed rss Instagram? Secara default Instagram sendiri tidak memberikan akses feed rss untuk setiap penggunanya, tapi bukan berarti kita tidak bisa membuat umpan feed rss akun Instagram.

Salah satunya cara yaitu dengan bantuan platform pihak ketiga, memanfaatkan situs situs rss generator yang ada di internet. Dengan begitu kita bisa membuat feed rss Instagram untuk keperluan apapun seperti membuat Auto post bot channel telegram yang akan memposting otomatis unggahan terbaru ke pelanggan channel telegram kita.

Cara ini sangat menarik untuk menjangkau orang lain di telegram selain orang-orang yang menfollow akun Instagram kita, Lalu bagaimana caranya? Kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga dengan hanya beberapa langkah.

Cara Membuat RSS Instagram

Langkah pertama yaitu siapkan username Instagram kamu, jangan berfikir akan digunakan untuk melakukan login ke aplikasi pihak ketiga, karena username hanya akan digunakan sebagai tautan rss Instagram.

Sebagai contoh username akun Instagram saya adalah

<!--[ URL Akun Instagram ]-->
https://www.instagram.com/inputekno

Kemudian ganti link yang saya tandai dibawah dengan username akun instagran kamu

<!--[ URL RSSHUB ]-->
https://rsshub.app/picuki/profile/usernameIG

Maka jadinya akan seperti berikut

<!--[ URL RSSHUB ]-->
https://rsshub.app/picuki/profile/inputekno

Alternatif lain kita bisa menggunakan server dari pikapod berikut

<!--[ URL RSSHUB ]-->
https://tangerine-hyena.pikapod.net/picuki/profile/inputekno

Nah, Feed RSS tersebut sudah bisa digunakan untuk keperluan apapun sesuai kebutuhan kamu, salah satu yang saya lakukan adalah memanfaatkannya untuk membuat feed Instagram di channel telegram dengan bantuan bot.

Jadi setiap kali saya mengunggah foto atau video di Instagram maka secara otomatis akan dibagikan juga pada channel telegram yang saya kelola. Kamu bisa subscribe channel telegram inputekno berikut https://t.me/inputekno


Pentutup

Feed RSS diatas adalah memanfaatkan rsshub sebagai media pihak ketiganya, dengan hanya beberapa langkah kita bisa membuat Feed RSS Instagram dengan mudah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan