Cara Membuat Umpan Feed RSS Instagram

Cara Membuat Umpan Feed RSS Instagram? Kamu bisa coba cara simpel dan mudab berikut untuk membuat feed rss Instagram.
Cara Membuat Umpan Feed RSS Akun Instagram

Bagaimana membuat URL RSS Feeds postingan terbaru akun Instagram kita? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuatnya dengan cara sederhana dan simpel untuk kamu ikuti. Lalu bagaimana? Sebelum tutorial kita akan mengenal terlebih dahulu apa itu RSS beserta fungsinya.

Pengertian dan Fungsi Feed RSS

Pengertian RSS

Apa itu RSS? RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication, terkadang disebut sebagai feed atau RSS Feed, nah RSS ini adalah salah satu bentuk web Syndication dimana konten tersedia dari satu situs web ke situs lain. Secara sederhana RSS adalah sebagian kecil potongan dari isi konten/artikel dari website kita yang kemudian feed kepada orang lain.

Fungsi RSS

Lalu apa fungsi Feed RSS? Dalam dunia blog teknologi RSS sering dimanfaatkan untuk berbagi update informasi yang sudah dipublikasikan pada sebuah blog ke pengunjung/ pelanggan secara otomatis melalui email, aplikasi pembaca feed atau aplikasi lain. Jadi feed rss berfungsi untuk membaca atau melihat sebuah konten tanpa perlu membukanya secara langsung.

Bagaimana Membuat Feed RSS Instagram?

Post Instagram RSS

Nah, balik lagi ke pembahasan sebelumnya, yaitu bagaimana membuat feed rss Instagram? Secara default Instagram sendiri tidak memberikan akses feed rss untuk setiap penggunanya, meskipun begitu bukan berarti kita tidak bisa membuat umpan feed rss untuk akun Instagram karena selalu ada jalan sekecil apapun itu.

Salah satunya yaitu dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, yaitu memanfaatkan situs situs rss generator yang ada di internet. Dengan begitu kamu bisa membuat feed rss Instagram untuk keperluan apapun seperti membuat Auto post bot channel telegram yang akan memposting setiap foto/caption ke pelanggan channel telegram kita setiap kali kita mengunggah foto atau video di Instagram.

Tentu saja cara ini sangat menarik untuk menjangkau orang lain di telegram selain orang-orang yang menfollow akun Instagram kamu, bukan hanya itu membuat feed rss Instagram untuk dipasang diberbagai media terlihat bagus. Lalu bagaimana caranya? Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga dengan hanya beberapa langkah saja. Berikut caranya

Cara Membuat RSS Instagram

Langkah pertama yaitu siapkan username Instagram kamu, jangan berfikir akan digunakan untuk melakukan login ke aplikasi pihak ketiga, karena username hanya akan digunakan sebagai tautan rss Instagram.

Sebagai contoh username akun Instagram saya adalah
// URL Akun Instagram
https://www.instagram.com/mhmdsahrudin
Kemudian ganti link yang saya tandai dibawah dengan username akun instagran kamu
// URL RSSHUB
https://rsshub.app/picuki/profile/usernameIG
Maka jadinya akan seperti berikut
// URL RSSHUB
https://rsshub.app/picuki/profile/mhmdsahrudin
Nah, Feed RSS tersebut sudab bisa digunakan untuk keperluan apapun sesuai kebutuhan kamu, dalah satu yang saya lakukan adalah memanfaatkannya untuk membuat feed Instagram di channel telegram dengan bantuan bot jadi dengan begitu setiap kali saya mengunggah foto atau video di Instagram maka secara otomatis akan dibagikan juga pada channel telegram yang saya kelola.

Pentutup

Feed RSS diatas adalah memanfaatkan rsshub sebagai media pihak ketiganya, dengan hanya beberapa langkah saja kita bisa membuat Feed RSS Instagram dengan mudah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan