Telegram Vs WhatsApp? Mana yang Terbaik?

Telegram vs WhatsApp, mana yang terbaik? Keduanya menjadi aplikasi yang terbaik dengan memiliki fitur kelebihan dan kelebihan masing-masing.
Telegram Vs WhatsApp? Mana yang Terbaik?

Telegram vs WhatsApp - Kamu pengguna aplikasi pesan instan yang mana atara WhatsApp dan Telegram? Salah satu dari kedua aplikasi chat tersebut atau pengguna keduanya? Tulis jawabannya di komentar nya.

Berbicara mengenai aplikasi pesan instan saat ini, mungkin WhatsApp salah satu platform yang banyak digunakan. Bahkan WhatsApp saat ini menjadi aplikasi pesan instan terpopuler di dunia, dengan pengguna aktif bulanan tembus sampai 1 miliar.

Dengan kehadiran berbagai fitur yang menarik, serta kemudahan penggunaannya, tidak heran WhatsApp bisa sampai pada titik kesuksesan nya. Aplikasi pesan instan lain yang tidak kalah populer adalah Telegram. Dengan mengandalkan fitur keamanan pesan terenkripsi, Telegram menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang aman digunakan.

WhatsApp vs Telegram

Telegram vs WhatsApp! Mana yang Terbaik?

Tentu saja Kedua aplikasi pesan instan tersebut memiliki fitur dan keunggulan masing-masing. Lalu pertanyaan nya, mana sebetulnya dari kedua aplikasi ini yang lebih baik?

1. Keamanan Pesan

Privasi dan keamanan data, ini merupakan salah satu perhatian pengguna utama bagi pengguna aplikasi pesan instan. Tentu saja semua tidak ingin data rahasia, pesan yang seharusnya rahasia jatuh ketangan peretas.

WhatsApp membangun aplikasi pesan instan dengan sistem keamanan enkripsi end-to-end, dimana pesan hanya bisa dibaca oleh end user atau pengguna aplikasi.

Ketika end user 1 mengirim pesan, dan pesan terkirim maka pesan akan ter-enkripsi secara otomatis. Bahkan meskipun pesan yang dikirim melawati server WhatsApp, WhatsApp sendiri tidak bisa membaca pesan tersebut karena bentuknya masih enkripsi.

Lalu yang bisa menerima pesanan adalah end user 2, yaitu penerima pesan. Dengan sistem kemanan ini maka pesan akan aman, itu karena hanya pengirim dan perangkat penerima pesan yang memiliki kunci untuk membuka kunci teks atau file yang di kirim.

selanjutnya, Telegram dirancang sebagai aplikasi pesan instan berbasis Cloud. Dalam hal ini, pesan dienkripsi dan disimpan di server. Dengan begitu ketika kamu hendak melakukan login diperangkat lain maka chat akan tetap utuh.

Selain itu Telegram memiliki fitur pengaturan waktu pesan, dimana pesan akan dihapus secara otomatis dan sebuah obrolan rahasia yang tidak dapat disalin atau di screenshot. Ketika pesan dihapus maka pesan juga akan terhapus dari server.

Telegram juga memiliki keunggulan dari WhatsApp dimana menggunakan protokol MTProto yang sangat handal, dimana data pengguna tidak disimpan diserver peruhasaan dan tidak dikirimkan kepihak ketiga.

2. File Sharing

Telegram vs WhatsApp! Mana yang Terbaik?

Aplikasi pesan instan bukan hanya digunakan untuk mengobrol saja, tetapi berbagi foto, video, audio dan dokumen dapat dilakukan menggunakan aplikasi pesan instan ini.

WhatsApp dibekali dengan fitur berbagi file, seperti foto, audio, video dan dokumen. Tapi ada batasan penggunaan dimana pengguna tidak bisa membagikan file dengan ukuran lebih dari 100MB. Selain itu ketika foto dibagikan melalui WhatsApp ada penurunan kualitas dan ada batasan jumlah gambar yang dibagikan dalam satu waktu.

Sementara di telegram, pengguna bisa berbagi file sampai 2GB per-file. Dengan kelebihan ini pengguna bisa berbagi apa saja dengan mudah tanpa ada halangan. Selain itu, untuk berbagi gambar, penggunaan memiliki opsi untuk mengompres gambar atau membiarkan nya tetap utuh, sehingga tidak akan ada terjadi penurunan kualitas gambar.

3. Interface, Fitur, dan Kenyamanan

Interface-Telegram-2020 Interface-WhatsApp-2020

Kamu pasti tidak hanya memikiran soal keamanan dan pengaturan, tetapi juga kemudahan pengoperasian aplikasi.
#Interface
Dalam hal antarmuka dan kemudahan penggunaan, telegram dilengkapi dengan opsi penyesuaian tampilan aplikasi. Ada banyak tema dan icon aplikasi yang bisa di setting sesuai kenyamanan. Lalu, WhatsApp juga memiliki fitur serupa, tapi tidak semua opsi bisa rubah oleh pengguna untuk menyesuaikan tampilannya.
#Bot
Telegram menggunakan asisten pintar (bot) yang memungkinkan pengguna melakukan banyak hal, mulai dari mencari musik, video, dokumen dan gambar, gif, membuat poling grup, dll.
#Read Receipt
Dari kedua aplikasi pesan instan ini, yang memiliki fitur read receipt hanyalah WhatsApp, dimana centang biru akan terlihat jika pesan sudah dibaca.
#Dark Mode
Di telegram fitur dark mode atau mode gelap dapat diaktifkan secara otomatis antara tema mode terang dan gelap. Sedangkan di WhatsApp mode ini hanya bisa diaktifkan secara manual.
#Edit Pesan
Siapa yang suka salah ketik kalau lagi chatting an? Eh atau salah kirim mungkin. Di telegram fitur edit pesan dapat dilakukan hanya dengan menekan tahan pada pesan dan kemudian mengklik ikon "edit" untuk mengedit teks yang sudah terkirim. Tapi tanda bahwa pesan telah di edit akan muncul.
#Multi login
WhatsApp hanya bisa dijalankan di WhatsApp web jika diperangkat seluler aktif. Berbeda dengan telegram, dimana telegram bisa dengan mudah menambahkan akun dan menjalankannya di desktop atau diperangkat lain.

#Last Seen
Fitur ini sama-sama dimiliki oleh WhatsApp dan telegram, dimana kamu bisa mengatur opsi ini menjadi kontak tertentu saja yang bisa melihat atau tidak ada yang melihat sama sekali.
#Video Call
Video call fitur yang harus ada diera seperti ini, WhatsApp dapat melakukan video call dengan batasan 4 pesera. Sedangkan telegram hanya bisa melakukan panggilan suara.
#Panggilan Suara
Telegram memiliki kualitas panggilan suara yang baik, dengan codec sistemnya yang terintegrasi dan sistem AI, dimana suara latar belakang akan tidak terdengar. Tapi WhatsApp memiliki keunggulan lebih sedikit mengkonsumsi data untuk melakukan panggilan.
#Story
Fitur story mungkin menjadi fitur paling favorit, dimana dengan adanya fitur ini pengguna bisa berbagi momen ke setiap kontak yang ada dengan batasan waktu 24 jam. Di telegram fitur ini tidak tersedia. Jadi buat kamu yang hidupnya kepo soal orang lain, telegram bukan tempatnya.

4. Kapasitas Grup

Telegram vs WhatsApp! Mana yang Terbaik?

Membuat grup adalah cara menyenangkan untuk mengkumpulkan keluarga, teman, tim untuk melakukan percakapan. Telegram memiliki fitur grup yang sangat menarik, dimana telegram mengizinkan fitur grup diaplikasinya bisa menampung anggota lebih 2.000 pengguna. Berbeda dengan WhatsApp yang hanya dapat menampung 256 anggota saja.

Penutup

Nah itu tadi ulasan mengenai Telegram vs WhatsApp, lalu mana dari kedua aplikasi tersebut yang terbaik? Keduanya menjadi aplikasi yang terbaik dengan memiliki fitur kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Dengan selisih kecil, Telegram masih menjadi aplikasi terbaik dari keseluruhan.

Buat kamu yang belum coba aplikasi Telegram bisa coba download di Play store. Tapi buat kamu yang berjiwa kepo tentang kehidupan seseorang maka Telegram bukan tempat terbaik buat kamu.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan