NFC Tidak Berfungsi di Xiaomi? Ini Cara Memperbaikinya!

NFC Tidak Berfungsi di Xiaomi? Berikut panduan praktis cara memperbaiki NFC Xiaomi tidak berfungsi.
NFC Tidak Berfungsi di Xiaomi? Ini Cara Memperbaikinya!

NFC adalah teknologi komunikasi yang digunakan dalam berbagai aktifitas digital seperti pembayaran elektronik, transfer data, menghubungkan antar perangkat dengan cara yang mudah dan cepat. Namun, terkadang pengguna dapat mengalami masalah saat NFC tidak berfungsi dengan benar.

Lalu apa yang menyebabkan NFC mengalami error dan bagiamana cara memperbaikinya? Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan praktis untuk membantu kamu mengatasi masalah tersebut di perngkat Xiaomi.

Table of Contents

Penyebab NFC Tidak Berfungsi

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum NFC Error atau tidak dapat digunakan.

  • Fitur NFC belum diaktifkan: Pastikan fitur NFC di perangkat Xiaomi aktif sebelum digunakan
  • Kerusakan Hardware: Jika fitur NFC aktif tetapi tidak berfungsi, kemungkinan terjadinya kerusakan hardware seperti antena atau chip NFC di dalam ponsel.
  • Perangkat Lunak yang Tidak Stabil: Pembaruan perangkat lunak yang tidak lengkap atau konflik dengan aplikasi tertentu dapat memengaruhi kinerja NFC.

Langkah-Langkah Mengatasi NFC Tidak Berfungsi

Untuk memperbaiki NFC tidak berfungsi di Xiaomi, silakan ikuti langkah sederhana berikut:

Aktifkan NFC di Perangkat Anda

Langkah awal yang harus di lakukan adalah memastikan bahwa fitur NFC diaktifkan di perangkat Xiaomi kamu. Caranya tarik navigasi pusat kontrol xiaomi > Klik icon NFC untuk mengaktifkannya.

Atau pergi ke menu setelan > koneksi dan berbagi > NFC dan klik untuk mengaktifkan.

Restore Fungsi NFC

Cobalah untuk melakukan pemulihan fungsi NFC, hal ini memperbaiki bug pada fitur tersebut. Langkahnya sebagai berikut

NFC Tidak Berfungsi di Xiaomi? Ini Cara Memperbaikinya!
  • Buka aplikasi pengaturan Xiaomi
  • Ketuk opsi koneksi dan berbagi
  • Gulir sedikit sampai menemukan opsi "NFC"
  • Sekarang klik "Pulihkan Fungsi NFC"
  • Ketuk "YA" untuk mengonfirmasi

Setelah melakukan ini, Pengaturan NFC akan diatur ulang. Jika NFC masih tidak berfungsi, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini dan periksa lagi.

Hapus Cache Layanan NFC

Terkadang cache yang berhubungan dengan NFC dapat menimbulkan masalah, jadi buka Pengaturan > Kelola Aplikasi > Aplikasi > Aktifkan Pengaturan Tersembunyi > Temukan "Layanan NFC" dan kosongkan cache-nya.

Restart Perangkat Xiaomi

Beberapa masalah sementara terkadang dapat diatasi dengan melakukan restart perangkat, coba matikan dan hidupkan kembali perangkat Xiaomi kamu.

Periksa Kerusakan Hardware NFC

Jika kamu telah mencoba langkah-langkah di atas namun masih mengalami masalah dengan NFC, mungkin ada masalah dengan perangkat keras Xiaomi.

Kamu perlu membawanya ke pusat layanan service resmi Xiaomi atau layanan service HP terpercaya untuk bantuan lebih lanjut.


Penutup

Semoga dengan mengikuti semua tips di atas, fitur NFC Xiaomi kamu berfungsi kembali dengan baik. Nah itu tadi cara memperbaiki NFC tidak berfungsi di Xiaomi. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan.

#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan