Singkatan dan Kepanjangan Istilah Dalam Dunia Teknologi

Singkatan-dan-Kepanjangan-Istilah-Dalam-Dunia-Teknologi

Singkatan dan Kepanjangan Istilah Dalam Dunia Teknologi - Zaman sekarang pengetahuan tentang teknologi itu sangatlah penting sekali. Beragam terknologi mulai dari gadget seperti smartphone hingga komputer selalu bermunculan dengan inovasi baru dan tekologi lainnya.

Suka atau tidak suka, dengan terpaksa kita harus mengikuti perkembangnya jika tidak mau dianggap gaptek. Pernah nggak kalau lagi ngobrol sama teman-teman, mereka pakai istilah teknologi yang disingkat yang bikin kamu bingung?

Jangan bingung, karena pada kesempatan kali ini saya akan coba berbagi artikel yang membahas singkatan dan kepanjangan istilah dalam dunia teknologi. Berikut 21 singkatan teknologi yang melekat di gadget yang kita gunakan sehari-hari.

Singkatan dan Kepanjangan Istilah Dalam Dunia Teknologi


1. IoT

Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT. IoT atau Internet of Things memungkinkan internet dan jaringan yang terhubung dapat digunakan untuk alat-alat kesehatan, transportasi, dan lainnya.

Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet.

2. VR dan AR

VR atau Virtual Reality adalah adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

Sementara, AR atau Augmented Reality adalah adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

3. HD, FHD, QHD, UHD

Bicara soal resolusi layar smartphone zaman sekarang, pasti kamu sering mendengar istilah di atas. HD adalah singkatan dari High Definition atau 720p dengan resolusi 1280x720 piksel. Sementara, FHD atau Full HD adalah Full High Definition (disebut juga 1080p) dengan resolusi 1920x1080 piksel.

Kalau QHD atau Quad HD adalah Quad High Definition alias 2K dengan resolusi 2560x1440 piksel. Terus kalau UHD atau 4K adalah Ultra High Definition dengan resolusi 3840x2160 piksel, tertinggi di smartphone.

4. OIS, PDAF

Dalam kamera ditigal atau smartphone, kamu pasti sering mendengar istilah di atas. OIS kependekan dari Optical Image Stabilization. Fitur kamera ini dibutuhkan untuk mencegah pengambilan foto dan video goyang-goyang.

Sementara, PDAF atau Phase Detection Auto-Focus adalah sebuah teknologi kamera yang mampu menangkap fokus dengan cepat.

5. Captcha

Captcha ialah kepanjangan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Proses ini biasanya meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana, untuk memastikan bahwa kamu adalah manusia bukan bot.

6. E-Commerce

E-Commerce ini kepanjangan dari Electronic Commerce, yakni aktivitas ekonomi yang terjadi di internet. Hal ini meliputi pembelian, penjualan serta transakski barang ataupun jasa.

7. FAQ

FAQ kepanjangan dari Frequently Asked Question adalah suatu kumpulan dari pertanyaan yang sering diajukan (beserta jawabannya).

8. 4G LTE

4G singkatan dari fourth-generation technology, jaringan mobile broadband generasi keempat yang menawarkan akses data yang tinggi. Terdapat dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX dan standar Long Term Evolution alias LTE.

9. VPN

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yakni merupakan sebuah bentuk akses internet pribadi yang akan memanipulasi koneksi kamu sehingga kamu akan menerima dan mengirim data seakan kamu berada di tempat yang lain. Sehingga bisa melakukan aktivitas di internet dengan aman dan tidak terlacak.

10. HTML

HTML atau Hypertext Markup Language adalah salah satu varian dari SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP.

11. HTTP

Sementara HTTP atau Hyper Text Transfer Protocol, ialah protokol yang didesain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web.

12. WWW

Sedangkan WWW atau World Wide Web adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna.

13. DNS

DNS atau Domain Name Service ialah layanan di internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP.

14. IP

Sedangkan IP atau Internet Protocol adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet.

15. MAC Address

MAC Address atau Media Acces Control Address adalah ID dari sebuah device yang terhubung dengan network. Seperti Ethernet controller atau wireless internet.

16. ISP

ISP kepanjangan dari Internet Service Provider, yakni sebutan untuk penyedia layanan internet.

17. URL

URL adalah singkatan dari Unifrom Resource Locator yaitu merupakan rangkaian karakter menurut format standar tertentu, digunakan untuk menunjukan alamat dari suatu sumber misalnya seperti dokumen, file dan gambar yang terdapat di internet.

18. HDMI

HDMI atau High Definition Multimedia Interface adalah salah satu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri.

19. USB-C

USB-C atau USB type C adalah standart baru di dunia USB, baik pada komputer ataupun smartphone. Keunggulan USB type C adalah bisa digunakan bolak balik dan kecepatannya mencapai 10 Gbps perdetik dan kompatibel dengan USB 3.0.

20. WiFi

Hayo sering berburu WiFi, tapi kamu belum tahu singkatannya kan? WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. Yaitu teknologi wireless atau nirkabel yang memiliki kemampuan penyedia akses internet dengan bandwidth besar.

21. Internet

Siapa yang nggak tau internet? Ya, kita memanfaatkan internet setiap harinya. Ternyata internet juga merupakan singkatan, kepanjangan dari internet adalah interconnection-networking yang berarti jaringan komputer yang saling terhubung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel