Belajar Meretas! Ini 6 Situs yang Sering Digunakan Hacker untuk Belajar Membobol Website

- November 18, 2019
Belajar-Membobol-Website

Belajar Meretas! Ini 6 Situs yang Sering Digunakan Hacker untuk Belajar Membobol Website

Kamu tertarik untuk mempelajari dunia hacking secara Otodidak? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi referensi 6 situs yang sering digunakan Hacker untuk belajar bagaimana cara membobol sebuah website.

Dunia Hacking memang selalu menjadi daya tarik tersendiri, bagi sebagian orang. Karena ketika seseorang bisa menguasai teknik ini dianggap keren dan memiliki otak yang jenius.

Tentu saja, hal tersebut bukan tanpa alasan pastinya, karena untuk dapat meretas sebuah website diperlukan keahilan khusus tentang kode pemrograman dan untuk belajar kode-kode tersebut dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Nah, untuk belajar meretas website dari nol tentu bukan hal yang sangat mudah. Karena para hacker sendiri mempelajari ilmunya secara otodidak. Tidak ada kelas khusus atau pelatihan untuk menjadi hacker.

Tapi jangan khawatir, buat kamu yang ingin mempelajari dunia hacking bisa belajar secara otodidak melalui situs yang memang di legalkan untuk belajar hack.

Baca Juga: 5 Tingkatan Dunia Hacker dalam Keahilannya

Penasaran? Nah, berikut 6 situs yang sering digunakan hacker untuk belajar membobol website.

6 Situs yang Sering Digunakan Hacker untuk Belajar Membobol Website


1. bWAPP

Situs-belajar-hacker-bwapp

bWAPP kepanjangan dari Buggy Web Application adalah sebuah web yang menyediakan banyak aplikasi belajar hacking dan berbasis Open Source yang sengaja di fungsikan buat kamu yang ingin belajar hacking.

Aplikasi web ini membantu kamu, security enthusiast dan developers, untuk menemukan dan mencegah keamanan web. BWAPP mempersiapkan kamu untuk melakukan pengujian penetrasi dan ethical hacking project agar berhasil.

Menariknya, bWAPP memberikan lebih dari 100 kelemahan web yang dapat kamu pelajari. Untuk menjalankan aplikasi web ini, kamu memerlukan software pendukung seperti XAMPP ataupun WAMP. Hal tersebut dikarenakan, bWAPP merupakan aplikasi PHP yang membutuhkan database MySQL.

2. Game of Hacks

Situs-belajar-hacker- game-of-hacker

Game of Hack bukan merupakan situs yang ditunjukan untuk menemukan kelemahan sebuah website. Tapi situs ini dikhususkan untuk menemukan kerentanan keamanan sebuah situs atau website yang dirancang menyerupai sebuah aplikasi game.

Baca Juga: Sistem Operasi yang Sering Digunakan Hacker

Gamenya sendiri diddsain untuk menguji kemampuan AppSec kamu, dan di setiap pertanyaan, ada sebuah coding dan kamu diharuskan mencari celah keamanan coding tersebut.

Game ini juga menyediakan leaderboard yag membuat Game of Hacks semakin seru. Selain itu, situs ini menawarkan fitur single player atau challenge your friend, sehingga kamu tidak merasa seperti sedang belajar, namun sedang bermain sebuah game hacking.

Menarik bukan? belajar hacking dengan cara bermain. Tentu ini menjadi metode belajar yang menyenangkan.

3. Google Gruyere

Situs-belajar-hacker-google-gruyere

Aplikasi yang satu ini memiliki banyak celah yang ditunjukkan untuk mereka yang baru memulai mempelajari keamanan aplikasi.

Tujuan dari aplikasi web Google Gruyere sendiri dibagi menjadi 3. Diantaranya :
  •  Mempelajari bagaimana hackers menemukan kelemahan keamanan web,
  • Mempelajari bagaimana hackers mengeksploitasi aplikasi web, dan
  • Mempelajari cara menghentikan hackers menemukan dan mengeksploitasi kerentanan.

Adapun, secara spesifikasi kamu akan mempelajari mengenai dua hal, yaitu :
  • Bagaimana sebuah aplikasi dapat diretas menggunakan kelemahan keamanan web umum, seperti kelemahan cross-site scripting (XSS) dan cross-site request forgery (XSRF).
  • Bagaimana menemukan, memperbaiki, dan mencegah kelemahan-kelemahan bug tersebut dan lainnya yang memiliki efek terhadap keamanan.

4. Hellbound Hackers

Situs-belajar-hacker-hellbound-hackers

Hallbound Hacker memiliki hampir 100 ribu lebih anggota terdaftar dan menjadikannya sebagai salah satu komunitas peretasan terbesar.

Hal ini menjadikan Hallbound Hackers dianggap sebagai situs handal untuk mempelajari dunia peretasan atau hacking yang mencangkup banyak topik mulai dari enkripsi dan peretasan aplikasi, hingga social engineering dan rooting.

Baca Juga: Kumpulan Software Hacking yang Sering Digunakan Hacker

Hallbound Hacker menyediakan pendekatan langsung pada keamanan komputer. Disini kamu bisa belajar bagaimana para hacker membobol keamanan komputer dan juga cara pencegahannya.

5. Hackme.Perugia

Situs-belajar-hacker-hackme-parugia

Hackme.Perugia adalah situs web yang aman untuk para profesional dan pengembang sistem keamanan yang mempelajari dan menguji serangan umum di situs web.

Peruggia memungkinkan Anda memilih proyek yang ingin Anda pelajari bagaimana cara meretas.

Proyek-proyek membantu Anda belajar menemukan dan meminimalkan potensi masalah dan ancaman.

6. Root Me

Situs-belajar-hacker-root-me

Root Me adalah situs yang cocok bagi Anda untuk menantang dan meningkatkan keterampilan peretasan dan pengetahuan keamanan web.

Baca Juga: Cara Menghindari Web Phising di Internet

Situs ini menawarkan lebih dari 300 tantangan peretasan, 73 situasi peretasan yang realistis dan menyediakan lebih dari 3.000 solusi untuk berbagai masalah peretasan.

Anda harus menjadi anggota situs ini sebelum dapat mempelajari cara meretas dari sini.

Nah, itu tadi daftar 6 situs yang legal untuk belajar ilmu meretas. Semoga dengan adanga artikel ini, kamu bisa belajar bagaiamana sistem keamanan bekerja, bagaimana menemukan celah keamanan yang rentan, dan cara memperbaikinya.

Karena dengan begitu, akan ada banyak hal positif yang bisa dilakukan dengan pengetahuan tersebut. Jangan sampai menjadi seorang hacker hanya ingin memamerkan kepiawaian belakang semata dengan melakukan tindakan kriminal di dunia maya seperti meretas akun media sosial. Carding, phising dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

 

Start typing and press Enter to search