Apa Itu Google Sitelink dan Bagaimana Mendapatkannya?

Pengertian Google Sitelink dan Cara Mendapatkan Sitelink dari Google.
Google Sitelink

Apa Itu Google Sitelink dan Bagaimana Mendapatkannya? - Memberi peringkat yang baik untuk kata kunci utama memungkinkan blog mendatangkan lalu lintas yang konsisten dan relevan untuk membantu situs web berkembang.

Sitelink Google adalah cara yang bagus untuk meningkatkan rasio Click through Rate (CTR), yang akan membantu mendatangkan lebih banyak lalu lintas, serta memperkuat SEO.

Tidak heran jika banyak blogger yang menginginkan untuk mendapatkan sitelink pada blog miliknya. Lalu apa itu Google Sitelink dan bagaimana cara mendapatkannya?

Table of Contents

Apa Itu Google Sitelink?

Sitelink adalah kumpulan link dari domain yang sama yang dikelompokkan dalam hasil mesin pencari (SERP) yang disajikan dengan deskripsi singkat.

Biasanya sitelink muncul ketika kita mencari brand sebuah blog, web, ataupun poduk. Sebagai contoh, ketika saya mencoba mengetik keyword sebuah brand di mesin pencari, maka demikian keluar hasilnya.

Tampilan Google Sitelink

Fungsi sitelink ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan memungkinkan pengguna untuk langsung menuju ke halaman informasi pilihan dengan cepat.

Google menganalisis struktur link situs web untuk menemukan pintasan yang relevan dan layak yang kemudian akan ditampilkan menjadi sebuah sitelink di halaman SERP.

Lantas bagaimana cara mendapatkan sitelink di halaman penelusuran google untuk situs web kita?

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

Dalam dokumentasi penelusuran, sitelink diberikan dengan cara otomatis oleh Google yang sepenuhnya bergantung pada algoritme Google.

Jadi jika struktur situs sulit untuk dianalisis dengan baik atau tidak ada keyword sitelink yang relevan untuk kueri pengguna, google tidak akan menampilkan sitelink.

Meskipun begitu, dalam praktiknya google memberikan saran terbaik untuk bisa mendapatkan sitelink dalam hasil mesin pencarian, yaitu mengoptimasi situs web dengan cara berikut ini :

Memiliki Nama Situs Web yang Unik

Sitelink Google sebagian besar ditampilkan untuk kata kunci pencarian brand tertentu. Memiliki nama brand yang unik akan dengan mudah mendapatkan peringkat di posisi pertama SERP.

Brand dengan Tampilan Google Sitelink

Hindari penggunaan nama generik seperti "Situs Toko Gadget Murah", karena sulit bagi Google untuk mengetahui apakah pengguna menelusuri toko gadget secara umum atau brand khusus.

Penting untuk menentukan nama brand sebuah blog, web, ataupun poduk sebagai identitas agar Google dapat dengan mudah memahami keyword maksud pengguna.

Peringkat #1 untuk Situs Web

Google Sitelink hanya ditampilkan untuk hasil pencarian pertama, dengan kata lain nama brand situs web harus berada di peringkat #1 jika ingin mendapat kesempatan mendapatkan sitelink.

Karena itu menggunakan nama situs web yang unik berguna untuk memperkuat keyword branding agar mempermudah Google memahami maksud pengguna ketika mencari situs web kita.

Kualitas konten, optimasi SEO dan promosi juga penting untuk membangun reputasi dan kepercayaan audiens untuk memperoleh banyak pengunjung.

Data Struktur Dan Navigasi Situs Jelas

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bahwa website dengan struktur yang rumit atau tidak jelas lebih sulit untuk dirayapi oleh mesin penelusuran Google, serta sulit dinavigasi oleh pengguna.

Berikut contoh sederhana struktur website yang mudah dipahami

Struktur dan Navigasi Website

Google akan menganggap bahwa halaman yang terhubung secara langsung ke homepage sebagai halaman yang penting. Halaman-halaman penting inilah yang akan ditampilkan oleh Google di sitelink.

Mencantumkan halaman yang berperan penting di homepage adalah langkah yang tepat seperti Tentang, Kontak dan Produk/Layanan.

Karena navigasi homepage yang jelas adalah kunci utama agar website memiliki reputasi baik dimata pengunjung ataupun SERP.

Tambahkan Peta Situs XML ke Google Search Console

Peta Situs membantu mesin pencari untuk memahami dan merayapi sebuah situs web, dan untuk menentukan halaman apa saja yang yang ada di dalam sebuah website tersebut.

Jika struktur situs web jelas dan telah menautkan sitemap.xml ke akun Google Search Console, Google akan memiliki kemampuan untuk merayapi setiap link yang ada di sitemap.

Pada saat proses crawling ini google akan melakukan index ke database mereka dan menentukan halaman mana yang akan ditampilkan sebagai tautan web di SERP yang paling relevan.

Bangun Tautan Internal yang Baik

Tautan Internal adalah URL yang menuju ke semua artikel atau laman dari satu website. Dengan kata lain Internal Link ini merupakan sebuah link yang mengarah dari suatu halaman ke halaman lain di website yang sama.

Struktur Internal Link

Selain sebagai upaya untuk meningkatkan SEO website, internal link juga mempermudah pengunjung beralih ke topik terkait yang relevan dan berguna bagi pembaca.

Banyak situs web besar yang menerapkan internal link disetiap artikel mereka ketimbang menggunakan eksternal link.

Karena internal link membantu perayap Google menavigasi situs web dengan lebih baik ketimbang eksternal link yang jika ekstenal link yang di tautkan tidak dianggap baik oleh google.

Judul Halaman dan Permalink yang Relevan

Judul halaman dan permalink adalah salah satu elemen SEO terpenting di website. Judul ataupun permalink merupakan poin singkat dari isi konten itu sendiri.

Ketika judul dan permalink atau deskripsi tidak ada hubungannya dengan konten halaman tentu akan membingungkan Google. Algoritma jadi susah menentukan tingkat kepercayaan dan authority situs tersebut.

Sebagai contoh Judul artikel XYZ memiliki permalink XYZ dan deskripsi XYZ, ini memberi sinyal terhadap algoritma bahwa situs tersebut memang membahas tentang XYZ.

Hal ini juga merupakan praktik membangun konten yang SEO-friendly untuk meningkatkan kualitas sebuah website.

Penutup

Nah itu tadi Pengertian Google Sitelink dan Cara Mendapatkannya, kamu juga bisa mempelajari sitelink di halaman pusat penelusuran google. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan trik ini.
#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan