Software Untuk Menjalankan Aplikasi Window di Linux

Bagaimana Menjalankan Aplikasi Windows di Linux? Gampang banget kamu tinggal ikuti tutorial berikut ini.
Software Untuk Menjalankan Aplikasi Window di Linux

Cara Menjalankan Aplikasi Window di Linux - Kamu pengguna linux? Bagi pengguna windows yang baru saja pindah pindah ke linux mungkin akan sedikit kebingungan saat mengoprasikan sistem operasi ini.

Tidak mudah memang berpindah dari satu hati ke hati lain, bagi Anda yang memang sudah beralih dari windows ke linux dan belum terbiasa menggunakan tools atau software bawaan linux tentu kamu bisa masih bisa menjalankan beberapa aplikasi windows di Linux dikarenakan belum menemukan aplikasi pengganti window untuk linux.

Table of Contents

Cara Menjalankan Aplikasi Window di Linux

Bagaimana cara menjalankan aplikasi windows di Linux? Nah, Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara menjalankan aplikasi Window di Linux.

Wine

Wine

Wine adalah salah satu software gratis untuk Linux yang dapat menjalankan aplikasi Window di Linux. Pada dasarnya merupakan implementasi API window di Linux.

Memang tidak semua aplikasi window dapat dijalankan dengan Wine, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang dapat dijalankan dengan di Wine kamu dapat melihatnya di Wine Application Database.

Biasanya Wine digunakan untuk menjalankan game di linux, karena games biasanya tidak dapat dijalankan di Virtual Machine.

Berikut cara instal Wine di Linux:
apt-get install wine

PlayOnLinux

PlayOnLinux

Alternatif lain dari Wine adalah PlayOnLinux, PlayOnLinux lebih seperti Google Play atau software Center. disini Anda dapat memilih aplikasi Window yang dapat kamu install di Linux.

Tidak seperti Wine yang ketika menginstall kamu harus mengecek terlebih dahulu di Wine Application Database. PlayOnLinux lebih mudah digunakan, kamu cukup mencari software yang akan diinstall dan cukup klik install.

Berikut cara install PlayOnLinux di Linux:
apt-get install playonlinux

Virtual Machin

Virtual Machin

Cara ketiga yaitu dengan menggunakan VirutalBox, VMware Player atau Virtual Machin lainya untuk Linux. Dengan menggunakan salah satu software machine ini kamu dapat membuat komputer virtual yang berisi OS Windows. jadi kamu menjalankan Linux sekaligus Windows secara bersamaan. Dengan begitu kamu dapat menjalankan aplikasi window di linux.

Namun cara ini ada sedikit kekurangan yaitu terlalu banyak memakan memory CPU. jadi komputer kamu akan bekerja sangat keras karena menjalankan 2 OS secara bersamaan. Jangan heran kalau tiba-tiba komputer kamu lemot.

Remote Desktop

Remote Desktop

Cara lain untuk menjalankan program window di Linux adalah dengan menggunakan Remote Desktop. mungkin kamu akan bertanya-tanya apa itu remote desktop.

Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di Microsoft Windows yang memungkinkan pengguna mengakses window dari jarak jauh. Untuk dapat mengakses Remote Desktop dari Linux, kamu bisa menggunakan software rdesktop atau tsclient.

Berikut cara install RDesktop atau TSClient di Linux:
apt-get install rdesktop
apt-get install tsclient

Penutup

Nah itu tadi Software dan Panduan Untuk Menjalankan Aplikasi Window di Linux. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan